alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5727558a9a09514e6f8b456e/era-keemasan-musik-indonesia-dari-tahun-2000-hingga-2009
Era Keemasan Musik Indonesia Dari Tahun 2000 Hingga 2009
Bukan apa apa, tapi saya hanya ingin menceritakan apa yang saya lihat selama saya mengikuti perjalanan musik Indonesia sejak tahun 2000 sampai sekarang.

Era Keemasan Musik Indonesia Dari Tahun 2000 Hingga 2009
Dimulai tahun 2000 hingga 2002.

Ketika itu adalah masa masa kejayaan SHEILA ON 7, DEWA 19 & PADI. Saat itu, lagu Begitu Indah, Mahadewi, Sephia, Dua Sedjoli, Roman Picisan, atau Sahabat Sejati begitu populer pada saat itu. Bahkan, salah satu album SHEILA ON 7 bertitel Kisah Klasik Untuk masa Depan laku terjual lebih dari 1 juta kopi. Nasib serupa juga dialami oleh PADI dengan album keduanya, Sesuatu Yang Tertunda.

Lalu berlanjut ke tahun 2003 hingga 2005.

Setelah sukses dengan lagu berjudul Tegar, ROSSA, kembali sukses mempopulerkan hits berjudul Malam Pertama.

Era Keemasan Musik Indonesia Dari Tahun 2000 Hingga 2009
PETERPAN, yang sempat mengisi album Kisah 2002 Malam hadir dengan debut album Taman Langit dan mengandalkan hits single berjudul Mimpi Yang Sempurna. Seketika itu juga, album Taman Langit langsung laris terjual 650 ribu keping, dan nama mereka semakin melejit setelah merilis lagu Topeng, Aku dan Bintang, Semua Tentang Kita, dan Sahabat. Peterpan juga sempat memecahkan rekor konser promo album Bintang Di Surga di 6 Kota dengan sponsor salah satu merek rokok ternama dan tercatat dalam rekor MURI. Ditambah lagi, single single mereka yang diluncurkan ke pasaran selalu sukses merajai berbagai tangga lagu di banyak stasiun radio pada saat itu.

Dan begitu pula yang dirasakan oleh UNGU. Pertama dibentuk tahun 2002, kemudian sukses merebut hati masyarakat pecinta musik Indonesia dengan hits single berjudul Suara Hati & Bayang Semu ketika pertama kali hadir di blantika musik Indonesia.

Lalu kemudian, hadir TIA, salah satu jawara sebuah reality show di sebuah stasiun televisi swasta, sukses menembus pasar dengan menelurkan satu hits berjudul Adilkah Ini.

Saat itu, juga hadir lagu bertitel Kubenci Kau Dengan Cintaku yang keluar sebagai jawara sebuah reality show di sebuah stasiun televisi swasta, dan saat itu dibawakan oleh TITO, menjadi hits dan sempat bertengger di tangga lagu beberapa radio.

Dan akhir 2005, inilah saat pertama SAMSONS dan KERISPATIH tampil di dunia musik Indonesia, Samsons yang hadir dengan debut album Naluri Lelaki dan hits single dengan judul yang sama, sempat menduduki posisi jawara di berbagai tangga lagu di radio radio. Sementara Kerispatih, dengan album debutnya berjudul Kejujuran Hati yang mengandalkan hits single dengan judul yang sama, serta lagu berjudul Tapi Bukan Aku, dikenal dengan lagu lagu yang berkesan melankolis dan bercerita tentang cinta.


Era Keemasan Musik Indonesia Dari Tahun 2000 Hingga 2009
Lanjut lagi kita ke tahun 2006.

Setelah sukses dengan hits berjudul Naluri Lelaki, SAMSONS kembali sukses mempopulerkan Kenangan Terindah, Bukan Diriku , dan Akhir Rasa Ini, yang masih diambil dari album Naluri Lelaki.

Kemudian, setelah kesuksesan album Langkah Baru, salah satu grup band asal Banjarmasin, RADJA, kembali sukses meluncurkan album Aku Ada Karena Kau Ada dengan hits single Benci Bilang Cinta dan Ikhlas.

Lalu UNGU kembali hadir lagi berjudul Melayang dengan menjagokan lagu Demi Waktu, Melayang, Aku Bukan Pilihan Hatimu, dan sempat didaulat menjadi pengisi soundtrack film Coklat Stroberi dengan lagu berjudul Disini Untukmu.

Dan saat itu, bukan hanya RADJA, SAMSONS, & UNGU saja yang menikmati puncak kejayaannya. NIDJI, yang pertama kali muncul ke dunia musik Indonesia lewat debut album Breakthru yang mengandalkan single Sudah, Disco Lazy Time, Bila Aku Jatuh Cinta, Child, Kau dan Aku dan Hapus Aku, langsung melesat dalam waktu cepat. Begitu juga yang dirasakan oleh LETTO, dengan album Truth, Cry, & Lie yang menghadirkan beberapa hits seperti Sampai Nanti, Sampai Mati, Truth, Cry, & Lie, dan Sandaran Hati, nama mereka langsung melejit.

Era Keemasan Musik Indonesia Dari Tahun 2000 Hingga 2009
Selain NIDJI dan LETTO, 2006 juga merupakan awal karir BUNGA CITRA LESTARI di dunia musik Indonesia dengan album perdana Cinta Pertama mengandalkan hits single Cinta Pertama (Sunny) yang sekaligus menjadi soundtrack film Cinta Pertama dan Saat Kau Pergi, salah satu lagu yang menjadi original soundtrack film Dealova.

Dan kembali lagi ADA BAND dengan lagu Karena Wanita Ingin Dimengerti, Surga Cinta dan Haruskah Kumati yang diambil dari album Romantic Rhapsody sukses menjadi hits dan merajai berbagai tangga lagu di beberapa stasiun radio. Dan kebetuan juga, lagu Karena Wanita Ingin Dimengerti dipilih menjadi soundtrack sebuah film dan album Romantic Rhapsody disponsori oleh sebuah produk pembalut wanita.

Dan saat itu pula hadir KANGEN BAND dengan album perdananya yang berjudul Tentang Aku, Kau Dan Dia, yang menjagokan hits single dengan judul yang sama, dan band ini sempat menjadi bahan cercaan banyak orang.

Namun, semakin kuat cercaan yang mengalir pada Kangen, Kangen Band justru semakin terkenal.

Berlanjut ke tahun 2007.

Tahun 2007 ini, merupakan awal dari munculnya sebuah grup band yang menjadi side project milik Andra Ramadhan, gitaris grup band Dewa 19, yaitu ANDRA & THE BACKBONE, yang terdiri dari Andra Ramadhan & Stevi Item pada gitar dan Dedi Lisan pada vokal. Mereka meluncurkan album self titled di tahun 2007 dengan hits single Musnah dan Sempurna.

Mungkin kita masih ingat dengan lagu berjudul Makhluk Tuhan Paling Seksi, atau mungkin sudah lupa, mungkin untuk yang masih ingat, pasti anda tahu siapa yang menyanyikan lagu tersebut. Ya, pasca bubarnya grup RATU, MULAN JAMEELA, memilih menata kembali karirnya di dunia musik Indonesia sebagai penyanyi solo, yang merilis album debut berjudul Makhluk Tuhan Paling Seksi, dengan hits single dengan judul yang sama, sekaligus me-recycle lagu Musnah milik Andra & The Backbone, serta Bukannya Aku Takut milik Juilette.

Juga pada saat itu, hadirlah MATTA BAND yang berhasil mempopulerkan lagu berjudul Ketahuan yang bercerita tentang pengkhianatan cinta, dan lagu ini sempat booming. Ya, booming. Bahkan, lagu ini pernah dinyanyikan dalam versi dangdut. Bukan cuma lagu itu saja yang sukses dinyanyikan Matta, lagu Jatuh Cinta Lagi juga cukup sukses menjadi hits.

Tahun ini juga menjadi awal karir GITA GUTAWA, putri seorang komposer kenamaan Indonesia, ERWIN GUTAWA. Meluncurkan album self titled dengan komposisi 12 lagu dan hits single Bukan Permainan, Kembang Perawan, dan me-recycle salah satu lagunya Andra & The Backbone yang berjudul Sempurna. Dia juga pernah meraih penghargaan SCTV Music Awards 2007 untuk penyanyi wanita terfavorit & album pendatang baru terfavorit.

Hingga Tahun 2008

Awal tahun 2008, saat itulah hadirnya AFGAN, salah satu penyanyi pendatang baru saat itu, meluncurkan Confession No. 1 dengan hits single berjudul Terima Kasih Cinta dan Sadis. Lalu ada juga DMASIV, sang jawara sebuah reality show yang dibesut oleh Deteksi Production dan didukung oleh salah satu merek rokok ternama, A Mild Wanted 2007, hadir ke depan khayalak umum dengan merilis album debut Perubahan yang menjagokan hits single Cinta Ini Membunuhku dan Cinta Sampai Disini. Dan disinilah sebuah kontroversi terjadi, ketika sebuah stasiun televisi swasta menyebutkan sebanyak 7 lagu milik DMasiv menjiplak lagu milik band luar negeri kenamaan, seperi Muse, My Chemical Romance, Incubus, Switchfoot, dan sebagainya.

Kemudian, setelah kehadiran WALI BAND dengan album debut berjudul Orang Bilang dan hits single yang berjudul Dik, serta rilisnya album kedua ST12 yang berjudul P.U S.P.A pada pertengahan 2008, rasanya 2008-lah tahun ketika band band bergenre melayu mulai mendominasi dunia musik tanah air, dan semakin banyaknya band band yang sukses di jalur melayu seperti ST12, HIJAU DAUN, WALI BAND, dan KANGEN BAND membuat sebagian orang bertanya tanya:
Kok musik Indonesia sekarang lagu lagunya mendayu dayu mulu ?
Kok lagu lagu sekarang pasti isinya nggak lebih dari cinta dan patah hati mulu ?
Kok band band Indonesia sekarang pada banyak yang melayu ya ? Apa selera pasar yang bikin mereka kayak gitu ?

Dan sampailah kita di tahun 2009

Kevin Aprilio, anak dari pasangan Addie MS & Memes, bersama ketiga rekannya, membentuk grup band VIERRA, sebuah grup band yang mencoba tampil beda dengan mengusung aliran Power Pop Disney dan berpenampilan unik, serta vokalis dengan suara yang unik.
Namun, lagi lagi ada sebuah gosip tak sedap menimpa mereka, dikabarkan bahwa lagu lagi milik Vierra adalah hasil jiplakan.
Namun, kesetiaan Vierrania sebutan untuk penggemar Vierra menyemangati Vierra, hingga bisa terus sukses menjagokan beberapa hits single mereka di album debut Vierra, My First Love, yang pertama,Dengarkan Curhatku, lalu kemudian ada Bersamamu dan Perih, dan terakhir, Jadi Yang Kuinginkan.

Lalu sebuah peristiwa mengejutkan terjadi pada bulan Ramadhan tahun lalu. Pasangan Anang Hermansyah & Krisdayanti, yang sudah 13 tahun bersama dalam sebuah keharmonisan, akhirnya bubar, dan hak asuh terhadap kedua anak mereka dipegang oleh Anang Hermansyah. Tak kita sangka, pasangan yang selama ini kita kenal sangat harmonis dan seakan tidak memiliki masalah apapun pada keluarga mereka, ternyata bercerai.

Saat suasana inilah, Anang Hermansyah memutuskan untuk menandai perceraian mereka dengan sebuah single bertitel Separuh Jiwaku Pergi. Dan ternyata, sebuah fakta yang cukup membuat kita terkagum-kagum, RBT lagu tersebut didownload oleh lebih dari 1 juta pengguna ponsel di Indonesia, dan popularitasnya makin menanjak seiring duetnya dengan Syahrini dalam lagu berjudul Jangan Memilih Aku.

Baik, saya cukupkan saja cerita saya di sini, disini saya hanya ingin membagi pengalaman saya selama ini, dan sebetulnya tidak ingin menyinggung perasaan siapapun.
taon 2000an yang jelas ane sok2an jd anak metal bray emoticon-Betty
rada bingung emoticon-Bingung (S)
ini ngebahas musiknya aja atau sama masalah kehidupan penyanyi nya emoticon-Bingung (S)
Skr jamannya EDM Bray emoticon-Cool
minum mana minum...
hauuus emoticon-Cape d... (S)
Rindu band kaga ikut dibahas, terutama vokalisnya cukup kece untuk dibahas Era Keemasan Musik Indonesia Dari Tahun 2000 Hingga 2009
Era Keemasan Musik Indonesia Dari Tahun 2000 Hingga 2009

bikin kopi ah...
Taun 2010/2011 mulai muncul boiben emoticon-Betty
Kufaku ga ada bray? emoticon-Cool band membahana tuh emoticon-Ngakak
kangen ALEXA band emoticon-Mewek
weh mantep juga nih pengamatannya...band rock kagak ada gan?emoticon-Traveller
Semua musnah setelah era drum loops, EDM, dan teman-temannya. Sebenernya sah-sah aja pake begituan tapi kebanyakan musik di Indonesia malah jadi monoton. EDM mesti gandeng dangdut dengan tema liriknya atau judul lagunya tuh ngambil dari istilah-istilah yang lagi nge-trend (contoh: Sakitnya Tuh di Sini, dll). Jadilah lagu-lagu yang bikin cepet bosen.

Band-band yang agan sebutin di atas masih ada yang sanggup eksis contohnya Peterpan yang berubah jadi Noah & d'Masiv. Untuk Dewa 19 udah mati suri, Kangen Band juga gitu, Padi nggak tau gimana nasibnya setelah ada Musikimia, ST 12 nggak ada kabar setelah ditinggal vokalis & gitarisnya, Samsons & Kerispatih kehilangan tajinya karena ganti vokalis, sedangkan Ungu vokalisnya jadi wakil walikota, Sheila on 7 juga kurang menggaung sekarang. Palingan ya tinggal 4 band dari Musica doang yang masih bisa dianggap selamat (Noah, Nidji, d'Masiv, & Geisha).
Band-band baru juga kurang begitu mendapat tempat, gan.



Kalo solois makin banyak sekarang cuma ane nggak begitu paham. Hehehe
Ane kangen acara musik Mtv Indonesia gan..
Acara musik indonesia jaman sekarang uda kluarin dari channel tv ane.. soalnya tiba2 tv ane langsung kesamber petir pas ga sengaja kepencet acara musik skarang
musik taon segitu emang enak2 dan masih sangat membekas dihati pecinta musik
dimasa itu band2 mendominasi...dan rata2 laguny masih bagus2...taun stlahnya boiben gelben..gantian mendominasi....cman umurnye pendek....gag tau kenape mgkin kerana terlalu byk d expose,di cibir cem maho,gag solid,beda prinsip ato bayaran krg..alesan mo lanjutin study entah study biasa ato study tour... tauny maen sinetron.....gonta ganti personil...dah kek cap cip cup...
sorry bray, kiblat musik gw bukan band band yg TS kamsud..
emoticon-Cool
kalo dulu hidup untuk musik lain sekarang musik untuk hidup Era Keemasan Musik Indonesia Dari Tahun 2000 Hingga 2009
dulu emg kualitas musiknya keren2 gans, gak kayak sekarang
Bondan Prakoso & Fade 2 Black gak masuk? padahal lagu-lagunya melegend di hati ane emoticon-Nohope

Dan semenjak kemnculan boyband girlband, disitulah musik indo jadi kurang menarik. apalagi sekarang emoticon-Busa tapi untungnya sih sekarang masih ada beberapa lagu yang enak emoticon-Big Grin
Udah pada bnyak album karbitan
Dr segi lirik, kata kata yg di pakai terlalu mainsream
Paling gampang compare
Coba dengerin lagu dewa19 waktu msh ada ari laso sama dewa yg baru