alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5727694a529a45036b8b456d/its-garasindo-siapkan-sepeda-motor-listrik-quotgesitsquot
ITS-Garasindo siapkan sepeda motor listrik "Gesits"
Quote:ITS-Garasindo siapkan sepeda motor listrik "Gesits"

Surabaya (ANTARA News) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bersama produsen kendaraan bermotor PT Garasindo sudah menyiapkan sepeda motor listrik yang mulai dipasarkan untuk masyarakat pada tahun 2018.

"Kami (ITS) sudah tuntas dalam melakukan risetnya, karena itu hasil riset berupa prototipe motor listrik akan diserahkan Menristekdikti Mohamad Nasir kepada Garasindo di Bengkel Molina ITS pada 3 Mei 2016," kata Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD di Surabaya, Senin.

Dalam acara mensyukuri prestasi untuk sepeda motor listrik yang diberi nama "Gesits" atau Garansindo Electrical Scuter ITS itu, ia menjelaskan penyerahan purwarupa (prototipe) motor listrik "Gesits" itu merupakan salah satu dari rangkaian kunjungan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) ke ITS terkait program hilirisasi hasil riset yang dilakukan ITS.

Ketua Laboratorium Mobil Listrik Nasional ITS Muhammad Nur Yuniarto menambahkan ITS sebagai lembaga pendidikan dan riset memang tidak sampai pada posisi untuk memproduski secara massal.

Tentang sepeda motor listrik "Gesits" itu, Nur Yuniarto menambahkan sepeda motor listrik yang dikembangkannya disiapkan untuk bersaing dengan sepeda motor matik yang mengonsumsi bahan bakar minyak, sehingga kecepatannya pun bisa mencapai 100 km per jam.

"Perbedaan paling mendasar dari Gesits dengan motor matik yang ada saat ini, yakni Gesits tidak memiliki knalpot dan suaranya halus. Yang jelas, motor listrik buatan negara lain itu hanya evolusi genjotan yakni gerakan menggenjot yang bergeser menjadi energi listrik, tapi kami benar-benar dengan baterai," katanya.

Namun, katanya, ITS juga sudah menjalin kerja sama dengan PT Emi Jakarta untuk mengembangkan "charge station" yang dapat dimanfaatkan untuk mobil listrik dan sepeda motor listrik.

"Kalau pengembangan motor listrik bekerja sama dengan PT Garasindo, maka pengembangan mobil listrik dengan PT Kharisma. Untuk controller, kami bekerja sama dengan PT Induktor Serpong," katanya.

Sepeda motor listrik yang memiliki desain menyerupai sepeda motor skuter itu berdimensi 1.904 x 687 x 1.086 mm (PxLxT). Roda yang digunakan yaitu 14 inchi dan dilengkapi oleh rem cakram depan belakang.

Untuk kemampuan baterai memiliki kapasitas 1980 Wh dengan maximum discharge 61,2 Ampere. Total waktu yang dibutuhkan untuk pengisian ulang cukup 90 menit dengan jarak tempuh 60-100 km.

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © ANTARA 2016

http://www.antaranews.com/berita/558...listrik-gesits

Gesits, Nama Motor Listrik ITS Garansindo

ITS-Garasindo siapkan sepeda motor listrik "Gesits"

Surabaya -Jika tak ada halangan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Garansindo akan meluncurkan purwarupa motor listrik. Motor itu akhirnya diberi nama Gesits. Gesits merupakan singkatan dari Garansindo Electric Scooter ITS (GESITS).

Motor ini rencananya akan diproduksi secara massal. Penyerahan motor listrik dari ITS ke industri yang akan memproduksinya direncanakan akan disaksikan oleh Menrsitekdikti Mohammad Nasir pada Selasa (3/5/2016) besok.

"Dalam kunjungan Menristekdikti ke ITS besok, ada beberapa agenda acara terkait dengan program hilirisasi hasil penelitian yang dilakukan oleh ITS. Satu di antaranya adalah menyaksikan penyerahan produk motor listrik karya ITS kepada pihak industri untuk diproduksi secara massal," ujar Rektor ITS Joni Hermana kepada wartawan, Senin (2/5/2016).

Ketua Laboratorium Mobil Listrik Nasional ITS Dr Muhammad Nur Yuniarto mengatakan, ITS sebagai lembaga pendidikan dan riset memang tidak pada posisi untuk memproduksi secara massal, melainkan hanya pada pengembangan teknologi dan desain. Sehingga untuk proses hilirisasi, ITS menggandeng pihak industri.

"Sedikitnya besok akan ada empat institusi yang akan menandatangani MoU dengan ITS terkait dengan pengembangan mobil dan motor listrik dalam rangka komersialisasi, mereka bergerak mulai dari penyiapan suku cadang, pengembangan pengisian baterai, hingga produksi kendaraan," ungkap dosen jurusan Teknik Meisn ITS ini

Bercerita tentang Gesits, Nur Yuniarto menambahkan, motor listrik yang dikembangkannya disiapkan untuk bersaing dengan motor matik yang mengonsumsi bahan bakar minyak, sehingga kecepatannya pun bisa mencapai 100 km per jam.

Ditanya perbedaan paling mendasar dari motor matik yang ada saat ini, Nur mengatakan bahwa GESITS tidak memiliki knalpot dan tidak harus melalui uji emisi karena penggeraknya menggunakan listrik.

"Meski kami segera menyerahkannya ke industri, riset yang dilakukan ITS terus berlanjut terutama untuk unjuk kemampuan atau uji performa," pungkas Nur.

http://oto.detik.com/read/2016/05/02...o991104topnews


wah smoga sukses deh d tahun 2018 nnt :nyantai
reserved sampai 2018 nnt ya... :nyantai
irit mana bayar listrik dan bbm dgn km yg sama?
Manthapps,, emoticon-thumbsup
Semoga sukses dan berharap nggak konslet pas banjir emoticon-Malu (S)
meluncur tanpa suara, tau2 bablas angine wusss emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By rama.biz
irit mana bayar listrik dan bbm dgn km yg sama?


Kapasitasnya sekitar 2 KWh, bisa menempuh 60-100 km. Kalau memang benar begitu iritan motor listrik dari segi biaya bahan bakar. cmiiw
Kita doain sukses mengaspal & bersaing dengan motor ber-BBM. emoticon-I Love Indonesia
Semoga harganya bersaing emoticon-Shakehand2
ai gesits ini kalo kena ujan ato genangan air ato banjir, berbahaya gak gan? takutnya pas kena ujan, tiba2 kongslet, nyetrum pengendara dll. kan kalo nyetrum bisa wassalam pengendaranya, trus kalo kongslet ya wassalam juga motornya.
Mantab mudah mudahan bisa sukses kaya mobil TESLA ameriki

emoticon-Angkat Beer
indo masih darurat listrik emoticon-Entahlah
Dancuk suangar rek emoticon-Wow
bakal dibegal ama raja raja kecil juragan minyak, selama masih ada yg tergila gila ama duit minyak, gak mikir kedepan, bakal susah kendaraan listrik
Kalau beneran bisa irit sih boleh juga emoticon-Wow



----------------------------------------------------------------------------------------------
"Untuk memahami Islam, anda harus memahami Muhammad", - ex muslim, Ali Sina
Understanding Muhammad (Ind) - by Ali Sina.Pdf
----------------------------------------------------------------------------------------------
Random Cendol diantara agan yang meng-quote saya ke page 1 emoticon-Blue Guy Peace
semoga ga dipolitisasi aja kaya esemka

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ntr gagal uji emisi lagi emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By astrofide.jr
bakal dibegal ama raja raja kecil juragan minyak, selama masih ada yg tergila gila ama duit minyak, gak mikir kedepan, bakal susah kendaraan listrik


Kalo minyak ga terlalu gan...... Yang berperan tuh atpm atpm.... Ahm yimm........ Mereka yang gerah......

Tapi menurut ane Juga belum terlalu.... Karena baterai li ion nya masih impor..... Kecuali baterai udah d produksi dalam negeri, itu baru wah banget....
ditunggu keluarnya
Quote:Original Posted By bret.pret
meluncur tanpa suara, tau2 bablas angine wusss emoticon-Ngacir


wkwkwk ini bahaya mobil/motor listrik jika belum terbiasa. mobil di bawah, bisa lari sampai 100km/jam hanya dalam waktu kurang dari 4 detik, TANPA SUARA
ITS-Garasindo siapkan sepeda motor listrik "Gesits"
gemboked emoticon-army
mohon dijaga mutunya