alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/572872525c77988d3f8b456b/sesar-kendeng-terbukti-aktif-jawa-timur-perlu-lebih-waspada-gempa
Sesar Kendeng Terbukti Aktif, Jawa Timur Perlu Lebih Waspada Gempa
Quote:KOMPAS.com - Riset geologi terbaru yang dipublikasikan di Geophysical Research Letter mengungkap keberadaan sumber gempa di wilayah Jawa Timur.

Sumber Gempa tersebut berasal dari Sesar Kendeng, patahan yang melintang sejauh 300 kilometer dari selatan Semarang, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Ada sejumlah rekaman kejadian gempa pada abad 19 yang diduga berasal dari sesar tersebut. Namun, ketiadaan gempa yang baru membuat para pakar tektonik berpikir bahwa Sesar Kendeng "tidak aktif".

Kini hasil kolaborasi peneliti Institut Teknologi Bandung (ITB), Badan Informasi Geospasial (BIG), dan Australia National University (ANU) untuk pertama kalinya mengonfirmasi bahwa Sesar Kendeng masih aktif dengan pergerakan 5 mm per tahun.

Pakar tektonik Irwan Meilano dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang terlibat riset mengatakan, "Hasil penelitian ini akan melengkapi peta gempa nasional."

Selama ini gempa di Jawa Timur diasosiasikan dengan aktivitas subduksi di pantai selatan Jawa. Kini ada satu lagi sumber gempa yang harus diwaspadai.

"Surabaya dan kota-kota di sekitar Sesar Kendeng bisa terdampak aktivitasnya," kata Irwan kepada Kompas.com pada Rabu (27/4/2016).

"Sambungan" dari Sesar di Timur Indonesia

Dalam penelitian, Irwan Meilano dari ITB, S Susilo dari BIG, A Koulali dari ANU, dan sejumlah peneliti melakukan observasi data Global Positioning System (GPS) dari 94 stasiun di Indonesia timur dan data GPS dari jaringan global.

Data diolah dengan perangkat lunak GAMIT-GLOBK. Peneliti lalu melakukan pemodelan berdasarkan data yang diolah untuk mengungkap aktivitas tektonik.

Pada dasarnya peneliti meriset wilayah tektonik aktif yang disebut Sunda Banda Arc, mencakup wilayah Jawa bagian timur, Bali dan Nusa Tenggara, hingga ke perairan sekitar Timor Timur.

Hasil penelitian mengungkap bahwa Sunda Banda Arc terbagi atas tiga segmen, yaitu segmen Jawa Timur, segmen Sumba, dan segmen Timor.

Di bagian utara segmen-segmen itu, terdapat sumber-sumber gempa yang telah dikenal seperti Sesar Wetar di bagian utara Timor dan Sesar Flores di Nusa Tenggara.

Penelitian Irwan, Susilo, dan rekan menunjukkan bahwa Sesar Kendeng adalah "sambungan" dari Sesar Wetar dan Flores yang "merentang" hingga utara Bali, masuk ke daratan Jawa.

Baik segmen yang berada di daratan Jawa - yang merupakan Sesar Kendeng - dan utara Bali dikonfirmasi sebagai patahan aktif dan bisa menimbulkan gempa.

Dengan demikian, wilayah Bali pun perlu waspada. Patahan yang berada di utara Bali bila beraktivitas bisa menimbulkan tsunami walaupun skalanya mungkin tak sebesar di selatan Jawa.


sumber: kompas.com http://sains.kompas.com/read/2016/04....Waspada.Gempa

waspada bray, wilayah indonesia rawan gempa,

terutama wilayah jawa timur, bali, sampai flores

smg peta gempanya cepat selesai
kok sepi
Quote:Original Posted By portgas126
kok sepi


Klo engga bahas ahok+kroco-kroconya engga bakal rame gan, mau kiamat pun tetep engga rame klo engga ada ahoknya

nahloh. kemaksiatan di SBY sudah menjadi-jadi kah?
ngeri juga ya kalo sampe geser. kayak di film 2012, pulaunya pisah.
kayak hati aja pake patah segala emoticon-Ngakak
Gempa tdk bisa dihindari tp bisa meminimalisir korban dgn adanya peringatan dini
Mejeng pejwan gan...wkwkwk
Ngeri ya klo smpe terbelelah
ah indonesia mah daerah gempa smua kcuali kalimantan
kalo, jateng, jabar gmn gan akan kena dampaknya ? emoticon-Hot News
Mungkin ini yg menyebkan majapahit hilang
serem ah gan...
waspada bray, wilayah indonesia rawan gempa,

terutama wilayah jawa timur, bali, sampai flores

smg peta gempanya cepat selesai[/quote]

ho'o terutamanya bukan hanya jawa timur, bali, sampe flores tapi sumatra, sulawesi, maluku jg bray. megathrust ada di semenanjung barat sumatra dr utara sampai selatan bray, terutama padan dan kep. Mentawai bray ....
Kembali lagi, bencana alam nggak bisa kita prediksi, gempa khusus nya.. Sebaiknya semua prepare utk kondisi terburuk
waspada, siap siap jualin barang barang berharga, hidup sederhana saja. uang simpan di bank. harta mobil rumah di asuransikan.
pas kejadian,..ga sedih sedih amat karena sudah dikondisikan.
Quote:Original Posted By iamnotromeo
waspada, siap siap jualin barang barang berharga, hidup sederhana saja. uang simpan di bank. harta mobil rumah di asuransikan.
pas kejadian,..ga sedih sedih amat karena sudah dikondisikan.


ganti rumah beton dengan rumah bambu spy klo keruntuhan benjut doank emoticon-Big Grin
emoticon-Takut kirain jatim aman gans mejeng pejwan, mumpung sepi emoticon-Hammer2
bahaya nih kampung halaman ane :hiks
Dulu Tahun 90an Ada Gempa Yg Terjadi Di Surabaya Dan Sekitar,Orang" Dulu Nyebutnya Lindu... Burung Perkutut Ane Sampe Lepas 3 Ekor Karena Kandangnya Roboh... emoticon-Cape d... (S)