alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/573fe47ce05227d31d8b457f/soal-kontribusi-pengembang-ahok-tak-bisa-dipidana-kecuali-terima-suap
Soal Kontribusi Pengembang, Ahok Tak Bisa Dipidana Kecuali Terima Suap
Quote:


Soal Kontribusi Pengembang, Ahok Tak Bisa Dipidana Kecuali Terima Suap


Soal Kontribusi Pengembang, Ahok Tak Bisa Dipidana Kecuali Terima Suap


JAKARTA, KOMPAS.com - Diskresi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok perihal kontribusi pengembang reklamasi dinilai tidak bisa dipidana. Pasalnya, diskresi tersebut termasuk dalam kebijakan dan untuk mengatasi stagnansi.

"Jadi suatu kebijakan karena wewenang sendiri enggak bisa (dipidana). Kecuali kebijakan itu dilatarbelakangi pidana yang bisa dibuktikan dengan penerimaan suap," kata Ketua Bidang Studi Hukum Administrasi Negara (HAN) Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Dian Simatupang saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Jumat (20/5/2016).

Suap dalam hal ini merupakan pendapatan keuntungan dari kebijakan untuk kantong pribadi dalam bentuk apa pun. Namun, kebijakan Ahok soal kontribusi pengembang reklamasi dimanfaatkan untuk fasilitas umum.


(Baca: Ahok Buka-bukaan soal Kontribusi Pengembang Reklamasi Teluk Jakarta)

Sepanjang hasil kontribusi itu dipakai untuk fasilitas umum, dibuatkan laporan pertanggungjawaban keuangan daerah, Dian menilai tindakan Ahok bukanlah gratifikasi ataupun suap.

"Tapi bagian dari konsensi, perjajian yang disepakati ada dasar hukumnya," kata Dian.

Diskresi Ahok soal kontribusi pengembang reklamasi juga dinilai tepat. Pasalnya, belum ada regulasi yang mengatur soal itu.

Diskresi Ahok dikakukan pada Maret 2014, sedangkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintah baru disahkan pada Oktober 2014.

(Baca: Ketua KPK: Perjanjian Pemprov DKI dan Pengembang Bisa Timbulkan Tanda Tanya)

"Oleh sebab itu, prosedurnya enggak harus melalui itu (Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014), bisa langsung. Kalau secara prosedur dia harus melapor ke Presiden, Mendagri dan Menteri Kelautan. Tapi karena belum ada, dia mengambil keputusan sendiri karena melekat wewenangnya," kata Dian.

Bahkan dalam UU Administrasi Pemerintah disebutkan bahwa diskresi adalah wewenang yang melekat pada PNS dan pejabat negara. Diskresi dibuat untuk mengatasi kebuntuan, persoalan yang mengandung hukum dan menghindari adanya kriminalisasi.

"Tapi itu bukan untuk orang-orang dia berniat jahat, tapi berniat baik mengambil kebijakan," kata Dian.

Selidiki BPKP dan BPK

Kendati demikian, Dian mengungkapkan untuk menilai kebijakan Ahok salah atau tidak, maka instasi Badan Pengawasan dan Keuangan Pembangunan (BPKP) atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bisa turun tangan.

Pemeriksaan itu bisa diminta oleh Ahok dan hasilnya bisa diberikan langsung pada presiden. Kewenangan iti tertuang dalam Pasal 20 Undang-Undang Administrasi Pemerintahan.

"Jadi BPKP atau BPK melakukan penilaian apakah ini kesalahan administrasi atau kesalahan administrasi yang berujung pidana," kata Dian.

(Baca: Ahok Sebut Kontribusi 15 persen yang Ditawarkan ke Pengembang Merupakan Hak Diskresi)

Jika BPKP tak menemukan kesalahan administrasi yang menimbulkan kerugian negara, maka dalam waktu 10 hari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Gubernur mengganti kerugian.

Jika keberatan, dapat mengajukan permohonan ke PTUN. Berbeda apabila BPKP hanya menyatakan ada kesalahan administrasi dan tidak ada kerugian negara. Aparat penegak hukum, menurut Dian, tidak bisa masuk dan memprosesnya lagi.

“Oleh sebab itu cara yang tepat menurut saya, diskresi tersebut dilaporkan kepada Presiden sebagai pejabat atasan sesuai prosedur dalam UU Adpem," ujar Dian.

Sumber :
http://megapolitan.kompas.com/read/2...campaign=Kknwp



Butuh nyali besar untuk berbuat dosa dalam melalukan fitnah kepada ahok.
Murtad dari agama dulu aja

emoticon-Big Grin
Soal Kontribusi Pengembang, Ahok Tak Bisa Dipidana Kecuali Terima Suap
youtube-thumbnail


Ni penjelasan ahok.jangan pelit kuota ayo nonton emoticon-Big Grin
warga jakarta jadi tersangka donk karena penerima dan penikmat fasilitas hasil kontribusi emoticon-Wakaka
Nice gan...
Quote:Original Posted By atosipkiu


Ni penjelasan ahok.jangan pelit kuota ayo nonton emoticon-Big Grin


kirimin paket yg 2 GB ya brayy .......emoticon-Shakehand2
udah gak seru lagi nih, udah ada pakar yang ngejelasin emoticon-Entahlah
udah banyak yg coli biar ahok ditangkap krn masalah kayak gini.
Quote:Original Posted By appple


kirimin paket yg 2 GB ya brayy .......emoticon-Shakehand2


Pake iphone kok plit amat bray emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By atosipkiu


Pake iphone kok plit amat bray emoticon-Big Grin


kemarin udah ditarik sama debt colector brayy ........emoticon-Malu emoticon-Mewek
emang org kalau bersih jalannya tuhan pasti bela
apa aja dipermasalahin .. orang orang korup emang pada kompakan dah emoticon-Traveller
Biasalah bro, orang tu kopiah aja yg terpasang tp otak yg dibungkus kopiah itu isinya kosong.
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Akibat kpk goblok ga nangkep topik, malah dijadiin bahan coli buat jatohin ahok
Oh kpk kenapa jadi goblok begini ya?
Kalo ini serius salah jokowi yg sok2an pake sistem baru dalam pansel kpk, ga pake rangking kaya kpk samad, jadinya pimpinan kpk sekarang peringakt paling bawah semua
Quote:Original Posted By HUANG09
warga jakarta jadi tersangka donk karena penerima dan penikmat fasilitas hasil kontribusi emoticon-Wakaka


harusnya gitu, kismin2 yg tinggal di rusun hasil kontribusi pengembang ya harus segera di usir dan di jadikan tersangka persekongkolan jahat pemerasan emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By samber.gledek
Akibat kpk goblok ga nangkep topik, malah dijadiin bahan coli buat jatohin ahok
Oh kpk kenapa jadi goblok begini ya?
Kalo ini serius salah jokowi yg sok2an pake sistem baru dalam pansel kpk, ga pake rangking kaya kpk samad, jadinya pimpinan kpk sekarang peringakt paling bawah semua


salahkan junjungan lo yg petugas partai ntong kalo soal kpk
Quote:Original Posted By tik4888


salahkan junjungan lo yg petugas partai ntong kalo soal kpk


Junjungan? Gw biasa aja ma jokowi
Sejelek2nya jokowi, tetep jauuuuh lebih bagus dr wowo
Wowo vs jokowi bukan masalah jokowinya, tapi wowo dan ahoknya.
Banyak orang yg ga mau wowo jd presiden, terbukti pas kalah, sifat anjingnya keluar dr mau kerusuhan, saksi palsu, pilkada lewat dprd
Banyak orang mau liat ahok langsung mimpin dan terbukti lebih baek dr jokowi sekalipun
Menurut Prof. Jean Rivero dan Prof. Waline, pengertian penyalahgunaan kewenangan dalam Hukum Administrasi dapat diartikan dalam 3 wujud, yaitu:

1. Penyalahgunaan kewenangan untuk melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan kepentingan umum atau untuk menguntungkan kepentingan pribadi, kelompok atau golongan;

2. Penyalahgunaan kewenangan dalam arti bahwa tindakan pejabat tersebut adalah benar ditujukan untuk kepentingan umum, tetapi menyimpang dari tujuan apa kewenangan tersebut diberikan oleh Undang-Undang atau peraturan-peraturan lain;

3. Penyalahgunaan kewenangan dalam arti menyalahgunakan prosedur yang seharusnya dipergunakan untuk mencapai tujuan tertentu, tetapi telah menggunakan prosedur lain agar terlaksana;

http://m.hukumonline.com/klinik/detail/lt54fbbf142fc22/arti-menyalahgunakan-wewenang-dalam-tindak-pidana-korupsi

======

masih bisa diperdebatkan sih, karena menyangkut tafsir hukum emoticon-Ngacir
hahahha

kl dipikir mending jakarta dipimpin otak cina, biar DKI Jakarta ngitungnya untung trus, tapi untungnya bukan buat dikorupsi

dipikir lagi emang kudu dipimpin dengan watak keras tapi berdasar....daripada yg udah udah, santun tapi makin keblangsak tu jakarta....


kl salah dikoreksi gan....
Quote:Original Posted By a_iawan
hahahha

kl dipikir mending jakarta dipimpin otak cina, biar DKI Jakarta ngitungnya untung trus, tapi untungnya bukan buat dikorupsi

dipikir lagi emang kudu dipimpin dengan watak keras tapi berdasar....daripada yg udah udah, santun tapi makin keblangsak tu jakarta....


kl salah dikoreksi gan....


otak cina kamsudnya bijimana gan?
motor cina udah ada, HP cina udah ada....
otak cina????

provinsi itu baiknya dipimpin sama gubernur.. bukan otak.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

diskresi terhadap sesuatu yg melanggar hukum (reklamasi)
sebuah keputusan yg diambil guna menolong ,bekerjasama dalam pelanggaran hukum..
×