alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57273ca29a0951bc7c8b4567/mau-nyicil-rumah-kpr-perhatikan-5-hal-ini-dulu-gan
Mau Nyicil Rumah KPR? Perhatikan 5 Hal ini dulu gan!
Gak sedikit masyarakat beli rumah pake KPR. Ane pun termasuk dalam masyarakat tersebut.
Tapi milih KPR bukan suatu hal yang mudah, karena banyak banget bank yang menawarkan KPR bunga rendah, KPR proses cepat, dan lain-lainnya. Ane sendiri dulu sampe bingung mau pilih KPR mana, tapi sekarang udah nggak. Dan kalo mau nyicil rumah, apa aja sih yang perlu di perhatikan?
Cekidot gan!
emoticon-Ngacir

1. Bandingkan Cicilan KPR
Mau Nyicil Rumah KPR? Perhatikan 5 Hal ini dulu gan!
Membandingkan cicilan ini jadi hal yang wajib dilakukan gan. Kita bisa medapatkan perhitungan cicilan dari kalkulator KPR, terus bandingkan dari setiap bank. Caranya ngitungnya juga gampang kok gan, kita cukup minta customer service beberapa bank untuk menanyakan simulasi bunga dan cicilan dari nominal yang kita pinjam, serta jangka waktu pelunasannya. Kebanyakan dari kita berpikir bahwa bunga rendah pasti cicilan rendah. Padahal gak juga gan. Karena mengiranya begitu, akhirnya kita hanya membandingkan bunga KPR dan gak membandingkan berapa sebenarnya jumlah nominal angsurannya yang dihasilkan dari perhitungan bunga tersebut. Karena bisa jadi bunga sama dan jumlah pinjaman sama, tapi angsuran berbeda karena cara perhitungan bunga yang berbeda antara satu bank dengan bank lainnya.

2. Jenis Bunga dalam KPR
Mau Nyicil Rumah KPR? Perhatikan 5 Hal ini dulu gan!
Ada dua jenis suku bunga, yaitu, tetap dan floating.
Suku bunga tetap ini membuat angsuran kita jadi tetap. Jadi cicilan KPR kita akan tetap meski bunga naik-turun gan. Sedangkan Suku Bunga Floating itu membuat cicilan kita mengikuti bunga pasar. Jika bunga pasar naik, bunga mengambang naik, cicilan ikut naik. Begitu pula sebaliknya, kalau turun, ya ikut turun juga. Bagi ane yang saat itu mengambil KPR, secara perhitungan, suku bunga tetap lebih menguntungkan gan, karena kalau dilihat, bunga pasar lebih sering naik daripada turun. Jadi Suku Bunga Tetap lebih menguntungkan karena cicilan kita akan tetap sama. Ane sendiri waktu itu jadinya ambil KPR CIM* Niaga, karena ada suku bunga tetapnya gan dan KPR juga bisa dihubungkan dengan rekening tabungan CIM* Niaga kita, jadi bisa dapet bunga lebih ringan dan bisa lunas lebih cepet.

3. Ketentuan Take-Over dan Pelunasan Dipercepat
Mau Nyicil Rumah KPR? Perhatikan 5 Hal ini dulu gan!
Take Over serta pelunasan dipercepat (pre-payment) penting banget buat dipahami kalau kita mau nyicil KPR. Karena siapa yang tau kalau kita punya rejeki lebih dan bisa lunasin KPR? Atau siapa yang tau juga kalau kita dipindah tugaskan kerja sehingga rumah gak ada yang nempatin dan pengen take-over jual rumah? Nah, sebelum ngajuin KPR, pastikan kita paham tentang syarat dan ketentuannya ya gan!

4. Perhatikan Developer Rumah KPR Tersebut.
Mau Nyicil Rumah KPR? Perhatikan 5 Hal ini dulu gan!
Ini juga penting gan. Jangan karena rumahnya keliatan bagus dan lokasinya bagus kita gak memperhatikan developernya. Asal-asalan milih developer, bisa jadi nantinya malah bikin kita repot dan rugi juga gan. Kita perlu mengutamakan reputasi developernya, misalnya Ijin Peruntukan Tanah : Ijin Lokasi, Aspek Penata-gunaan lahan, Site Plan yang telah disahkan, SIPPT (Surat Ijin Penunjukkan Penggunaan Tanah), nomor sertifikat tanah, surat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Surat Ijin Penggunaan Bangunan (IPB), sampe IMB nya. Apakah developer rumah kita sudah memiliki ijin-ijin tersebut? Banyak lagi pertimbangannya, tapi itu sedikit contohnya aja ya gan. Karena meskipun kita gak beli langsung lunas, kita kan tetap membayar rumah tersebut.

5. Hitung Biaya KPR
Mau Nyicil Rumah KPR? Perhatikan 5 Hal ini dulu gan!
Karena umumnya DP itu diluar biaya KPR gan. Nah, biaya KPR ini mencakup biaya penilaian, biaya notaris, akta jual beli PPAT, premi asuransi kebakaran, premi asuransi jiwa kredit, dll sampe SHM. Biaya KPR ini penting juga buat diperhatikan karena jumlah juga lumayan. Biaya KPR umumnya harus dilunasi sebelum akad kredit. Calon nasabah harus membayarnya dimuka sehingga diperlukan persiapan dana supaya KPR bisa dijalankan.



Kesimpulannya, kalau mau Nyicil KPR kita perlu banyak yang diperhatikan. Jangan asal milih bank dan jangan asal milih developer. Bagus atau nggaknya rumah kita nanti, sebenarnya kita juga kok yang menentukan.
Ada yang mau nambahin lagi tentang hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum ngajiun kpr?
Jangan lupa komengnya ya gan!
emoticon-Toast
Lumayan buat masa depan emoticon-army
Ente sales perumahan atau sales bank emoticon-Bingung
Thanks tipsnya gan, nabung dulu emoticon-Smilie
teliti sebelum nyicil bray emoticon-Cool
biar gak nyesel di kemudian hari emoticon-Jempol
Nice Info gan.
Kalo ane baca sekilas emang suku bunga tetap lebih menguntungkan ya gan.
Ini agan kapan ngajuin KPR CIM* Niaga nya gan? Sekarang masih ada suku bunga tetapnya gak ya? emoticon-Smilie
ntapz..
yg bikin bingung..semua menawarkan yg terbaik..
emoticon-Leh Uga
Mending tidur di rumah mertua emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By jqwerty
Lumayan buat masa depan emoticon-army


Betul gan emoticon-Jempol


Quote:Original Posted By rahmadhaihai
Waduh gagal pertamax emoticon-Leh Uga.

Ane mah bwli rumah langsung lunas gan emoticon-Leh Uga

jangan ada pertamax diantara kita emoticon-EEK!

enak kalo ada uangnya beli langsung,
kalo gaji pas-pasan kek ane apalah daya hanya bisa mencicil emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By satria116
Nice Info gan.
Kalo ane baca sekilas emang suku bunga tetap lebih menguntungkan ya gan.
Ini agan kapan ngajuin KPR CIM* Niaga nya gan? Sekarang masih ada suku bunga tetapnya gak ya? emoticon-Smilie

Iya betul.
Ini ngajuinnya tahun lalu gan. kalo sekarang gatau deh, mending nanya aja langsung ke banknya.
waktu itu ane sumbit data disini https://www.cimbniaga.com/in/persona.../mortgage.html terus dihubungi ama orang bank dan bisa tanya-tanya.
pinjem bank apa dana umum gan.
hati2 dikesempatan biasanya suka masuk sel apa bayar tagihan listrik ma razia polisi emoticon-Traveller
Banyak juga ya yang kudu diperhatikan emoticon-Matabelo

Nice thread gan, sekalian bikin tips panduan buat beli rumah dah emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By kruingputih2
Ente sales perumahan atau sales bank emoticon-Bingung

Ha? kok sales? ane hanya kaskuser biasa yang suka berbagi pengalaman gan emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By benci.kaskus
Thanks tipsnya gan, nabung dulu emoticon-Smilie

Sama-sama, semoga bermanfaat gan emoticon-Toast

Quote:Original Posted By adoel007
teliti sebelum nyicil bray emoticon-Cool
biar gak nyesel di kemudian hari emoticon-Jempol

Yaaak, betuuuulll! emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By reivenom
pinjem bank apa dana umum gan.
hati2 dikesempatan biasanya suka masuk sel apa bayar tagihan listrik ma razia polisi emoticon-Traveller


Tsaaaaah! emoticon-Ngakak

Maen monopoli gan? emoticon-Wkwkwk
Quote:Original Posted By antonp90

Ha? kok sales? ane hanya kaskuser biasa yang suka berbagi pengalaman gan emoticon-Embarrassment



Wuidihhh hebat emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By reivenom
pinjem bank apa dana umum gan.
hati2 dikesempatan biasanya suka masuk sel apa bayar tagihan listrik ma razia polisi emoticon-Traveller


Berasa kek lagi maen monopoli dia emoticon-Ngakak

Di monopoli kagak ada cicilan kpr sayangnya emoticon-Ngakak
mantep bray, bekal mas depan emoticon-Leh Uga
menurut gw kualitas rumah kpr itu kurang memuaskan. soalnya rumah dibangun tanpa tau komposisi bahan bangunannya itu sendiri.

tapi balik lagi ke selera dan kebutuhan masing-masing konsumen sih.
KPR itu kalo bisa cepet dilunasin Bang, begitu ada kesempatan.. Ngutang itu bikin capek.. emoticon-Big Grin
Pejwan ane Closed dulu Bray ,Mau Nyicil Rumah KPR? Perhatikan 5 Hal ini dulu gan!


Oke siap , ntapz tipsnya emoticon-Cool
Quote:Original Posted By marywiguna13
menurut gw kualitas rumah kpr itu kurang memuaskan. soalnya rumah dibangun tanpa tau komposisi bahan bangunannya itu sendiri.

tapi balik lagi ke selera dan kebutuhan masing-masing konsumen sih.



terus yg bgs apa gan??emoticon-Traveller emoticon-Traveller