alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57278719642eb6a5068b4567/terus-terang-atau
Terus Terang atau ... ?
Saya bukan orang yg religius. Masalahnya, ketika saya berbaur dg teman2 yg lain, saya harus "pura2" religius. Masuk kuliah ini, saya mulai cuek dan gak ikut sholat spt temen yg lain. Awalnya waktu pada nanya, saya jawab saya lagi males aja. Tapi masa saya harus jawab gitu terus? Apa saya jawab aja "saya gak percaya", atau pura2 sholat? Untuk jawab "gak percaya", saya khawatir dg respon teman2. Tapi kalo saya pura2 sholat terus, rasanya cape aja ngelakuin hal yg MENURUT SAYA tidak benar. Ada saran?
Sama sih gan ..
Ane juga gitu , jadi ga bisa kasih saran emoticon-Ngakak (S)
sy pribadi gk mempermasalahkan ibadah seseorang yg penting sifatnya baik dan gk menggangu.. ya tp klo mau shalat ttp saya ajak,terserah deh mau ikut ato kagak...

dripada ribet ibadah yg mnurut ts gk bener ya mending jujur aja.. spa tau ada yg mau nerima,kan enak juga tu punya temen yg gk neko2 dan pastinya ada jg yg menjauh karna ya mnkin takut ke bawa arah yg buruk(mindset kebnyakan orang indo,gk ibadah berarti orang gk bener)

ibadah tu adalah penghubung antara manusia dan Tuhan(bagi yg percaya) sedangkan penghubung antar manusia tu ya sikap,kebiasaan,hobi dan sejenisnya.. jdi gk ibadah blom tntu orang yg jahat,nakal dll..

buat ts sebaiknya jujur saja..klo mereka menjauh ya jelaskan klo ts gkkan menghalangi ibadah ataupun ngajak2 gk ibadah..

oh ya sikap ts ke temen2 yg lain gmna? akrabkah? sering ngobrol gak? .. yg pnting sopan bklan bnyak temennya..


emoticon-Cool
puraw sholat aja terus gan.. sampe suatu saat kamu tau manfaat sholat..

ato kamu mau nurut sama hawa nafsu buat nggak sholat..

ane sih nggak dukung klo kamu ninggalin sholat.
maap gak bisa ngasih saran gan takut salah emoticon-Turut Berduka
Terserah kamu emoticon-No Hope
Quote:Original Posted By ssw2102
Sama sih gan ..
Ane juga gitu , jadi ga bisa kasih saran emoticon-Ngakak (S)


Lingkungan agan kayak gimana? Super religius?
atheis kah ts, biasa gw liat atheis pinter2, rebel2, lah ini satu bloon betul. ga akan berubah nasib lu kecuali lu gerak maju/ngakuin kepercayaan yang sebenarnya, khawatir? takut? well orang penakut/lemah iman (iman ini iman yang sebenernya lu anut) memang ga punya banyak pilihan.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ”
agan muslim ?? kenapa gak mau sholat ..


kan sholat itu kewajiban & perkara yang pertama ditanya di alam kubur .

emang sih itu terserah agan tp banyak manfaatnya loh gan ... bisa bikin hati lebih tenang adem dan ibdah itu salah satu wujud rasa syukur terhadap alloh swt.
klo saran ane coba perdala agama ente gan.. emoticon-Embarrassment

terus terang jg g masalah sama teman2 ente...
klo mereka ketemen pasti ngasih solusi bukan ngejauhin.. emoticon-Embarrassment
mirip sama saia gan emoticon-Big Grin bedanya saia di lingkungan yg masih percaya hal2 takhayul atau mistis.
mending ga usah pura2 gan, biar enak buat nyari tau pikiran agan benar2 benar atau tidak. emoticon-Shakehand2
owh, klo aq sich pake alasan gini. misalnya ada kawan yg nanya sholat apa belum.
lagi M (Mualas), entar lagi, belum ada niat, tanggung kerjaan belum kelar, lagi malas keluar, lagi musuhan ama tuhan,udah dijamak qasar, kayaknya aq udah sholat dech, udah sholat koq (padahal belum)
Quote:Original Posted By kiyoesama
sy pribadi gk mempermasalahkan ibadah seseorang yg penting sifatnya baik dan gk menggangu.. ya tp klo mau shalat ttp saya ajak,terserah deh mau ikut ato kagak...

dripada ribet ibadah yg mnurut ts gk bener ya mending jujur aja.. spa tau ada yg mau nerima,kan enak juga tu punya temen yg gk neko2 dan pastinya ada jg yg menjauh karna ya mnkin takut ke bawa arah yg buruk(mindset kebnyakan orang indo,gk ibadah berarti orang gk bener)

ibadah tu adalah penghubung antara manusia dan Tuhan(bagi yg percaya) sedangkan penghubung antar manusia tu ya sikap,kebiasaan,hobi dan sejenisnya.. jdi gk ibadah blom tntu orang yg jahat,nakal dll..

buat ts sebaiknya jujur saja..klo mereka menjauh ya jelaskan klo ts gkkan menghalangi ibadah ataupun ngajak2 gk ibadah..

oh ya sikap ts ke temen2 yg lain gmna? akrabkah? sering ngobrol gak? .. yg pnting sopan bklan bnyak temennya..


emoticon-Cool


emoticon-Smilie kebetulan beberapa orang yg akrab dg saya itu anak2 ldk gan. Malah ada satu yg member hti (temen2 seangkatan saya bisa dibilang didominasi anak2 sgt religius, yg gak pake jilbab aja bisa diitung jari). Kalo ngobrol di luar agama sih fine2 aja. Tapi kalo udah ngomongin agama, saya merasa kayak alien. Selain "khawatir", sebenernya saya juga merasa canggung. Bayangin kalo pas ditanya gak sholat, terus saya jawab "saya gak percaya".. Urusan agama itu masalah privat bgt. Saya juga gak pengen bawa2 isu ini kalo gak ada masalah sholat. Apalagi buat saya, agama itu bukan persoalan penting.
Tapi emang lbh baik terus terang sih. Ada saran ngomongnya gimana? Di kepala saya, skenarionya lucu bgt emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By black1ce
puraw sholat aja terus gan.. sampe suatu saat kamu tau manfaat sholat..

ato kamu mau nurut sama hawa nafsu buat nggak sholat..

ane sih nggak dukung klo kamu ninggalin sholat.


Untuk terus sholat supaya tau manfaat sholat adalah hal yg tak bisa saia lakukan emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By thereisflower


Lingkungan agan kayak gimana? Super religius?


Ane mah merantau hidup sendiri
Ya jujur aja gan sama temen ente, ane jg muslim gan, ane jg udh 2 tahun ini udh jarang shalat karna awalnya tmpat kerja ane ga sedia in tempat shalat karna ane satu2nya muslim dikantor ane jd aga susah buat curi2 waktu sholat akhirnya ane jd keterusan hehe , cuma bedanya ane percaya sama tuhan ane, cuma ane nya aja yg bandel.
Temen ane mayoritas kristen sama budish dan ada beberapa temen ane jg ga percaya sama tuhannya, ya tp kita sebagai temen ya itu si hak lu dan kita ga pernah jauhin mereka.. Jujur lebih baik...
Jangan jadikan ibadah sebagai pencitraan
Kalo emang gak mau yaudah gausah lakukan
Toh juga agama adalah hal yang menyangkut pribadi dengan Tuhan

Kalo temen ajak ibadah, setidaknya berterima kasih pada mereka udah mengingatkan
Masalah melaksanakan atau tidak itu dikembalikan kepada masing-masing karena tiap individu bertanggung jawab atas segala perbuatannya di dunia.
ya terserah anda saja, mana yg anda anggap benar.
klo menurut anda sholat itu ga bener, ya udah ga usah sholat. ngapain jg repot2 ngelakuin sesuatu yg ga bener, ya ngga?
percaya kok sama sesuatu yg ga keliatan, ya ngga?
percaya tu sama sesuatu yg bisa dilihat, diraba, ditrawang, jadi jelas..ya ngga?

spt nyawa, itu kan ga keliatan, tp masih banyak aja yg percaya klo kita hidup itu krn bernyawa, sedangkan yg mati itu udah ga bernyawa. padahal kita hidup ya krn jantung kita masih berdetak, otak kita masih beraktivitas. klo jantung & otak kita berhenti bekerja itulah yg namanya mati. masalah knp kok jantung bisa berdetak, knp kok bisa berhenti, knp mayat yg jantungnya di-goyang2 kok tetep aja mati, ya masa bodo lah..ngapain mikir begituan, ya ngga?
Quote:Original Posted By topana
atheis kah ts, biasa gw liat atheis pinter2, rebel2, lah ini satu bloon betul. ga akan berubah nasib lu kecuali lu gerak maju/ngakuin kepercayaan yang sebenarnya, khawatir? takut? well orang penakut/lemah iman (iman ini iman yang sebenernya lu anut) memang ga punya banyak pilihan.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ”



Gini loh gan... Buat orang beragama, mengekspresikan agamanya memang penting. Tapi buat saya pribadi yg menganggap agama bukan persoalan penting, gak masalah "pura2 beragama". Ktp saya aja masih "beragama". Saya minta saran disini sbg pertimbangan tambahan aja. Tapi sebenarnya lebih ke eksperimen buat antisipasi respon teman2 saya. Soalnya saya tau, mayoritas di kaskus ini kan gak beda dg kondisi real yg orang2nya religius. emoticon-Smilie
Ngaku aja atheis sama temen-temen lo. Susah amat emoticon-Ngakak
Dulu kalo di rumah, waktu Ibu ane masih ada, dia pasti nyuruh ane salat tiap waktu masuk salat... Nah, skrg kalo ane ngerasa males salat, selalu ingat suara dia... Jangan sampe almarhum Ibu ane nongol trus ngingetin ane buat salat.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak