alexa-tracking

[CASE CLOSED]Dana Bukalapak Hilang, Akun Diblokir Sudah 2 Hari

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57283782642eb68e158b4567/case-closeddana-bukalapak-hilang-akun-diblokir-sudah-2-hari
Dana Bukalapak Hilang, Akun Diblokir Sudah 2 Hari
sebelumya saya ingin menyampaikan detail saya terlebih dahulu
nama toko: Ombom Garage

sampai dengan siang ini (3 Mei 2016 jam 12:00 WIB) saya tidak bisa mengakses akun bukalapak saya. saya sudah coba meminta untuk reset password karena sewaktu login muncul pemberitahuan bahwa email/password tidak valid. setelah saya ikuti prosedur penggantian password, ternyata hasilnya sama saja? apa yang harus saya lakukan karena tidak ada pemberitahuan sama sekali dari pihak bukalapak?

informasi terkait akun saya yang mendadak tidak bisa diakses ini saya perlukan sekali mengingat masih ada permasalahan di akun bukalapak saya yaitu ada dana sekitar Rp. 714.000 dari bukadompet saya yang sudah saya laporkan ke bukalapak karena saya tidak merasa melakukan transaksi namun sudah dipakai oleh orang lain namun transaksi terkonfirmasi berhasil padahal di transaksi tersebut resi tidak valid. transaksi fraud tersebut dilakukan ke toko @muhammadtaufan11

kenapa saya bilang tidak valid? alasannya adalah bagaimana mungkin transaksi dilakukan jam 16:04, lalu seller dgn akun @muhammadtaufan11 mengkonfirmasi bahwa barang dikirim pukul 16.05 dan lalu jam 16.30 barang dikonfirmasi diterima oleh buyer (dalam hal ini dari akun saya, namun dilakukan oleh orang lain).

hal ini kontradiktif dengan apa yang saya alami seminggu lalu pada saat saya bertindak sebagai seller dan ada buyer yang membeli barang dari lapak saya. saya memiliki masalah dengan bukalapak dimana saya tidak bisa menerima dana yang seharusnya saya dapatkan dari hasil penjualan item dari lapak saya dengan alasan dari bukalapak bahwa resi yang saya kirimkan tidak valid. namun anehnya, transaksi yang dilakukan dengan akun@ muhammadtaufan11 dengan resi yg jelas-jelas tidak valid karena tidak bisa di-trace informasi pengirimannya sama sekali justru malah terkonfirmasi oleh sistem BL.

yang paling saya sesalkan adalah saya sudah melaporkan ke customer service via telepon (silahkan dicek recordnya) pada tanggal 30 April 2016 tapi tidak langsung direspon oleh BL dengan memblokir akun yang saya laporkan sehingga seharusnya bisa dihentikan fraudnya segera.

di samping itu, concern saya mengenai akses ke dalam akun saya juga saya butuhkan karena saya juga masih memiliki dana bukadompet saya yg belum saya cairkan dari transaksi lain dimana saya bertindak sebagai seller

demikian, mohon sekali bantuan dari tim policy bukalapak atau yang berwenang lainnya karena saya sudah menghubungi tim customer service di nomor 1500350 selama 3x dalam 3 hari ini yang ternyata hanya menghabiskan pulsa, waktu dan energi saya tanpa menghasilkan solusi apa-apa.

update:

per jam 20:39 tanggal 3 Mei 2016 sewaktu coba ubah password, akhirnya saya sudah bisa akses akun saya dan sudah melihat bahwa dana yang sempat dipakai oleh hacker sudah dikembalikan oleh BL

pun demikian dengan dana yg saya terima atas transaksi yg berhasil dr akun saya sudah masuk ke bukadompet

dengan demikian saya tinggal melengkapi dokumen utk pencairan dana yg hanya bisa dilakukan secara manual oleh BL

terima kasih BL utk responnya
Lagi rame bukalapak nihh..
Mdh2an ada klarifikasi lsgnya dari bang Billy
semoga. menemui titik terang
Berarti transaksi dilakukan orang lain, kena hack?


trus si hacker dapetnya apa? kan saldonya tetap di TS dan kalau mau withdraw ya ke rekening TS


*hmm saya cuma tanya aja kok
Quote:

iya menurut saya dihack oleh orang
saldonya sudah dipakai dan berpindah ke lapak @muhammadtaufan11 itu gan karena transaksinya menurut penjelasan CS sudah dikonfirmasi oleh sistem BL (ini yang paling saya sesalkan)


jadi si muhammad itu hanya memindah tangankan saldo agan? kog bisa sih gan lupa passwd atau gimana?
Amankan pajewaaann dulu aahhh

emoticon-Toast emoticon-Toast
Hi angan sonocosigrande

beserta agan dan aganwati sekalian Ombom Garage

Disini Billy mau melakukan klarifikasi terhadap permasalahan yang di hadapi oleh agan sonocosigrande ya, agan terdaftar di Bukalapak dengan akun Ombom Garage pada akun tersebut memang di nonaktifkan oleh team Bukalapak atas dasar laporan agan sonocosigrande pada tanggal 30 April 2016 kepada team Bukalapak atas indikasi akun agan sonocosigrande yang di bajak oleh seller dan melakukan transaksi 160273792964.

Billy konfirmasikan bahwa akun seller sudah di nonaktifkan dan saat ini demi kepentingan keamanan maka akun agan sonocosigrande Ombom Garage juga kami nonaktifkan sampai permasalahan terhadap pembajakan yang agan sonocosigrande alami selesai
saat ini permasalahan tersebut sedang dalam penanganan oleh team Policy Bukalapak dan sedang dalam tahap investigasi.

Hari ini Billy dan team Bukalapak sudah menerima kembali email dari agan sonocosigrande, mohon kiranya agar menanggapi email dari team Policy Bukalapak, karena Perihal Detail pengaktifan akun tersebut sudah kami jelaskan di detail email tersebut ya. emoticon-Smilie

oiya untuk agan dan aganwati sekalian di sini Billy juga sampaikan demi keamanan terhadap akun agan agar kiranya tidak memberitahukan UserID dan Password kepada orang lain, dan berhati-hati jika mendapatan email yang berisi tautan dari email yang tidak di kenal, dan agar tidak mengisikan UserID dan Password Bukalapak agan dan aganwati pada tautan email tersebut ya.


untuk agan dan agan wati sekalian jika ada permasalahan terkait transaksi agar dapat melakukan konfirmasi melalui

email : cs[at]bukalapak[dot]com
Twitter : @Billycare
Call center : 1500-350


Salam hangat
Customer suppor Bukalapak


emoticon-I Love Indonesia emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-I Love Indonesia
Quote:


respon bang billy di kaskus jauh lebih cepat daripada respon di email. why oh why emoticon-sudahkuduga

kalo hack sih sedang terjadi di banyak situs gan. dulu bank, sekarang BL, Toped dan Lajanda.
Quote:


@Billycare : Saya heran mengapa ecommerce Indonesia sepertinya belum ada yang menggunakan 2 STEP auth yah.. Harusnya problem spt ini bisa lebih di minimalisir lho. Monggo info dev-team-nya deh..
Quote:

bukan gan, dia beli barang dari fake seller dengan memakai akun saya dan dana dari bukadompet saya

saya ngga lupa password tp entah gimana si hacker bs tau password saya dan masuk ke akun tanpa saya sadari

Quote:


terima kasih atas responnya, paling tidak saya tahu ada kejelasan bahwa kasus saya sudah ditangani

saya sudah balas email balasan anda jam 17:29 pada jam 18:33.

please check email anda juga ya karena saya sudah mencoba langkah2 yg anda sarankan namun saya masih belum bisa masuk akun dengan password yg baru

mengenai syarat pencairan dana secara manual jg akan saya upayakan segera kelengkapan dokumennya setelah sampai di rumah

tambahan:
-saya tidak pernah memberitahukan password saya kepada orang lain
-saya jg tidak mengisi form apapun atau menerima tautan email yg dikirim ke saya mengenai penggantian password yg berujung pada password saya diketahui orang
- berdasarkan pengalaman kemarin melakukan kontak ke customer service, saya melihat BL belum membuat policy yg cukup bagus utk merespon secara cepat kasus seperti ini. terbukti dengan terkonfirmasinya transaksi yg fake meskipun akhirnya dibatalkan.
saya sempat melaporkan jauh sblm transaksi terkonfirmasi, namun informasi mengenai pemblokiran akun baru saya dapatkan pada telepon ke cs yg kedua di hari selanjutnya. mudah2an ini menjadi saran yg konstruktif bagi BL utk mendesign alur sistem penanganan kasus yg jauh lebih baik dan responsif


Quote:

ini juga menjadi pertanyaan saya gan
kirim email sudah 2 hari ngga dibalas kl ngga salah, akhirnya dibalas via thread ini dan juga email secara bersamaan
kl dilihat secara kronologis itu pun setelah saya komplain dgn membuat thread di kaskus dan mention via twitter
tp mudah2an itu karena BL membutuhkan waktu utk investigasi meskipun cukup bikin deg2an karena respon CS yg mengecewakan

Quote:

setuju utk usul ini gan
kebetulan ane jg punya concern soal security gini
makanya ane pasang gmail dan fb ane pake 2step authentication
mudah2an BL jg bisa menerapkan hal yg sama

Quote:


update:

per jam 20:39 tanggal 3 Mei 2016 sewaktu coba ubah password, akhirnya saya sudah bisa akses akun saya dan sudah melihat bahwa dana yang sempat dipakai oleh hacker sudah dikembalikan oleh BL

pun demikian dengan dana yg saya terima atas transaksi yg berhasil dr akun saya sudah masuk ke bukadompet

dengan demikian saya tinggal melengkapi dokumen utk pencairan dana yg hanya bisa dilakukan secara manual oleh BL

terima kasih BL utk responnya

Quote:

Entah bro.. Mau BL/TOKPED/BLI/LAZ/MM semua bablas.. Kasus Kartu Kredit seperti yg di LAZ bisa lolos (CC jangan di keep or keep no CCv2 deh) dan banyak juga BL yang barusan kena masalah fraud sangat berkurang ketika ada 2step auth. Apa mungkin yang pake akan lebih ribet notabene bikin males?


Quote:


Syukurlah bro.
Satu hal yang penting jika memang kita jujur tidak perlu takut selama ada bukti. Dan mengenai username yg digunakan orang lain

User Side
  • Share password -- simple dipahami, bro share password ya resiko sendiri
  • Menggunakan Public Access - Baik menggunakan warnet atau free-wifi-area. Saya heran orang Indonesia demen banget free wifi access; tanpa pengetahuan lebih justru itu bunuh diri kalau untuk commerce.
  • Check Your Device - Smarphone atau PC Rentan terhadap malware // Minimalkan install software bajakan atau untrusted software pada device yg digunakan
  • No Tor/Proxy Network - TOR ataupun proxy yang di provide oleh orang yg tidak bisa kita percaya atau yang biasanya free rentan untuk disadap


E-Commerce/ Company Side
Sangat technical saya hanya tulis 1 saja:
  • SecDev Suck - Awareness commerce Indonesia tentang security terlebih para coder biasanya kurang terasah. Yang penting jalan dan beres, simple sec test, load test & done emoticon-Smilie


Yg bisa kita improve adalah yang User Side untuk yg Company Side biar mereka yang mikir emoticon-Smilie

Selamat Berkerja Semoga Jualan Lancar; Untung Sedikit Tapi Enak di Badan emoticon-Smilie


Quote:


Baru dapat email dari BL... isinya begini..

[CASE CLOSED]Dana Bukalapak Hilang, Akun Diblokir Sudah 2 Hari

sama ga sih fitur TFA dengan 2 step authentication, gan?
Quote:



Yeap sama, eh sudah ada. BL mayan cepet deh. Bro yg pasti nomor Ponsel jangan mati saja. Kalau hilang segera blokir dan minta nomor baru. TFA BL Saya belum test, masih jengkel ama BL hahahaha