alexa-tracking

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5728c08cd89b096a6a8b456c/review-kamera-mobil-transcend-drivepro-200
Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200
Keamanan berkendara Anda di jalan dapat ditingkatkan dengan menggunakan sebuah kamera yang akan merekam keadaan Anda selama berkendara, dengan sebuah video recorder. Memang, saat ini, penggunaan perangkat seperti ini di Indonesia masih belum umum, tetapi di luar Indonesia, sudah banyak yang menerapkan keamanan ini. Rekaman yang dihasilkan dapat menjadi sebuah bukti bagi Anda atau orang lain yang mengalami musibah, kecelakaan atau lainnya, yang terjadi persis di depan Anda, dan menjadi masukan yang sangat berarti untuk pengambilan keputusan bagi pihak yang berwajib.

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200

Saat ini, Anda akan dapat dengan mudah menemukan berbagai perangkat jenis ini di pasaran. Salah satu yang dapat Anda temukan adalah video recorder yang ditawarkan oleh Transcend, DrivePro 2.

DrivePro 2 merupakan video recorder yang dapat Anda letakkan di kaca depan mobil Anda. Perangkat ini mempunyai wide viewing angle hingga 160°. Selain itu, perangkat ini juga dapat merekam hingga resolusi Full HD 1080P 30 FPS, sehingga rekaman yang dihasilkan akan sangat jelas. Rekaman video ini akan tersimpan di dalam sebuah MicroSD dan perangkat DrivePro 2 ini juga dapat merekan suara di sekitarnya bila Anda memerlukannya karena juga dilengkapi dengan sebuah microphone dan speaker.

Perangkat ini sangat mudah Anda pasang karena disertai dengan mounting suction cup. Penggunaan suction cup ini juga memudahkan Anda melepasnya dan memindahkan ke kendaraan lain tanpa perlu keahlian khusus. Anda hanya perlu melepasnya dari kendaraan Anda, dan menempelkannya kembali ke kendaraan lain serta memasang kabel power ke lubang pematik api yang dapat Anda temukan pada setiap kendaraan.

Dimensi dari DrivePro 2 juga tidak terlalu besar dan dilengkap idengan LCD berukuran 2.4″, sehingga Anda juga dapat memutar video record yang telah tersimpan di dalamnya. Dimensi tersebut tidak akan membuat pandangan depan Anda terganggu dan Transencend melengkapi dengan kabel power yang cukup panjang sehingga Anda dapat memasang kabel ini terlihat rapi di mobil Anda.

Paket Penjualan Transcend DrivePro 200

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200

Dalam paket penjualan Transcend DrivePro 2 ini, Anda akan mendapatkan DrivePro Car Video Recorder, Car Mounting Bracket, Car Adapter, microSD 16GB, Video Cable, dan Quick Start Guide. Pemberian MicroSD di dalam paket penjualannya merupakan kelebihan dari produk ini, sehingga Anda tidak perlu lagi membeli secara terpisah. Begitu dikeluarkan dari boks, Anda dapat langsung menggunakan DrivePro 200 ini.

Mounting Kit untuk Mobil

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200

Untuk memasang DrivePro 2 ini, Transcend memberikan Car Mounting Bracket yang menggunakan suction cup yang sangat mudah untuk dipasang dan dilepas. Mounting berbahan plastik ini cukup kuat menahan DrivePro 2, sehingga Anda tidak perlu takut perangkat ini terjatuh ketika Anda menggunakannya dalam perjalanan, misalnya ketika berhadapan dengan jalan berlubang.

Spesifikasi Transcend DrivePro 200

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200
Tampak depan dan belakang

Transcend DrivePro 200 ini mempunyai dimensi 67 × 72 mm dengan ketebalan hanya 34.3 mm dan dilengkapi dengan sebuah layar LCD berukuran 2.4″ pada bagian belakangnya dengan beberapa tombol pengaturan di bagian bawahnya. Pada bagian depan, Anda dapat melihat lensa dari perangkat ini yang mempunyai pndangan luas hingga 160°. Selain itu, di bagian depan, Anda juga akan menemukan speaker pada bagian bawah dan sebuah microphone untuk merekan suara di sekitar Anda.

Untuk bagian belakang, Anda akan menemukan LCD dengan sebuah lampu indikator, power button pada bagian kiri, dan beberapa menu button yang nantinya akan digunakan untuk navigasi sesuai dengan petunjuk pada bagian bawah layar.

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200

Di bagian samping, Transcend DrivePro 200 dilengkapi dengan Slot MicroSD Card dan sebuah Emergency Button yang berguna untuk menyimpan hasil rekaman Anda pada suatu waktu. Ini dibutuhkan karena proses kerja dasar dari video recorder ini akan membuat video-video lama terhapus dengan sendirinya ketika kapasitas penyimpanan penuh. Tombol ini membuat video terkunci sehingga tidak akan terhapus.

Di bagian sisi lainnya, Anda akan menemukan USB yang juga berguna sebagai port pemasok daya bagi perangkat ini. Terdapat juga port video out yang dapat Anda sambungkan ke perangkat TV yang mempunyai konektor Component In.

Dengan sebuah MicroSD berukuran 16GB yang diberikan pada paket penjualannya, Transcend DrivePro 200 dapat merekan video dengan resolusi Full HD 1080P selama 2 jam 20 menit. Sementara bila Anda merekan dalam resolusi HD 720P, maka Anda dapat merekam video hingga 4 jam 20 menit. Bila Anda menginginkan dapat merekam lebih lama, Anda dapat menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar.

Perangkat ini akan merekan secara terus menerus dalam interval tertentu. Ketika memori telah terisi penuh, video terlama akan hilang dan digantikan dengan video terbaru, kecuali Anda menekan emergency record. Video yang ditandai sebagai “emergency” ini hanya bisa dihapus dengan cara manual.

Cara pengoperasian Transcend DrivePro 200 cukup mudah, ketika Anda menyalakan kendaraan Anda, maka secara otomatis perangkat melakukan perekaman video. Begitu juga ketika Anda menghentikan kendaraan Anda, perangkat ini akan otomatis berhenti. Namun, ini kembali lagi kepada pematik rokok di perangkat Anda, apakah secara otomatis aktif ketika mesin dihidupkan dan mati saat mesin dimatikan atau tidak. Bila tidak, maka Anda harus menyalakan dan mematikan secara manual.

Menu Transcend DrivePro 200

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200

Anda dapat melakukan pengaturan sederhana terkait operai DrivePro 200 ini melalui menu yang tersedia. Di bagian ini, Anda dapat mengatur resolusi yang dinginkan dalam perekaman, Exposure Value untuk pengaturan pencahayaan terang/gelap ketika merekam, Video Length untuk melakukan setting durasi rekaman (1, 3 dan 5 menit), Time Stamp untuk menampilakan waktu pengambilan video.

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200

Terdapat juga opsi konfigurasi Light Frequency untuk menyesuaikan hasil rekaman dengan frekuensi cahaya dari lampu di sekitar, serta Video Out untuk pengaturan NTSC atau PAL. Terdapat juga opsi untuk melihat informasi status perangkat, serta Format Card untuk menghapus semua data di Micro SD.

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200

Beberapa pengaturan tambahan yang bisa ditemukan adalah Voice Recording untuk pengaturan rekaman suara, Loop Recording untuk melakukan looping otomatis ketika memori sudah penuh, pengaturan volume speaker dan G-sensor untuk mengatur tingkat kerasnya benturan yang mana akan mengaktifkan langsung emergency button secara otomatis.

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200

Auto Turn Off Display bisa Anda gunakan untuk mengatur layar otomatis mati ketika tidak digunakan. Terdapat juga pengaturan tanggak dan jam, serta bahasa. Di DrivePro 200 ini, terdapat 12 bahasa yang bisa dipilih.

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200

Anda dapat melakukan upgrade firmware dari menu DrivePro 200. Tersedia juga opsi Restore Default untuk mengembalikan perangkat ke kondisi awal.

Anda juga dapat mengotrol perangkat ini melalui smartphone Anda, baik yang menggunakan Android maupun iOS, dengan aplikasi yang bisa didapatkan di marketplace masing-masing sistem operasi. Di smartphone Anda, menu konfigurasi yang mungil akan mirip dengan yang ditampilkan langsung di perangkat. Selain itu, Anda juga bisa melihat video yang tersimpan di perangkat tanpa menghubungkan kabel apapun ke smartphone Anda, melalui jalur WiFI.

Untuk mudahnya melihat bagaimana perangkat ini bekerja, Anda dapat melihat pada video yang di bawah ini.



Kesimpulan

Review Kamera Mobil: Transcend DrivePro 200

Penggunaan DrivePro 200 di dalam kendaraan Anda akan membantu Anda ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti ketika terjadi kejadian tabrakan. Anda dapat membuktikan kejadian yang sedang terjadi dengan jelas karena Anda mempunyai bukti yang tidak terbantahkan kepada pihak yang berwajib. Selain itu, perangkat ini juga bisa menjadi perekam dokumentasi perjalanan Anda ketika Anda melakukan perjalan wisata bersama keluarga Anda.

Bentuknya yang ringkas dan dilengkapi dengan mounting yang mudah digunakan akan sangat memudahkan Anda untuk melakukan bongkar pasang bila Anda ingin memindahkan ke kendaraan lain. Kabel sumber tenaga juga tidak memerlukan istalasi khusus, Anda dapat langsung mengggunakannya di pematik rokok di mobil Anda untuk memberikan sumber tenaga bagi DrivePro 200 Anda. Bila memang Anda ingin menggunakan permanen pada kendaraan yang Anda miliki, maka Anda dapat merapikan kabel mengkuti bingkai kaca dan menyelipkan sehingga akan terlihat rapi.

Sayangnya kamera ini tidak dilengkapi dengan baterai, sehingga Anda tidak dapat menggunakannya untuk keperluan lain, seperti action camera. Namun, Anda bisa menyambungkan ke sebuah powerbank untuk pemakaian yang jauh dari sumber daya listrik. Dengan danya WiFi, dan dukungan aplikasi pada smartphone, akan mempermudah Anda untuk melakukan konfigurasi dan melihat hasil video yang telah terekam di dalam MicroSD-nya.
×