alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5728337c1854f7fb2d8b457a/ketimpangan-pajak
Ketimpangan Pajak
Assalamualaikum, salam sehat gan..buat yang kurang sehat ane do'a-in moga lekas baek..

Trit ketigax ane sebagai nubi di The Lounge..ane mau share pengalaman aja gan, yg menurut ane sih lumayan lucu juga..emoticon-Malu

Langsung aja gan..terimakasih kepada petugas SAMSAT Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan..tadi pagi ane abis bayar pajak motor ane gan..petugasnya ramah dan waktu pelayanan yang cepet sekitat 40 menitan kelarrrrr..emoticon-2 Jempol
Spoiler for samsat bsd:


Yang bikin agak lucu sih ketika diloket pembayaran gan..ada beberapa orang yang dipanggil termasuk ane..Bpk.A ngeluarin duit 4 jutaan krn bayar pajak mobil Bpk.B ngeluarin duit 500rb an untuk pajak motor sportnya Bpk.C ngeluarin duit 200an ribu untuk motor bebeknya...nah, giliran ane cuma keluarin duit 110rb gan padahal itu udah termasuk denda krn ane telat sebulan bayar pajak (lupa terus gan..emoticon-Malu (S))

Nah, setelah bayar ane masih nunggu loket berikut untuk ambil STNK. Di tempat tunggu, kami yang barusan bayar terjadi obrolan singkat
Spoiler for mulustrasi ruang tunggu:


Bpk.B : mas, maaf..pajaknya kok murah bgt mas..emg motor apa?

Ane : maklum pak, motor tua..hehehe

Bpk C : saya juga motornya tua mas, tapi pajaknya 200 an..

Ane : emg taun berapa pak?

Bpk C : taun 2008 mas

Ane : yah..pak, itu mah muda..motor saya taun 1983 pak

Bpk A sibuk mainin ipon 6..sekali sekali ngelirik ke dikit

Bpk B dan C kompak bilang "ooooo..pantes"
Spoiler for murah:

Spoiler for motor ane:


Disini hati ane ada sedikit pergolakan gan..kenapa kendaraan tua pajaknya murah bgt, padahal kendaraan tua jaman sekarang itu udah termasuk barang hobi yang penggunanya kebanyakan bukan dipake buat cari nafkah tapi lebih untuk kesenangan (untuk harian,ane pake ho*da matic), emisi lebih tinggi dibanding kendaraan baru..harusnya sih pajaknya yaaaa..minimal seimbang lah..ane ga sombong gan emoticon-Peace seandainya pajak motor tua ane kisaran 200rb an juga ga masalah gan krn motor tua taat pajak merupakan nilai plus bagi penghobi kendaraan tua dan seandainya kendaraan tua taat pajak itu dijual, harganya bisa dapet bagus..

Sekian trit ane..mohon maaf kalo ga berkenan emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus

sumur : pengalaman pribadi, foto pribadi dan mbah gugel
Wah kayaknya menarik nih
Ijin minyak
emoticon-Cool
sama gan ... kongo 63 ane juga cuma 57 rebu....emoticon-Ngakak

jd malu kalo di kencengin pake speaker.....
kalo ente mau bayar pajak gede
jual aja motornya beli yang baru
Bawah ane mungkin tau penyebabnya dan solusinya gan
yang jelas dulu ada yang sempat mewacanakan apa yang ente rasakan
siapa dia ??? ada deh

emoticon-Ngacir
wahhh... itu ruanganya boleh juga gan. emoticon-Leh Uga
itulah kelebihan dari motor tua gan
Quote:Original Posted By guanteng99
kalo ente mau bayar pajak gede
jual aja motornya beli yang baru

ini masalah yg ane rasain gan..ane pengen piara kendaraan tua,tapi nilai pajak setara dengan motor muda gan alasannya kenapa, silakan agan simak baik baik tulisan ane emoticon-Shakehand2 emoticon-Peace
Quote:Original Posted By fidodado
sama gan ... kongo 63 ane juga cuma 57 rebu....emoticon-Ngakak

jd malu kalo di kencengin pake speaker.....

salam motor kolot gan..emoticon-Shakehand2
Yg tua ya murah gan pajek nya, karna juga diliat dari harga motor tua yg ga semahal motor baru
Quote:Original Posted By Adamfachrizal
Yg tua ya murah gan pajek nya, karna juga diliat dari harga motor tua yg ga semahal motor baru



motor ane kalo dijual bisa dapet motor sport baru gan......emoticon-Ngacir
Karna motornya jadul mungkin perhitungan pajaknya juga masih ikut peraturan jadul taun jebot. Kasian juga tuh motor lama gak bisa kencengan dikit sama boros bensin, sparepartnya juga langka emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Adamfachrizal
Yg tua ya murah gan pajek nya, karna juga diliat dari harga motor tua yg ga semahal motor baru

motor ane juga kalo dijual bisa kebeli Yamahmud Byson seken gan..emoticon-Peace
yg puny mtor baru pd ngiri liat pajakny murah,,
mkany pake motor tua emoticon-Ngakak (S)
pada waktu motor yang tua baru keluar pajeknya dulu juga mahal, tapi karena sekarang sudah tidak baru lagi maka pajeknya terasa lebih murah dibandingkan dengan motor yang baru keluar sekarang. Pengenaan pajak berdasarkan nilai jual dari motor tersebut, motor dengan tahun tua dianggap harganya lebih murah dibandingkan dengan motor keluaran terbaru. Padahal kalau motor tua (antik) kadang harganya lebih mahal daripada harga motor baru.
wah pada taat pajak gan, cakep dah
Keknya sih tergantung nilai jual kembalinya (CMIIW), soalnya motor ente bukan masih kategori motor klasik, tapi emang tua emoticon-Ngakak (S) emoticon-Peace

Kalo cuma umur doang gak bisa jadi patokan juga sebenernya, misalnya nih mercedes benz taun 80-an, masa pajaknya mau sama murah dgn hijet yg juga keluaran 80-an...
Di sisi lain, emang pengguna hijet mau kalo pajaknya sama mahalnya dgn mercedes benz 80-an? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By spidcom_2000
pada waktu motor yang tua baru keluar pajeknya dulu juga mahal, tapi karena sekarang sudah tidak baru lagi maka pajeknya terasa lebih murah dibandingkan dengan motor yang baru keluar sekarang. Pengenaan pajak berdasarkan nilai jual dari motor tersebut, motor dengan tahun tua dianggap harganya lebih murah dibandingkan dengan motor keluaran terbaru. Padahal kalau motor tua (antik) kadang harganya lebih mahal daripada harga motor baru.

ane setuju gan..contoh :
Spoiler for :
sekarang motor beginian dengan kondisi bagus, surat lengkap harganya bisa tembus diatas 100jt gan emoticon-Takut makin lama harga makin tinggi..kalo motor baru malah makin turun
Quote:Original Posted By estidi
Keknya sih tergantung nilai jual kembalinya (CMIIW), soalnya motor ente bukan masih kategori motor klasik, tapi emang tua emoticon-Ngakak (S) emoticon-Peace

Kalo cuma umur doang gak bisa jadi patokan juga sebenernya, misalnya nih mercedes benz taun 80-an, masa pajaknya mau sama murah dgn hijet yg juga keluaran 80-an...
Di sisi lain, emang pengguna hijet mau kalo pajaknya sama mahalnya dgn mercedes benz 80-an? emoticon-Big Grin

betul gan..penetapan jumlah pajak emg dikalkulasi dari harga jual kendaraan tsb..tapi kan harusnya update gan kalo trend harga kendaraan lawas apalagi yg termasuk collector item harganya makin tinggi..motor ane,perkiraan harga jual menurut Dispenda sekitar 2,75jt..padahal kenyataannya harga di pasaran paling murah 6jt(kondisi butut bobrok) sampe ada yg tembus diatas 20jt..kalo kita ambil tengah2nya umpamanya 12,5jt..bisa diperoleh penetapan pajak seimbang dgn motor baru harga 12,5jt an...maaf kalo salah emoticon-Shakehand2
Bener gan,,, sma kyk di Singapura, semakin tua kendaraan maka pajak akan semakin tinggi. makanya disana umur kendaraan lebih dominan yang umurnya muda. kendaraan umur tua hanya dimiliki kolektor atau orang2 kaya ajah,,,,