alexa-tracking

MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/573ff8f05a5163c06c8b4567/merek-merek-kecap-manis-di-nusantara
MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA
MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA

MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA

Quote:MUKADIMAH
alo sobat kaskuser semua ketemu lagi ama TS yang unyu inih emoticon-Cool
kali ini saya akan membahas tentang merek kecap...bukan merek nasional seperti ba*go,A*C, in**food, tapi ane akan membahas merek lokal, kenapa kok ane pengen membahas merek lokal, karena merek kecap lokal itu lebih beragam dan tiap kabupaten pasti punya merek berbeda dan rasa yang berbeda pula.......
pernah TS tanya ke penjual makanan yang memakai kecap sebagai bumbunya.
a : TS
B: penjual

A : bu, kok pakai kecap merek itu?
B: iya mas..soalnya kalo merek kecap lain rasa masakannya jadi beda

nah ternyata sebuah merek kecap itu menentukan rasa dari masakan juga GAN SIST


Quote:KECAP

Quote:Kecap adalah penyedap makanan berbentuk cairan berwarna hitam. Yang dibuat melalui fermentasi penjang dari kedelai Namun, ada juga kecap yang terbuat dari bahan air kelapa dan ampas padat pembuatan tahu. Berdasar rasanya, kecap dibagi menjadi dua; Kecap manis, dan kecap asin. Kecap manis berstruktur lebih kental terbuat dari kedelai. Sementara kecap asin, terlihat kebih encer dengan tambahan garam lebih banyak.
secara kimiawi kecap memiliki kandungan : ASAM AMINO,PROTEIN , KARBOHIDRAT,YODIUM,ZAT BESI, VITAMIN A


Quote:MEREK KECAP DI DAERAH

Quote:KECAP CAP TAWON DARI KOTA MADIUN
Spoiler for KLIK:

ini merek ngehits banget di madiun dan sekitarnya gan sist.
nih alamat perusahaannya :
Nama Perusahaan: EKA JAYA, FA/ KECAP CAP TAWON
Alamat: Jl. H.agus Salim No.128
Kota:Kota Madiun
Provinsi: Jawa Timur
Komoditas: Kecap
Kelompok Industri: Kecap
Telp. 0351 464518
EKA JAYA, FA/ KECAP CAP TAWON

KECAP CAP LARON DARI KAB.TUBAN
Spoiler for klik:

Kecap Cap Laron yang jadi salah satu ikon kebanggaan kota Tuban, pasti orang tuban uda pernah ato malah sering merasakan nikmatnya ni kecap....
KECAP CAP BABON dari KAB. KUDUS
Spoiler for KLIK:


KECAP CAP THG dari KAB. KUDUS
Spoiler for KLIK:

Kecap THG sudah sangat dikenal masyarakat Kudus sejak lampau. Kecap dengan nama Kecap No 1 Cap THG ini menghiasi sebagian besar warung makanan di Kudus, tak terkecuali warung-warung soto Kudus. Ciri khas kecap THG memiliki rasa yang manis, tidak terlalu hitam dan kental.
Bagi para penikmat kuliner Kudus, misalnya soto kebo, sate kebo, lenthog Tanjung, tidak lengkap rasanya menikmati sajian makanan tersebut tanpa kecap THG. Kecap tersebut memberikan rasa khas yang tidak bisa didapat dari kecap lain. Bahkan sebagian pedagang soto di daerah lain tetap menyajikan kecap THG sebagai pelengkap hidangan yang dijual.

KECAP CAP ZEBRA dari BOGOR
Spoiler for KLIK:

Kecap manis ini dapat diperoleh di Jakarta, Bogor dan sekitarnya. Hampir semua pedagang makanan khas betawi di Jakarta dan sekitarnya memakai kecap merk ini untuk masakannya.

KECAP CAP ANGGUR, CAP SAPI , CAP BOROBUDUR dari BANDUNG
Spoiler for KLIK:


KECAP MIRAMA dari SEMARANG
Spoiler for KLIK:

TIDAK mudah menjaga kualitas sebuah produk. Apalagi produk makanan yang dibuat dengan teknologi terbatas. Sedikit saja perubahan rasa bisa fatal akibatnya. Pelanggan bisa lari terbirit-birit tak mau lagi menggunakannya.

Tetapi, berbekal ketekunan dan usaha keras, meski waktu terus berjalan, ada juga produk-produk makanan yang tetap melekat di hati para pelanggan.

Salah satunya Kecap Mirama, yang kini diolah oleh Markus Djuli Purwanto. Markus meneruskan usaha pembuatan kecap itu dari leluhurnya. Kecap itu sudah diproduksi sejak tahun 1935 atau 80 tahun silam. Markus tak membuat kecap secara massal. Dia memproduksi penyedap dan pemanis makanan itu dalam jumlah terbatas, sesuai pesanan sehari-hari. Pelanggannya hampir sebagian besar penjual mi jawa di Semarang dan sekitarnya.

Dari waktu ke waktu, Markus berupaya menjaga citarasa kecap yang diproduksi di rumahnya di Jalan Gambiran No 80 Kawasan Pecinan, Semarang Tengah. Usaha pembuatan kecap itu dirintis oleh sang nenek, Kwee Siek Giem, pada 1935.

”Banyak orang bilang kecap Mirama cocok untuk campuran membuat mi,” kata Markus, kemarin.

Karena itu, konsumen kebanyakan adalah para penjual mi di KotaSemarang. Setiap hari, mereka datang untuk mengambil kecap di rumahnya. Dia mengakui, kecap buatannya hanya cocok untuk jenis-jenis makanan tertentu, terutama olahan dari bahan mi, mi jawa ataupun mi ayam.
Markus mengatakan, kecap Mirama hanya diproduksi berdasar pesanan. Menurut dia, tidak semua makanan cocok dicampur dengan sembarang kecap. Misalnya, dia mencontohkan, nasi gandhul khas Pati. Nasi gandhul tidak cocok jika disandingkan dengan kecap buatannya, begitu juga dengan soto kudus.

”Harus sesuai, tidak bisa sembarang makanan. Daerah asal makanan juga berpengaruh,” kata suami Susyani Sulistyorini ini.

Karena itu, dia menyatakan, Kecap Mirama banyak dicari para penjual bakmi jawa di Kota Lunpia karena rasa manis dan kepekatan warna.

Keunggulan lain, kecap buatannya sama sekali tidak menggunakan bahan kimiawi. Bahan-bahan yang digunakan antara lain kedelai hitam, gula jawa, dan garam.

Ia juga menambahkan sejumlah bumbu, seperti laos, serai, dan bunga lawang. Ia memastikan produknya aman untuk kesehatan karena selalu lulus pengujian Dinas Kesehatan yang dilakukan secara berkala.

KECAP CAP KUNCI dari GARUT
Spoiler for KLIK:

Kecap manis ini digunakan oleh hampir seluruh pedagang makanan di kota Garut dan sekitarnya. Kecap ini warnanya hitam pekat dan rasanya manis gurih.

KECAP CAP GAJAH dari BANGKA
Spoiler for KLIK:


KECAP CAP SH dari TANGERANG
Spoiler for KLIK:

Kecap manis ini adalah produk asli China peranakan dari Tangerang sejak tahun 1920.Kecap ini laris manis dan banyak dipakai oleh pedagang makanan di kota Tangerang dan Banten serta sekitarnya. Rasanya manis gurih dan sangat terasa rempah-rempahnya.

KECAP CAP ORANG JUAL SATE dari PROBOLINGGO

Spoiler for KLIK:

Kecap ini diklaim sebagai salah satu kecap tertua di Nusantara. Pabrik kecap ini telah ada sejak tahun 1888 dan dimiliki oleh keluarga Ong Tjien Boen. Baru pada tahun 1950 mereka memakai merk Cap Orang Jual Sate. Kecap ini dapat dibeli di kota-kota besar di Indonesia.

KECAP CAP JERUK DAN CAP BUAH MANIS dari SURABAYA
Spoiler for KLIK:

Kecap manis ini digunakan oleh hampir semua pedagang soto madura, sate madura dan baso di Surabaya dan sekitarnya.

KECAP CAP SAWI dari KEDIRI
Spoiler for KLIK:

Perusahaan kecap “Cap Sawi” ini berdiri pada pada tahun 1935, ketika Ibu Hwan Gwan Ing membuat kecap dengan resep tradisonal tanpa menggunakan bahan kimia maupun bahan tambahan.Kecap manis cap SAWI adalah kecap asli yang berbahan baku kedelai hitam dan rempah-rempah yang dipadukan melalui proses alami tanpa penambahan zat kimia sehingga menghasilkan Citarasa khas alami, aman dan sehat untuk keluarga.

KECAP CAP KORMA dari JAKARTA
Spoiler for klik:

ini nih kecapnya tukang sate madura emoticon-Big Grin. konon cerita perusahaan ini sering membantu pesantren di madura, makanya ni kecap melekat banget di hati orang madura, tau sendiri kan gan, islamnya orang madura...kental bangett. padahal pabriknya bukan di madura tapi di jakarta dan di solo. sebuah cara beriklan yang jenius inih emoticon-Big Grin

KECAP CAP KENTJANA dari KEBUMEN
Spoiler for KLIK:

Kecap Manis Kentjana adalah kecap khas kebumen Rasa khas & alami menjadikan kecap terbaik bagi anda. Teksturnya kental menggugah selera.Murah namun citarasa tinggi.

KECAP CAP PULAU DJAWA dari PEKALONGAN
Spoiler for klik:


KECAP CAP GENTONG dari JUWANA , KAB. PATI
Spoiler for KLIK:

kecap ini ada rasa amis amisnya mungkin ada tambahan ikan laut, karena juwana terletak didaerah pesisir.

KECAP CAP UDANG dari PURWODADI, KAB GROBOGAN
Spoiler for KLIK:

Sudah sejak lama kecap merek Udang menjadi salah satu produk andalan Kabupaten Grobogan. Produk itu menjadi produk khas yang turut ”memoncerkan” Kota Purwodadi. Seperti halnya produk lainnya, masyarakat dan pemerintah daerah berupaya terus mempromosikan serta berusaha mempertahankan kualitasnya.

Di sebagian besar toko oleh-oleh khas Purwodadi di kawasan Jalan A Yani atau sebelah timur Pasar Induk Purwodadi, pasti dijumpai kecap cap Udang. Selain diakui karena rasanya yang gurih, lezat, berprotein tinggi, harganya pun terjangkau. Swikee khas Purwodadi pun menggunakan kecap Udang dalam proses memasaknya.

Bagi warga Grobogan, kecap cap Udang sudah tidak asing lagi. Pasalnya kecap yang pertama kali dibuat oleh keluarga Kustinah Raharjo (Oei Hok Hoo) warga Jalan Siswa Purwodadi itu, sudah dikenal sejak tahun 1955. Kecap ini merupakan kelanjutan dari kecap generasi sebelumnya, yang muncul sekitar tahun 1930 dengan merek Potret.

”Masyarakat Purwodadi sebelumnya memang mengenal kecap buatan keluarga saya dengan cap Potret. Namun ayah saya kemudian mengubah merek kecap itu dengan cap Udang, karena terinspirasi merek teh pada masa itu,” kata Eniwati Raharjo (55) putri sulung Ny Oei Hok Hoo yang meneruskan usaha kecap itu.

Dibantu 10 karyawannya, setiap hari diproduksi antara 17-20 krat atau sekitar 500 botol kecap cap Udang. Cara pengolahannya pun sederhana dan manual, serta tetap mempertahankan tradisi leluhur. Meskipun saat ini rata-rata memasak menggunakan gas, namun Eniwati mempertahankan cara memasak menggunakan kayu bakar.

”Rasanya pasti beda kalau menggunakan kompor minyak atau gas. Bahan baku maupun bumbunya pun tidak pernah berubah. Saya sengaja mempertahankan itu demi cita rasa yang gurih, lezat, dan berprotein. Mungkin juga karena sebab itu, pelanggan kecap ini berasal dari berbagai kalangan dan usia,” imbuhnya.

KECAP CAP KIPAS UDANG dari JOHOR BHARU MALAYSIA
Spoiler for KLIK:

malaysia juga mempunyai kecap manis, yang dibuat orang bumiputra atau orang melayu...karena yang suka kecap manis kebanyakan orang melayu, maklum sih lidah melayu kan sama dengan lidah orang indonesia...suka manis.

KECAP CAP IKAN LELE dari PATI
Spoiler for KLIK:


Perusahaan kecap masak cap “Ikan Lele” didirikan pada tahun 1954 oleh Guna Pranoto (Go Tjwan Hok), dan lokasi awalnya berada di Jln. Rogowongso No. 28 – sebelah timur pasar Rogowangsan Pati, Jawa Tengah.

Awalnya, sekitar tahun 1953, perusahaan ini hanya berupa sebuah toko kecil yang menjual bumbu masak dan kecap yang belum memiliki merek, dengan volume penjualan kecil.

Metode pemasaran kecap inipun hanya dengan dijual sendiri keliling kota dengan mengendarai sepeda oleh pemiliknya yaitu Guna Pranoto. Setahun kemudian toko kecil ini berkembang pesat, sehingga kemudian kecap yang diproduksi diberi merek “Ikan Lele”.

Nama awalnya adalah Perusahaan Kecap cap “Ikan Lele Ny. Go Tjwan Hok” dan telah memiliki ijin dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 1988 yaitu Nomor SP 18/11.24/88.

Ijin dari Departemen Kesehatan ini sangat penting karena produksi kecap erat kaitannya dengan kebutuhan makanan sehingga harus memenuhi syarat kesehatan sebagai makanan yang di konsumsi oleh manusia.

Karena keuletan dan ketekunan pemiliknya, maka beberapa tahun kemudian Perusahaan kecap “Ikan Lele” makin berkembang. Pada tahun 1977 pendiri Kecap Lele Guna Pranoto meninggal dunia dan sebelumnya telah mewariskan Perusahaan kecap “Ikan Lele” kepada isterinya, Ny. Tri Mulyani (Ny.Go Tjwan Hok).

Dengan perkembangan konsumen yang begitu pesat, dibutuhkan pabrik yang lebih luas dan longgar agar perusahaan dapat mengikuti kebutuhan konsumennya maka lokasi Perusahaan kecap “Ikan Lele” dipindahkan ke lokasi baru Jl. Raya Pati-Juwana Km. 3, Jawa Tengah. Ini disebabkan lokasi awal tempat produksi kecap sulit diperluas karena terletak di tengah kota.
Setelah 23 tahun menjalankan usaha kecap ini, Ny. Tri Mulyani menyerahkan Perusahaan kecap “Ikan Lele” kepada anaknya Gunawan Pranoto, untuk dikelola lebih lanjut sampai saat ini.


CUKUP SEKIAN TRIT PERKECAPAN DARI TS, MOGA BISA MENAMBAH WAWASAN TENTANG PERKECAPAN NUSANTARA UNTUK KASKUSER SEMUA emoticon-terimakasih







MEREK KECAP DARI AGAN AGAN

Quote:Original Posted By Crazy.Chef
jan lupa gan, dari bogor ada kecap cap bemo emoticon-Salam Kenal

Spoiler for penampakan:


Quote:Original Posted By rsryomantap3
TS masukin nih

Kecap cap angsa dari medan, 1 angsa manis, 2 angsa asin :

MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA

Dari medan juga, kecap sempurna, tpai mash kalah terkenal dari kecap angsa :

MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA

Kecap cap angsa Palembang, sama ama tapi beda perusahaan :

MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By WakBroe
ini gan dari aceh...kecap cap singa
Spoiler for klik:



Quote:Original Posted By arifinkz200
ane tambahin gan..kecap langganan nenek waktu jaman kecil ane di cirebon
Spoiler for :



Quote:Original Posted By rsryomantap3
Kecap Sari Laha dari Ternate

Spoiler for klik:

Spoiler for klik:



Kecap cap bulan, palembang :

Spoiler for klik:


Kecpa Sputnik, Majalengka :

Spoiler for klik:


Pernah liat merk2 kecap ini? Ada yg tau?

Spoiler for klik:


Spoiler for klik:



Nah ini merk2 produksi keluarga yg beredar di Jakarta :

Kecap asin ikan mas intan :

MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA


kecap sari ikan panggul :

Spoiler for klik:


kecap makan cap gembala kerbau :

Spoiler for klik:


kecap asin tiga sekawan :

Spoiler for klik:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak




Quote:Original Posted By Dhito Ajah
kie ana maning saka cilacap lho...
MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA
berubah
MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA


Quote:Original Posted By driezzy
Kecap andalan emak ane gan di rumahMEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA


Quote:Original Posted By kuinginsarjana
kl di jogja pasti makan bakmi jawa kan nah di sana rata2 makenya kecap achli masak yang bikin euuuhhh enak bgt dah pokoknya
MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA

pic dari gugell


MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA

testis
emang gak bisa ngalahin yang plus plus
si Hitam Manis
emoticon-Cool setubuh "angkat gua jadi moduratur longe"
Banyak jg macemnya merk kecap .
wah kecap benteng ane sering pakai gan hehe...enak
Quote:Original Posted By nasgorbasi
MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA

testis
emang gak bisa ngalahin yang plus plus

PLUS PLUS APANE MBAH???

Quote:Original Posted By Hacker.Gaptek
si Hitam Manis

iya gan manis manis

Quote:Original Posted By exinious
emoticon-Cool setubuh "angkat gua jadi moduratur longe"

siap mencoblos

Quote:Original Posted By exinious
emoticon-Cool setubuh "angkat gua jadi moduratur longe"


Smangat bner ente gan pngen jd momod ane bantu doa aja gan. jgn pantang menyerah gan trs perjuangkam...
Jgn lupa kecap nya emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By punkfajar
PLUS PLUS APANE MBAH???





MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA

KUSKUS PLUS PLUS MBAH
kecap cap nenen gans nikmat emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By punkfajar
PLUS PLUS APANE MBAH???


iya gan manis manis


siap mencoblos


Quote:Original Posted By asbakwireless
Smangat bner ente gan pngen jd momod ane bantu doa aja gan. jgn pantang menyerah gan trs perjuangkam...
Jgn lupa kecap nya emoticon-Wakaka


emoticon-Cool iya terimakasih saudaraku emoticon-Cool "angkat gua jadi moduratur longe"
Kecap cap Kurma gan, di Solo, biasanya dipake oleh pedagang sate,baik kambing maupun ayam...emoticon-Leh Uga
tapi ga punya fotonya.. emoticon-Leh Uga
kami sekeluarga pake kecap bango gan
susah klo d sini nyari kecap kayak gitu
Bukan dari kedelai mallika emoticon-linux
Quote:Original Posted By 4zamaru
Kecap cap Kurma gan, di Solo, biasanya dipake oleh pedagang sate,baik kambing maupun ayam...emoticon-Leh Uga
tapi ga punya fotonya.. emoticon-Leh Uga

oh iya gan ,....entar ane masukkan list tu kecap emoticon-Big Grin

Favorit orang rumah ane gan....
Kecap "cap gentong" ama "cap lele" dari juwana pati
Kecap "cap ikan hitam" dari tegal
Quote:Original Posted By mayaaaaaa
Bukan dari kedelai mallika emoticon-linux

ora may...iki merek lokalan....coba d daerahmu mereknya apa...entar ane tambahin ke list emoticon-Big Grin

manis manis legit emoticon-Genit
MEREK MEREK KECAP MANIS DI NUSANTARA
×