alexa-tracking

Hal Yang Mengagumkan Sewaktu Ramadhan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57286004902cfe1b308b456f/hal-yang-mengagumkan-sewaktu-ramadhan
icon-hot-thread
Hal Yang Mengagumkan Sewaktu Ramadhan
Quote:Hal Yang Mengagumkan Sewaktu Ramadhan

Quote:thanks buat kaskus dan kaskuser ud jadi HOT THREAD lagiiii

Quote:Hal Yang Mengagumkan Sewaktu Ramadhan
Halo gan, ngga kerasa udah masuk bulan ramadhan bentar lagi.
Quote:Ramadan (bahasa Arab:رمضان; transliterasi: Ramadhan) adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya Alquran, mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca Alquran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri.

Selama bulan Ramadan, penganut agama Islam akan berpuasa setiap hari sampai Idul Fitri tiba. Ied artinya Hari Raya. Fithri berasal dari kata fathara artinya 'memecah, mengakhiri". Ied al-Fithri artinya Hari Raya Mengakhiri Puasa (Ramadan).

Hari terakhir dari bulan Ramadan dirayakan dengan sukacita oleh seluruh muslim di dunia. Pada malam harinya (malam 1 Syawal), yang biasa disebut malam kemenangan, mereka akan mengumandangkan takbir bersama-sama. Di Indonesia sendiri ritual ini menjadi tontonan yang menarik karena biasanya para penduduk (yang beragama Islam) akan mengumandangkan takbir sambil berpawai keliling kota dan kampung, kadang-kadang dilengkapi dengan memukul beduk dan menyalakan kembang api.

Esoknya tanggal 1 Syawal, yang dirayakan sebagai hari raya Idul Fitri, baik laki-laki maupun perempuan muslim akan memadati masjid maupun lapangan tempat akan dilakukannya Salat Ied. Salat dilakukan dua raka'at kemudian akan diakhiri oleh dua khotbah mengenai Idul Fitri. Perayaan kemudian dilanjutkan dengan acara saling memberi ma'af di antara para muslim, dan sekaligus mengakhiri seluruh rangkaian aktivitas keagamaan khusus yang menyertai Ramadan.

Salat tarawih

Pada malam harinya, tepatnya setelah salat isya, Kaum Muslimin melanjutkan ibadahnya dengan melaksanakan salat tarawih. Salat khusus yang hanya dilakukan pada bulan Ramadan. Salat tarawih, walaupun dapat dilaksanakan dengan sendiri-sendiri, umumnya dilakukan secara berjama'ah di masjid-masjid. Terkadang sebelum pelaksanaan salat tarawih pada tempat-tempat tertentu, diadakan ceramah singkat untuk membekali para jama'ah dalam menunaikan ibadah pada bulan bersangkutan. Setelah melaksanakan sholat tarawih, biasanya langsung di lanjutkan dengan sholat witir sebanyak 3 rakaat.

sumur : https://id.wikipedia.org/wiki/Ramadan


Di bulan penuh berkah itu banyak hal yang ane sukai gan. ane adalah seorang non muslim tapi ane mengagumi dan menghargai segala aktivitas yang terjadi di bulan ramadhan gan. bersyukur banget ane bisa menikmati keindahan dari majemuknya bangsa kita ini. apa aja sih? yukk langsung aja cekidot, semua berdasarkan hasil pengalaman ane ya gannn



Quote:Belajar Menghargai
Hal Yang Mengagumkan Sewaktu Ramadhan
Di Bulan ramadhan ane belajar menghargai umat yang melakukan puasa gan. dari kecil ane sudah terbiasa untuk menghargai temen2 dan tetangga ane yang menjalankan puasa. pernah waktu itu ane laper banget pengen makan gan,tapi temen ane puasa gan kita lagi kerja tugas bareng. ane putusin untuk menahan lapar sebagai bentuk solidaritas ane terhadap temen ane. ane tau mereka juga pasti lapar pulang sekolah ngga makan sama sekali. kita semua di ajar untuk saling menghargai gan. dan hal itu membentuk ane menjadi pribadi yang lebih peka terhadap lingkungan. Hal ini adalah hal yang fundamnetal gan dalam mempertahankan persatuan di tengah2 perbedaan.

Buka Puasa bersama
Hal Yang Mengagumkan Sewaktu Ramadhan
yah gan, biasanya klo temen atau tetangga ane buka puasa bersama ane juga di ajak gan untuk buka puasa bersama sesekali. kebayang ngga gimana rasanya? rasanya seneng banget gan walaupun ane bukan muslim tapi mereka tetap menghargai ane gan dan malah ngajak buka bareng. rasanya sangat menyenangkan gan hidup damai ama sesama. ini sangat membekas di hati ane gan sampai sekarang. kebersamaan itu makin tinggi dan tak ternilai harganya. rasa toleransi dan menghargai sesama makin tinggi.

Banyak yang jual jajanan berbuka puasa
Hal Yang Mengagumkan Sewaktu Ramadhan
nah, klo yg satu ini pasti tau. di tempet agan masing2 pasti ad daerah yang selalu rame waktu bulan puasa. rame dengan yg jual cincau, dawet, kurma dll. ane termasuk org yg suka nih klo bulan ramadhan dtg sorenya ane pasti beli jajanan ini. selain itu hal ini juga menjadi salah satu mata pencaharian dadakan gan. hal ini tentu mengagumkan gan karena ngga hanya yg muslim yang beli, yg non muslim juga banyak yang beliii.

Taraweh
Hal Yang Mengagumkan Sewaktu Ramadhan
Nah, ini gan biasanya abis taraweh yah banyak yang pulang ke rumah jalan kaki. jadinya kdg ane nimbrung ngobrol gan. semuanya membaur jadi satu gan, sambil ngobrol ngalur ngidul atau ada gosip terbaru di sekitar lingkungan, ngomongin poskamling, ibu ibu pkkk anak2 dengan gamenya atau komiknya, seru deh pokoknya yang ane rasain itu damai gan. ane bener ngerasa hidup ini sangat indah jika kita dengan sesama saling menghargai dan menghormati.

Sahur
Hal Yang Mengagumkan Sewaktu Ramadhan
ini yang ane kangenin gan.. waktu sahur ada yang keliling komplek ane sambil tereak sahur buat bangunin org sahur. ane juga kebangun gan kdg ngga bisa tidur lagi ane sambil ntn tv banyak acara tv sahur bersama kan. nah bagi ane hal ini indah gan karena itulah identiknya bulan ramadhan gann.semuanya diingatkan untuk tidak melupakan sahur.

Ngabuburit
Hal Yang Mengagumkan Sewaktu Ramadhan
Nah, ini juga yg ane suka gan, ntah sudah jadi tradisi atau gimana selalu ada tempet favorit buat nungguin sampe waktunya berbuka tiba. ane demen ni gan, ane juga nongkrong bareng temen2 ane sambil ngomongin masalah sekolah, tugas ataupun hal2 lain. selain itu kita juga dapat mendapat kenalan baru gan karena sering ane dapet tmn baru karena nongkrong di spot yang sama.

Nah, segitu dulu deh gan hasil pemikiran ane, masih banyak hal2 indah yang terjadi di bulan penuh berkah tersebut. Perbedaan itu adalah jalan menuju kedamaian

Quote:tambahan kaskuser : iklan marjan
Quote:Original Posted By abikus
mantap ente gan,saling menghormati jaln menuju kedamaian emoticon-Maaf Agan btw ane kangen juga sama mardjan the series emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By saitamakan
bulan puasa? pasti ada iklan marjan di TV emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By danzhuroid
Tanda tanda akan puasa,Iklan sirup bermunculan emoticon-Leh Uga


[QUOTE=rikiju;572ac58f1854f7b1078b4568]Iklan marjan gan ..
Skrg aje udah mulai nongol emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By joker1997
Hal Yang Mengagumkan Sewaktu RamadhanHal Yang Mengagumkan Sewaktu RamadhanHal Yang Mengagumkan Sewaktu Ramadhan





puasa ternyata lebih boros jajan... itu kalo ane gan, hehehehe
Puasa barengan pas Euro bukan gan? emoticon-Big Grin
Rindu bukber bray emoticon-Leh Uga
Ngabuburit paling seru tuh gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By arfanaditama666
Ngabuburit paling seru tuh gan emoticon-Big Grin


Sampe lupa waktu gan wkwkwk
Quote:Original Posted By manekenek


Sampe lupa waktu gan wkwkwk

Wkwkwk yoi gan emoticon-Ngakak
Bantu rate ahhh emoticon-Big Grin
kangen buka bersama brayy emoticon-Frown
gak terasa yah sebulan lagi emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By insanis
gak terasa yah sebulan lagi emoticon-Leh Uga


Iya gan ga kerasa tar 2016 dah lewat
paling di tunggu bukber emoticon-nyantai
inget iklan lejend menjelang ramadhan ma*jan dkk emoticon-Ngakak
inget pas waktu jadi anak kost kalau sedang tanggal tua setiap sholat magrib pasti nyari masjid yang nyedia in takjil atau makan berbuka, lumayan gan bisa untuk pengiritan. Satu lagi yang banyak dilakukan waktu bulan ramadhan yaitu tidur siang pas jam istiahat, itung-itung cari pahala. emoticon-Wakaka
ngabuburit sambil ngemil kuaci biar ga berasa nunggu maghribnya emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By spidcom_2000
inget pas waktu jadi anak kost kalau sedang tanggal tua setiap sholat magrib pasti nyari masjid yang nyedia in takjil atau makan berbuka, lumayan gan bisa untuk pengiritan. Satu lagi yang banyak dilakukan waktu bulan ramadhan yaitu tidur siang pas jam istiahat, itung-itung cari pahala. emoticon-Wakaka


Hahahaa iya gan bener banget leh uga ente
dan ingat, munculnya iklan marjan ... emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By manekenek


Iya gan ga kerasa tar 2016 dah lewat


iya nih 7 bulan lagi emoticon-Leh Uga
Coming Soon...
Bulan penuh rahmat dan magfirah... jadi semangat buat jalaninnya..
moga aja ga kepotong sama kegiatan luar lagi, puasa tahun 2015 dulu ga efektif, taraweh bolong2, bnyak yg kelewat pokonya emoticon-sad
Yang ane kangenin dari ramadhan itu semuanya, selain nanti ada euro. hehe
Banyak Godaannya gan hehehe
peduli amat dengan tritnya



yg penting gemboked emoticon-Cool