alexa-tracking

Jejak kuburan massal tragedi 65

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57285afed89b09b2798b456a/jejak-kuburan-massal-tragedi-65
Jejak kuburan massal tragedi 65
Jejak kuburan massal tragedi 65
Sejumlah nama tertulis di nisan kuburan massal eks anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) di Dusun Plumbon, Ngalian, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 6 Juni 2015. Kuburan massal yang berada di tengah hutan KPH Kendal ini mengubur 24 orang dalam 2 lubang besar.
Akhir April lalu, Menko Polhukam menantang sejumlah lembaga untuk menyerahkan data kuburan massal pembantaian anti PKI. Ia mempersilakan siapa yang yang punya data untuk disampaikan ke kementeriannya. "Kamu sampaikan dari Menko Polhukam, kapan saya pergi dengan dia," kata Luhut usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, akhir April lalu seperti dikutip Antaranews.com.

Menurut Luhut, kuburan massal itu, untuk pembuktian sekaligus meluruskan sejarah terkait isu pembantaian pengikut PKI pasca-tahun 1965.

"Selama ini, berpuluh-puluh tahun, kita selalu dicekoki bahwa ada sekian ratus ribu orang yang mati. Padahal, sampai hari ini belum pernah kita temukan satu kuburan massal," kata dia.

Tantangan itu akhirnya bersambut. Kemarin, Kementerian Polhukam menerima data adanya kuburan massal dari Yayasan Penelitian Korban Pembunuhan (YPKP) 1965 dan International People Tribunal. "YPKP memiliki bukti ada kuburan massal dan jumlahnya ada 122 titik," kata Ketua YPKP 65, Bejo Untung. "Itu baru 2 persen."

Dari 122 titik itu setidaknya ada 13.999 korban.

Jumlah itu, kata dia, hanya untuk wilayah Jawa dan Sumatera. Kata dia, kuburan massal korban pembantaian juga ada di wilayah Kalimantan, Bali, dan Sulawesi.

Bejo mengklaim data yang diberikannya itu cukup valid. Sebab, kata dia, data itu dikumpulkan berdasarkan saksi mata, korban dan pelaku yang membunuh para tahanan politik yang dibawa ke Sumatera.

Sementara pegiat hak asasi manusia (HAM) Semarang rencananya juga bakal memberikan data temuannya ke Menteri Luhut. Menurut Koordinator Perkumpulan Masyarakat Semarang untuk Hak Asasi Manusia, Yunantyo Adi, setelah pihaknya menemukan adanya kuburan massal di hutan Plumbon, Semarang, Jawa Tengah pada 2015 lalu, pihaknya juga menemukan lokasi lain. Di Plumbon ini diduga ada 24 mayat yang dikubur satu liang.

Sedangkan lokasi lain yang ditemukan, menurut Yunanto seperti dikutip Viva.co.id adalah:

1. Kuburan massal di hutan raya Desa Darupono, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Ditemukan ada dua kuburan berisi masing-masing sekitar 40 korban.

2. Kuburan massal di kebun karet PTPN IX Kebun Getas, Bringin, Kabupaten Semarang. Jumlah pasti belum diketahui, diduga mencapai puluhan.

3. Kuburan massal di Lapangan Tembak Tengaran, Kabupaten Semarang, jumlah korban belum diketahui.

4. Kuburan massal di Dusun Sombron, Desa Tlompakan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Jumlah pasti belum diketahui.

5. Kuburan massal di Gunung Buthak yang terletak antara Kecamatan Susukan dan Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Jumlah korban diperkirakan puluhan.

Yunanto mengklaim semua kuburan massal yang ditemukan itu cukup valid karena sudah melalui penelitian dan keterangan sejumlah saksi mata di sekitar lokasi. Bahkan satu kuburan massal yang ditemukan itu sudah diketahui identitas korban-korbannya sehingga langsung dipasangi nisan.

Sudirman, salah satu saksi jagal di hutan Plumbon menuturkan malam itu ia dan beberapa temannya diangkut truk dengan sebuah truk sampah ke lokasi pembantaian itu.

"Malam itu ratusan orang dikumpulkan dan diperiksa. Yang akan ditembak dijejer-jejer (berbaris). Saya salah satunya," kata Sudirman mengenang tragedi pembantaian massal pada tahun 1965.

Sudirman selamat. Karena saat ia akan ditembak, peluru aparat habis. Pria yang kala itu berusia 34 tahun itu pun kembali digelandang ke penjara di Kendal, Jawa Tengah. Ia kembali menjadi pesakitan. Pukulan dan tendangan sudah menjadi makanan hariannya.


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...sal-tragedi-65

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Jejak kuburan massal tragedi 65 Melacak jejak kuburan massal PKI dan simpatisannya

- Jejak kuburan massal tragedi 65 12 berita menarik dan penting pekan ketiga Januari

- Jejak kuburan massal tragedi 65 Ahli strategi dan teknologi anggota kelompok Santoso tewas

kasian ya... mereka belom tentu tau apa2 padahal...
luar biasa garapan mbah harto.! mungkin dia sdh di neraka level 99