alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/572892071ee5dfb55a8b4585/alfian-mengaku-mualaf-agar-dibebaskan-kelompok-abu-sayyaf
Alfian Mengaku Mualaf agar Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf
Alfian Mengaku Mualaf agar Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf

Metrotvnews.com, Jakarta: Satu bulan disandera kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina, Alfian Elvis Repi, kerap menjalani ibadah layaknya umat Muslim. Hal itu dilakukan penganut Kristiani itu demi keselamatan dirinya.


Alfian bersama Kapten Kapal Peter Barahama dan rekannya, Julian Philip, mengaku sebagai mualaf saat ditanya kepercayaan mereka. Setelah itu mereka juga mengikuti semua ibadah yang dilakukan oleh kelompok Abu Sayyaf.


"Jadi, kita untuk menyelamatkan diri kita bilang kita mualaf. Mereka terima," ungkap Alfian saat ditemui di kediamannya di Jalan Swasembada Barat, Kebon Bawang, Jakarta Utara, Selasa (3/5/2016).


Selama disekap ia turut mengikuti ibadah salat. Namun, soal ibadah itu tidak ada paksaan dari kelompok Abu Sayyaf.


"Kita mau salat silakan, tidak salat juga silakan. Tapi, karena demi keselamatan kita bersama, nah itulah kita ikutin. Kalau waktu salat kita ikutin (salat) juga," kata dia.


(Baca juga: Kesaksian Alfian, Bekas Sandera Abu Sayyaf)


Selama dalam masa penyekapan, para sandera mengaku tidak pernah sekalipun melihat wajah anggota kelompok tersebut. Pun saat anggota kelompok itu mengambil wudu untuk salat berjamaah. Para anggota kelompok itu diceritakan mengambil lokasi wudu yang jaraknya cukup jauh dari tempat para sandera.


Selain itu, selama disekap kelompok Abu Sayyaf juga tidak sekalipun memberi pemahaman soal Islam atau mencuci otak para anak buah kapal (ABK) untuk ikut masuk dalam kelompok itu. Pasalnya, para anggota kelompok penyandera jarang berbincang dengan 10 sandera.


Ia juga mengakui, tidak ada perlakuan berbeda antara sandera yang beragama Islam dan yang lainnya. Mereka dikumpulkan semua di dalam satu lokasi.


Alfian Mengaku Mualaf agar Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf

ejumlah anak buah kapal (ABK) WNI yang menjadi korban sandera kelompok militan Abu Sayyaf, berjabat tangan dengan perwakilan Pemerintah saat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (1/5)--Antara/M Agung Raharja


Alfian juga menceritakan, dalam masa penyekapan di saat bersamaan, seorang warga negara Kanada John Ridsel dieksekusi dengan cara kepala dipenggal. Informasi itu sudah ia diterima tiga hari sebelum eksekusi dilakukan.


Rasa panik dan khawatir sempat merasuk di benak Alfian. Namun, ia berusaha tetap tenang.


"Tiga hari sebelumnya sudah dikasih tahu bahwa akan ada eksekusi orang Kanada. Tapi itulah mungkin karena kasih karunia Tuhan, makanya kita dikuatkan saja lah. Makanya kita ber-10 bisa selamat sampai sekarang. Mereka komunikasikan (eksekusi orang Kanada) ke kita dengan baik," jelas dia.


(Baca juga: Istana Anggap Pernyataan Mega soal Pembebasan WNI Kritik)


Minggu, 1 Mei lalu Alfian bersama sembilan orang lainnya dibebaskan dari sekapan kelompok Abu Sayyaf sekitar pukul 12.15 waktu setempat di Pantai Parang, Sulu, Mindano Selatan, Filipina. Proses pembebasan murni dilakukan lewat usaha negosiasi antara pemerintah Indonesia dan Filipina.


Setelah dilepaskan, mereka dibawa ke kediaman Gubernur Sulu untuk proses verifikasi, makan, dan ramah tamah. Setelah itu, ke-10 orang itu diterbangkan dari Sulu menuju Zamboanga, Filipina, menggunakan dua helikopter jenis UH 1 H.  


Alfian Mengaku Mualaf agar Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf

Alfian Elvis Repi (tengah), korban penyanderaan Kelompok Abu Sayyaf dan keluarga. Foto: MTVN/Damar Iradat


Di Zamboanga, mereka menjalani proses verifikasi dan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Keamanan Filipina. Tim Keamanan Filipina juga menanyakan soal apa saja yang terjadi selama  penyanderaan.


Dari Zamboanga, ke-10 orang tersebut dipulangkan ke Tanah Air menggunakan pesawat khusus Tim Kemanusiaan Surya Paloh. Penyerahan kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri berlangsung di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.


(Baca juga: Tiba di Kampungnya, Mantan Sandera Abu Sayyaf Nyebur Sungai)

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...pok-abu-sayyaf

---

Kumpulan Berita Terkait WNI DISANDERA ABU SAYYAF :

- Alfian Mengaku Mualaf agar Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf Alfian Mengaku Mualaf agar Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf

- Alfian Mengaku Mualaf agar Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf Istana Anggap Pernyataan Mega soal Pembebasan WNI Kritik

- Alfian Mengaku Mualaf agar Dibebaskan Kelompok Abu Sayyaf Istana Bantah Pernyataan Mega Soal Uang Tebusan 10 WNI

Kesannya TV metro dan tv oon, rebutan wawancara dari sandera, apa manfaatnya? Kesannya mau dijadikan layaknya artis...padahal msh trauma pastinya...
wah wah
cerdik seperti ular, tulus seperti merpati hahaha emoticon-Smilie
strategy yang bagus