alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/572812c15a5163ae2d8b4570/soal-game-online-pengembang-bukan-lagi-zamannya-blokir
Soal Game Online, Pengembang: Bukan Lagi Zamannya Blokir
Harusnya diberikan edukasi dan penerapan sistem rating.

Gagasan pemblokiran game online oleh Kementerian Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan (Kemendikbud) semakin berpolemik. Ada yang setuju dan tidak jika game online dikaitkan dengan perilaku buruk anak.
Bagi pemain industri game online, pemblokiran merupakan hal yang seharusnya tidak dijadikan usulan untuk menanggapi efek buruk game online. Menurut mereka, justru anak-anak harus di edukasi terkait dengan game online.

"Blokir-blokiran technically sudah enggak mungkin juga zaman sekarang. Jadi yang penting ada rating system dan masyarakat teredukasi akan itu. Jadi masyarakat perlu disosialisasikan terkait penggunaan game yang sesuai umur peruntukannya,” ujar CEO Agate Studio, Arief Widhiyasa kepada VIVA.co.id melalui pesan singkat, pada Senin 2 Mei 2016.
Lebih lanjut, Arif berpendapat, game sudah dianggap kebutuhan hiburan, semacam film dan televisi. Namun, yang terpenting lagi, katanya, adalah pemakaian game yang tepat sesuai kategori umur pengguna.

"Dan pertanyaan yang tepat adalah, apakah game-game tersebut harmful juga untuk kategori umur yang tepat? Rasanya sih jawabannya tidak, karena worldwide, game-game tersebut popular. Jadi challenge-nya bagaimana memastikan masyarakat aware bahwa game itu ada kategori umurnya dan perlu dipakai sesuai kategorinya,” jelas Arif.
Maka dari itu, ia pun mengusulkan, edukasi harusnya dimulai oleh orang tua di rumah. Ini melibatkan penngetahuan orang tua yang 'melek' dengan perkembangan media, baik game maupun yang lainnya. Bahkan, katanya, lebih mendasar kepada cara mendidik anak dan berinteraksi.

“Bagaimana memberikan reward dan punishment. Kita masih punya banyak PR dalam edukasi parenting in general,” katanya.
Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengatakan, ada hal positif dan negatif dari game online. Menurutnya, ada studi yang menyebutkan, anak yang terbiasa main game yang sesuai umurnya, ternyata mereka pengambil keputusan yang cepat dan berani, berlatihnya dari game.
Tetapi sebaliknya, jika anak-anak memainkan permainan untuk dewasa maka bisa menimbulkan dampak negatif. Mereka akan kecanduan karena adrenalin yang terpacu dan bisa berperilaku brutal

Seperti diketahui, dikutip dalam laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id, sebanyak 15 game online dinyatakan mengandung kekerasan dan berbahaya bagi anak-anak. Game tersebut yaitu World of Warcraft, Grand Theft Auto (GTA), Call of Duty, Point Blank, Cross Fire, War Rock, Counter Strike, Mortal Combat, Future Cop, Carmageddon. Shelshock, Raising Force, Atlantica, Conflict, dan VietnamBully.
Agate Studio merupakan pengembang game lokal berbasis di Bandung. Beberapa game buatannya seperti Sengoku IXA, Upin & Ipin Demi Metromillenium, Valthirian Arc II dan Football Saga.

http://teknologi.news.viva.co.id/new...amannya-blokir
yg pantes di blokir itu situs radikal agama yg bisa merekrut kaum muda untuk selanjutnya dilakukan program cuci otak untuk menjadi teroris.
Quote:Original Posted By drunkard.jp.
yg pantes di blokir itu situs radikal agama yg bisa merekrut kaum muda untuk selanjutnya dilakukan program cuci otak untuk menjadi teroris.


yang menjadi radikal itu pilihan, demi keutamaan jahad, dengan iming2 72 bidadara di neraka untuk umat yang berjahad emoticon-Wow
kalau sudah dicuci otak jadi pengantin bakal mengharumkan nama negara dan keluarganya emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By simet


yang menjadi radikal itu pilihan, demi keutamaan jahad, dengan iming2 72 bidadara di neraka untuk umat yang berjahad emoticon-Wow
kalau sudah dicuci otak jadi pengantin bakal mengharumkan nama negara dan keluarganya emoticon-Recommended Seller


itulah lucunya lihat agama yg suka promosi produk surga,keselamatan,pengampunan dosa

teroris online, misionaris online
dua2nya bajingan yg terkenal suka mencuci otak
Generasi warnet udah selesai sekarang say hello buat generasi alay pencium ketek emoticon-Big Grin
masih ada VPN knp mesti repot... :nyantai
bersyukur Dirty Bomb gak di blokir
Di barat malah sekarang mulai dikembangkan gamifikasi pada pendidikan.

Yaitu sistem-sistem yang membuat game adiktif seperti highscore, level-up, kompetisi, dll. diterapkan pada pendidikan.

Gamifikasi membuat anak belajar lebih cepat dan lebih semangat.
emoticon-Sundul Up
Kan ada vpn