alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
Membuat Pakan ternak alternativ untuk ayam kampung dari ampas tahu
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57336ba3d44f9f5c2f8b4567/membuat-pakan-ternak-alternativ-untuk-ayam-kampung-dari-ampas-tahu

Membuat Pakan ternak alternativ untuk ayam kampung dari ampas tahu

(TUTORIAL BUKAN SEKEDAR HASIL KOPI PASTA, INI SUDAH KAMI COBA DAN BERHASIL JIKA ANDA TIDAK BERHASIL SILAHKAN TANYAKAN KEPADA KAMI)
SEBELUM ANDA MEMELIHARA TERNAK ATAU BINATANG PELIHARAAN PASTIKAN ANDA TAHU KARAKTERISTIK HEWAN TERSEBUT
Anda punya ayam dirumah? saya punya, walaupun anda gak nanya saya kasih tau aj GRATISS
Mula nya lagi iseng iseng browsing tentang makanan ayam alternatif. ternyata ketemu...pakan ayam bisa di buat dari ampas tahu..anda tau kan ampas tahu? itu lho hasil samping dari pembuatan tahu. nyari nya di pabrik tahu ya, jangan di matrial apalagi di restoran. ampas tahu kalo di kondisi biasa mempunyai kadar air 20 - 60% hal ini berakibat ampas tahu menjadi cepat basi. biasanya harga ampas tahu Rp 15000 / karung isi 25 kilo.
Biasanya ampastahu di buang gan atau di manfaatin sama peternak sapi, karena hasilnya oke banget kalo buat makanan sapi, katanya oke juga buat kelinci, tapi sayang kelinci saya si mimin gak mau makan ampas, maklum kelinci tajir, dari kecil udah makan pelet. makan rumput aja harus di bujuk dulu baru mau.
Ampas tahu bukan makanan utama karena itu dalam penggunaannya tetap menggunakan dedak, kalo saya biasanya menggunakan takaran 60% ampas tahu, 40% dedak, dan gak lupa di campur pake air secukupnya.
langsung ke cara pembuatannya :

langkah pertama banget:
Aktivkan pre biotik dengan cara mencampur 1 liter air, dengan 1 sendok makan gula/ molases/ gula merah dan 1 tutup botol pre biotik, diamkan selama 15 - 120 menit. mencampur air gulanya gak usah pake air panas ya...lama dinginnya

1. Ampas tahu di keringkan
karena ampas tahu biasanya basah dikeringkan dulu. secara umum biasanya di jemur atau di press. tapi cara yang biasa saya pakai adalah menggunakan mesin pengering di mesin cuci. biar gampang masukkan ampas tahu kedalam sarung bantal tidur, tapi jangan banyak banyak ya..cukup 3 - 4 kilo sesuai dengan kapasitas mesin pengering. kalo mau liat videonya ada nih ;



2. Pengukusan ampas tahu
Nah, kalo sudah kering dikukus, ini bertujuan untuk membunuh kuman dan bakteri bakteri lain selain bakteri pre biotik yang mau kita kasih. biasanya saya melewatkan tahapan pengukusan karena ampas tahu yang saya ambil dari pabriknya masih hangat, hal ini tidak saya anjurkan ya!!! tapi alhamdulillah ayam saya masih pada idup tuh. tapi lebih amannya dikukus 30 menit lalu di dinginkan, karena kalo masih panas nanti bakteri prebiotiknya gak bisa hidup.
ngukusnya jangan lupa pake kaen kasa yang biasanya buat ngukus nasi, atau pake aja sarung bantalnya ya, biar ampasnya gak berjatuhan. WADUH...saya gak ada gambarnya jadi pake gambar orang aja ya

Membuat Pakan ternak alternativ untuk ayam kampung dari ampas tahu

3. Pemberian prebiotik
Prebiotik berfungsi untuk meningkatkan N alias nitrogen pada ampas tahu. kalo dari beberapa artikel sih katanya setelah fermentasi bisa meningkat jadi 21% lho setelah fermentasi. tapi saya gak percaya soalnya bukan succofindo yang ngeluarin atau BP-POM.
Setelah dingin prebiotik bisa di campurkan dengan ampas tahu dengan cara di guyur langsung atau dengan di semprot dengan semprotan bunga/burung. Kadar air nya minimal 5%, cara mengetahuinya: kalo ampas di peras air tidak keluar. Lebih sedikit gak apa apa, asal jangan sampe kaya sayur sop. fermentasi dikatakan berhasil bila ampas tahu menghasilkan bau seperti bau tape bukan bau kentut / bau telur busuk yangdihasilkan dari gas H2S yang terbentuk
prebiotik mudah di temukan di toko toko peternakan atau pertanian, biasanya merk nya: monodon, SOC, EM4 dan masih banyak lainnya. ni gambar juga buka punya saya...sample aja.

Membuat Pakan ternak alternativ untuk ayam kampung dari ampas tahu
sumber

4. Pengemasan
pengemasan tergantung kebutuhan. yang jelas setelah dibuka ampas tahu harus di habiskan gak boleh di buka tutup. jadi kalo ayam cuma 1 kilo silahkan dibungkus menggunakan plastik 1 kiloan, karena ayam saya ada 15 ekor jadi saya bikin di plastik 1 dan 2 kilo, jadi lebih mudah dalam pengemasannya.
fermentasi akan sempurna pada saat hari ke 3. makanan ini tahan penyimpanan sampai 1 bulan, saya pernah menyimpan sampai 2 bulan dan masih bisa saya kasih ke ayam ayam saya. namun kendalanya bau tahu menjadi lebih menyengat, kalo bisa penyimpanan di lakukan di ruangan yang sirkulasi udaranya baik. kaya gini nih jadinya
Membuat Pakan ternak alternativ untuk ayam kampung dari ampas tahu
Membuat Pakan ternak alternativ untuk ayam kampung dari ampas tahu
Membuat Pakan ternak alternativ untuk ayam kampung dari ampas tahu
oke.. sekian postingnya selamat mencoba.....
emoticon-Traveller
wassalamualaikum
KALO BERKENAN KUNJUNGI BLOG SAYA DISINI GAN
MONGGO MASUK

POSTING SAYA YANG LAIN
TIPS MEMLIHARA KELINCI
PENIPUAN PENJUALAN TANDON AIR BERKEDOK PENGUIN TANGKI OLEH WAHYU SANJAYA
Membuat Pakan ternak alternativ untuk ayam kampung dari ampas tahu
PENGECORAN JALAN TIDAK TUNTAS DI BEKASI
buat kamu yang suka ngelawan mama

Polling
7 Suara
BERMINAT MENCOBA CARA INI? 
Diubah oleh maribekasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Sundul gan
efeknya ke ayam gimana gan? tambah baik dari pakan pabrik?
emoticon-Sundul emoticon-Sundul
nicee
Wah , padahal bisa buat hemat dedak , tapi lama ya ??
Jejak gan

haduh..baru ngaskus lagi

kalo buat ayam boleh dicampur max 20%, kalo buat doc ato dod gak tau deh..biasanya buat ngasih ayam yg dewasa ..sama kelinci.
kalo kelinci bisa langsung...bisa di di cek video mari bekasi di yutup ...

plastik kiloannya

gan plastik buat disimpen atau fermentasinya di bolongin kaya tempe itu apa ketutup rapat ya
ada juga tempat pakan ayam canggih dirancang khusus agar pakan tidak banyak yang terbuang jadi peternak tidak rugi
Diubah oleh painahjon
noted
Nice info gan bermanfaat emoticon-Jempol
susah cari ampas tahunya

emoticon-kucing
Beli Ampas Tahunya dimana gan ? atau dapet di pabrik tahu bang ?
emoticon-Gotta catch 'em all!
Nice threda gan.. ane lg mw cb alternatif utk ayam aduan ane.. mkanx rakus banget ga kuat kl harap pakan pabrik doank.. 😂
#thread bagus nih cendol utk ente emoticon-Blue Guy Cendol (L)


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di