alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/572897d81a99754f638b456d/terlambat-bayar-iuran-bpjs-kesehatan-ini-dendanya
Terlambat Bayar Iuran BPJS Kesehatan, Ini Dendanya
Terlambat Bayar Iuran BPJS Kesehatan, Ini Dendanya

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan dalam layanan, termasuk pula penyesuaian iuran untuk peserta BPJS Kesehatan.

Dalam perpres tersebut juga terdapat aturan mengenai denda keterlambatan pembayaran iuran. Kepala Humas BPJS Kesehatan Irfan Humaidi menjelaskan, peraturan mengenai denda pembayaran iuran tersebut tertuang dalam Pasal 17 perpres itu.

"Denda mengenai keterlambatan pembayaran iuran ada di Pasal 17 Perpres," kata Irfan di RS Kanker Dharmais, Rabu (16/3/2016).

Dalam perpres itu disebutkan bahwa jika terlambat membayar iuran jaminan kesehatan lebih dari satu bulan sejak tanggal 10, maka penjaminan peserta diberhentikan sementara.

Kemudian, dalam waktu 45 hari sejak status kepesertaan aktif kembali, peserta wajib membayar denda kepada BPJS Kesehatan untuk setiap pelayanan kesehatan rawat inap yang diperoleh.

Denda tersebut adalah 2,5 persen dari biaya pelayanan kesehatan untuk setiap bulan tertunggak.

Adapun jumlah bulan tertunggak maksimal 12 bulan, dan nilai denda paling tinggi adalah Rp 30 juta.

Ketentuan pembayaran iuran dikecualikan untuk peserta yang tidak mampu. Ini dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang.

Sementara itu, ketentuan pemberhentian sementara penjaminan peserta dan pengenaan denda tersebut mulai berlaku pada 1 Juli 2016 mendatang.


Spoiler for Sumur:
buat baru aja lagi... :nyantai
Dari dulu udah tau.
Bakal dipaksakan.

Udah harus dicukup2in plafonnya, gak boleh ditarik uang.
Mesti nya selain pbi, kalau sesuai kelas, boleh ditarik uang kalau plafon nya kurang.

Mestinya bpjs buat protap sendiri.
Misal
Anemia , protap bpjs buat transfusi berapa kantong. Misal 2 kantong. Kalau ternyata kurang, ya jangan transfusi lagi. Mati ya biarin. Pmi sendiri gak membedakan kantong darah bpjs dan bukan.
Hipertensi gawat misalnya harus obat hipertensi lewat infus pake pompa infus, protap bpjs boleh berapa ampul, misal 3 ampul, kalau gak turun, ya udah, jangan dikasih lagi, jadi stroke biarin.

Ini malah di kasih uang 1000 disuruh beli pizza, suruh cukup2in, makin sulit penyakit makin rugi emoticon-Cape d... (S). Padahal disuruh ikut seminar, per seminar bayar berapa juta, eh otaknya malah gak bisa dipake
Wow.... tarif BPJS resmi naik rupanya bulan ini.... kok gak ada yang ribut ya? Apa belum pada tau?


emoticon-Leh Uga
Maasalahnya banyak yang curang, bayar BPJS terus minta operasi / pengobatan mahal, setelah sembuh langsung gak bayar lagi iurannya, nah tuh yg bikin BPJS bangkrut.
harus dibedakan anggota yg angin2an dan anggota tetap, klo telat dlm bulan yg sama ngapain didenda emoticon-Entahlah
Quote:Original Posted By jangan.percaya
Dari dulu udah tau.
Bakal dipaksakan.

Udah harus dicukup2in plafonnya, gak boleh ditarik uang.
Mesti nya selain pbi, kalau sesuai kelas, boleh ditarik uang kalau plafon nya kurang.

Mestinya bpjs buat protap sendiri.
Misal
Anemia , protap bpjs buat transfusi berapa kantong. Misal 2 kantong. Kalau ternyata kurang, ya jangan transfusi lagi. Mati ya biarin. Pmi sendiri gak membedakan kantong darah bpjs dan bukan.
Hipertensi gawat misalnya harus obat hipertensi lewat infus pake pompa infus, protap bpjs boleh berapa ampul, misal 3 ampul, kalau gak turun, ya udah, jangan dikasih lagi, jadi stroke biarin.

Ini malah di kasih uang 1000 disuruh beli pizza, suruh cukup2in, makin sulit penyakit makin rugi emoticon-Cape d... (S). Padahal disuruh ikut seminar, per seminar bayar berapa juta, eh otaknya malah gak bisa dipake


emoticon-Jempol emoticon-Jempol emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By gembalarusa13
buat baru aja lagi... :nyantai

Buat baru gimana gan?. kan sekarang cm punya satu KTP.
Quote:Original Posted By berrymaslise
Wow.... tarif BPJS resmi naik rupanya bulan ini.... kok gak ada yang ribut ya? Apa belum pada tau?


emoticon-Leh Uga


bulan ini sy bayar masih tetap gan, belum berubah.

Quote:Original Posted By byarpet
Maasalahnya banyak yang curang, bayar BPJS terus minta operasi / pengobatan mahal, setelah sembuh langsung gak bayar lagi iurannya, nah tuh yg bikin BPJS bangkrut.

betul gan, pas sehat ga mau bikin,begitu sakit buru2 bikin BPJS, sehat ga mau bayar.
Seharusnya kasih batas minimal aktif baru bisa pakai.
Quote:Original Posted By gembalarusa13
buat baru aja lagi... emoticon-nyantai


saat mau buat baru tetap dicek berdasarkan nik nama dsb nya.
kan udah ada data lamanya.
nunggak sekian.
itu harus dilunasi dulu sebelum buat baru/ganti kelas/ubah status.
begitu pengalaman ane setelah nunggak bebrapa bulan n mau ganti, akhirnya bayar 400k tunggakan, kapok nunggak2 lg emoticon-Ngakak

btw ane blom pernah pake bpjs ane
wiiiih... kalau gitu ni BPJS pake operasi senyap kali ya? sebagian di naikkan tarif nya sebagian masih tarif lama. Ane bayar terus, tapi kagak pernah make gan .....

emoticon-Wow
belum bagus layanannya .............nanti saja emoticon-Traveller
Kualitas masih blom beres udah pake ngasih denda.. emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By byarpet
Maasalahnya banyak yang curang, bayar BPJS terus minta operasi / pengobatan mahal, setelah sembuh langsung gak bayar lagi iurannya, nah tuh yg bikin BPJS bangkrut.


Ini bener banget, kembali lagi ke masalah mental bro. yakin banget mereka yg gak bayar setelah operasi/pengobatan gak bakal sakit lagi kedepannya.
nunda bayar kena denda. gunain bpjs dipersulit. maunya apa toh emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By gembalarusa13
buat baru aja lagi... :nyantai


Bisa emangnya?
konsekuensi cuma satu arah emoticon-Nohope
anak gw kemaren mondok rs di kelas vip (terpaksa karena kamar penuh)
harusnya habis 10jtaan.
alhamdulillah ikut bpjs,gw bayar 5,2jt.
gw ikut kelas 3.makanya nambahnya lumayan. ada 8 hari kalo diitung2mondoknya.
kena tipus
Quote:Original Posted By huirat
ane udah stahun lbh gak bayar gan. kecewa ama layanan lambat bahkan ketus bgt pas bilang pake bpjs. lalu gak smua biaya ditanggung .
ane pake kelas 2 gan


sama gan ane juga, 1 keluarga ada 3 org nunggak bayar..hahaha..ya begitulah pelayanannya, meski sama" manusia tapi hati org isinya beda" hahahaha...emoticon-Ngakak meski kita tahu seberapapun harga obatnya, semanjur apapun obatnya yang namanya usia akan ada batasnya..

Hehe 12 bulan nunggak denda maksimal 30 juta maksudnya apaan nih?

Setahun saja iurannya kaga sampai sejutakan telat 5 tahun juga belum sampai 30 juta dendanya....