alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57286b5ac1cb17a8488b456e/tni-terlibat-penggusuran-paksa-lbh-jakarta-layangkan-somasi-pada-panglima-tni
TNI Terlibat Penggusuran Paksa, LBH Jakarta Layangkan Somasi pada Panglima TNI
Sepanjang tahun 2015 di DKI Jakarta telah terjadi 113 Kasus penggusuran paksa, 8.145 diantaranya Kepala Keluarga dan 6.283 Unit Usaha, dari 113 kasus penggusuran 84% menggunakan APBD yang uangnya didapat dari masyarakat, dan paling mengkhawatirkan adalah keterlibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam penggusuran paksa.

LBH Jakarta mencatat bahwa dari 113 kasus penggusuran paksa 65 kali TNI terlibat aktif dalam melakukan penggusuran di DKI Jakarta sepanjang tahun 2015, data tersebut belum termasuk penggusuran baru-baru ini di Kampung Aquarium (kawasan pasar ikan) yang bersebelahan dengan Luar Batang, Jakarta Utara yang juga melibatkan TNI dalam proses penggusuran paksa.

"Keteriibatan aparat TNI di dalam kasus-kasus penggusuran paksa sesungguhnya bertentangan dengan ketentuan Undang-Undang TNI yang menjelaskan pada Pasal 7 tugas TNI adalah menjaga kedaulatan negara dan mempertahankan keutuhan wilayah operasi militer selain perang dalam membantu tugas pemerintah daerah atau membantu Kepolisian," demikian disampaikan Anggota LBH Jakarta, Alldo Fellix Januardy, saat jumpa pers di LBH Jakarta, Selasa (03/05/2016).

Dijelaskan Alldo, berdasarkan Pasal 33 ayat (2) UU Penanganan Konflik Sosial, pemerintah daerah, termasuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, wajib mengajukan permohonan bantuan terlebih dahulu untuk mengerahkan aparat TNI kepada Presiden Republik Indonesia. Kata dia, jika merujuk Pasal 40 ayat (1) PP Penanganan Konflik Sosial, pengajuan bantuan tersebut baru dapat dilaksanakan setelah adanya penetapan status keadaan konflik oleh pemerintah atau Presiden Republik Indonesia.

"Yang perlu diperhatikan juga bahwa penggusuran paksa tidak masuk dalam definisi konflik sosial sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ke 1 UU Penangan Konflik Sosial dan sama sekali tidak termasuk dalam kriteria situasi yang diperbolehkan menurut peraturan perundang-undangan untuk menggunakan kekuatan TNI sebagaimana diatur di dalam Pasal 40 ayat (2) PP Penanganan Konflik Sosial," bebernya.

Alldo melanjutkan, keterlibatan TNI berhadapan dengan masyarakat sebenarnya sudah banyak teradi di Indonesia, dan beberapa sangat aktif seperti di Papua. Selain itu, kata dia, juga melakukan pengamanan tempat-tempat yang masuk dalam kategori aset vital. Bahwa tugas TNI adalah menjaga kedaulatan Negara dan rakyat, keterlibatan TNI dalam Proses penggusuran paksa adalah kemunduran dari proses demokrasi dan reformasi militer, karena TNI tidak benar-benar kembali ke barak.

Maka dari itu, pihaknya mendesak TNI untuk tidak lagi terlibat di dalam kasus-kasus penggusuran paksa ketentuan Peraturan perundang-undangan. Ini juga merupakan bentuk pelanggaran HAM yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, juga bentuk intimidasi bagi para korban pengusuran.

Sementara itu, Koordinator Advokasi Urban Poor Consorsium (UPC) dan Jaringan Rakyat Miskin Kota Jakarta Gugun Muhammad menyampaikan surat somasi yang ditujukan kepada Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terkait maraknya kasus penggusuran di era Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pihaknya mendesak kepada Panglima TNI agar pertama, berhenti ikut serta dalam kegiatan penggusuran, karena penggusuran adalah kebijakan politik kota bukan mengenai kedaulatan dan keutuhan NKRI.

"TNI harus kembali fokus terhadap tupoksinya sesuai UU No. 34 tahun 2004 untuk menegakkan kedaulatan rakyat dan mempertahankan NKRI melalui penjagaan perbatasan negara dan melindungi segenap rakyat terhadap ancaman negara Iain," tukas Gugun


http://nasional.rimanews.com/hukum/r...a-Panglima-TNI
Ga ngefek....
yooo.. silahkan.. g sekalian minta TNI DIBUBARKAN ???
teman mabok di jelasin ttg hukum pasti berkilah OOT .....maklum lingkar otak kurang memadai emoticon-Traveller
Quote:Original Posted By politicus
teman mabok di jelasin ttg hukum pasti berkilah OOT .....maklum lingkar otak kurang memadai emoticon-Traveller


emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Quote:
Rabu, 27 April 2016 - 13:50 wib
Lawan Warga Bidara Cina, Ahok Keok di PTUN

TNI Terlibat Penggusuran Paksa, LBH Jakarta Layangkan Somasi pada Panglima TNI
Syamsul Anwar Khoemaeni
Jurnalis

JAKARTA - Warga Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara akhirnya bisa bernapas lega. Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta Timur, mengabulkan seluruh gugatan warga terkait lokasi sodetan Kali Ciliwung. (Baca juga: Warga Bidara Cina Gugat Jokowi ke Pengadilan)

Panitera pengganti PTUN, Eni Nuraeni, membenarkan kemenangan warga Bidara Cina tersebut. "Ya pada sidang kemarin, hasil amar putusannya majelis hakim mengabulkan seluruh gugatan warga Bidara Cina," ujar Eni kepada awak media di PTUN, Rabu (27/4/2016).

Adapun sejumlah pertimbangan majelis hakim dalam amar putusan tersebut antara lain, pihak tergugat, Pemprov DKI Jakarta tidak hadir saat persidangan. Meski demikian, berkas salinan putusan tersebut belum bisa dipublikasikan.

"Ya itu (tergugat tidak hadir) salah satu poin pertimbangannya. Salinan belum bisa dipublikasikan," ujar dia.

Eni menyebut, berkas putusan itu belum ditandatangani oleh majelis hakim. "Karena belum ditandatangani oleh Majelis Hakim," tuturnya.

Seperti diketahui, warga Bidara Cina mengajukan gugatan dengan nomor 59/G/2016/PTUN-JKT. Gugatan tersebut terkait dengan penetapan lokasi sodetan Kali Ciliwung yang berubah tanpa sepengetahuan warga.
(sus)

http://news.okezone.com/read/2016/04...k-keok-di-ptun

Quote:

KPK Didesak Segera Tindaklanjuti Hasil Audit Temuan BPK

Selasa,3.5.2016

Puluhan massa dari Laskar Kampung Luar Batang saat berdemo di depan gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/5). Mereka meminta KPK mengusut hasil audit temuan BPK yang menyeret AHOK. Foto: Ricardo/JPNN.com

Spoiler for Photo 1 of 5:


Spoiler for Photo 2 of 5:


Spoiler for Photo 3 of 5:


Spoiler for Photo 4 of 5:


Spoiler for Photo 5 of 5:


sumber: http://www.jpnn.com/?mib=galeri&kd_f...953#ad-image-0
namanya juga tong kosong