alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57273afc98e31b3b1c8b4567/bantu-panti-asuhan-amp-jompo-berkat-kasih-immanuel
Love 
Bantu Panti Asuhan & Jompo Berkat Kasih Immanuel
Perkenalkan nama saya Andryanto Surya, saya bukan aktivis kemanusiaan, saya hanyalah karyawan swasta yang bekerja di bidang Digital Advertising, dan ini adalah cerita saya dan teman teman saya.


Bantu Panti Asuhan & Jompo Berkat Kasih Immanuel

Pada tanggal 23 April 2016, saya dan teman-teman saya mengadakan survey untuk melakukan aksi sosial berikutnya. Tempat yang kami akan datangi saat ini berada pada daerah Cilincing, Jakarta Utara, yaitu Yayasan Berkat Kasih Immanuel.

Lokasi lengkapnya: Jl. Kampung Sawah Blok B No. 16, Gang Swadaya I. RT 002, RW 011, Kelurahan Semper Timur, Cilincing Tanjung Priok - Jakarta Utara 14130.

Tempat ini merupakan tempat yang cukup terpencil dan berada pada jalanan yang hanya muat untuk satu mobil. Dan cukup sulit untuk mencari tempat ini karena memang tidak terdaftar atau tidak ada pada Google.com ataupun pada Google Maps. Jika ingin mencari daerah ini, kita harus menggunakan keyword "SMP Kasih Immanuel"

Tempat ini memiliki Panti Asuhan dan Pati Jompo. Untuk Panti Asuhannya dibagi menjadi dua, yaitu putera puteri, sedangkan untuk Panti Jomponya juga dibagi menjadi tempat untuk Nenek dan Kakek. Total untuk Panti Asuhannya kira-kira empat puluh anak dan untuk Panti Jomponya tiga belas orang. Lalu bila ditambah dengan pengurus panti dan anak dari pengurus panti, total semuanya adalah delapan puluh orang.

Awalnya Panti Asuhan dan Panti Jompo ini didirikan oleh Ibu Veronica Siswati dan suaminya. Tetapi setelah lima tahun menjalankan panti ini, suami dari ibu Veronica meninggal dunia dan sudah lima belas tahun ibu Veronica mengurus panti ini bersama beberapa pengurus panti.

Ketika berbincang-bincang dengan ibu Veronica bagaimana mengurus panti ini, beliau hanya menjawab,
Quote:"kami hanya hidup dari iman dan doa saja, karena sejujurnya kami belum mempunyai donatur tetap untuk membantu kami."
Lalu kami pun juga baru tahu bahwa SMP Kasih Immanuel pun juga diurus oleh ibu Veronica, selain daripada Panti Asuhan dan Panti Jompo.

Bantu Panti Asuhan & Jompo Berkat Kasih Immanuel

Ada beberapa hal yang cukup mengejutkan untuk kami ketika melakukan survey kemarin. Pertama, guru-guru yang mengajar di sekolah belum digaji selama tiga bulan karena memang belum mendapatkan donasi dari orang-orang. Murid-murid yang bersekolah pun adalah warga dari kampung itu sehingga mereka memang tidak membayar uang sekolah. Kedua, biaya untuk mereka (panti asuhan,panti jompo dan pengurus panti dan anak-anaknya) makan adalah Rp 500.000,- per hari. Berarti kalau kita kalkulasi lima ratus ribu dibagi dengan delapan puluh adalah Rp 6.250,-; biaya makan seorang dalam sehari. Untuk makan telur dalam sehari pun tidak akan cukup bila kita menghitung dalam sehari makan tiga kali. Ketiga, ada dua orang kakek yang tinggal di Panti Jompo selama empat tahun. Yang mengejutkan adalah selama empat tahun mereka tidak pernah beranjak dari ranjang mereka selain hari Minggu, untuk ke Gereja, itupun masih menggunakan kursi roda dan didorong untuk pergi ke Gerejanya.. Berarti dalam seminggu mereka hanya beranjak dari ranjag hanya sekali. Di panti mereka pun tidak ada hiburan sama sekali, bahkan TV pun tidak ada, jadi mereka memang hanya bisa tiduran. Ketika datang ke sana pun, kakek-kakek ini ketika tidur dihinggapi oleh laler dan (maaf) memang keadaan mereka cukup bau.

Bantu Panti Asuhan & Jompo Berkat Kasih Immanuel

Dengan budget makan mereka seperti yang sudah dijelaskan di atas, kita pasti tahu bahwa untuk makan saja mereka minim sekali. Ketika kami menghampiri ruang dapur untuk pengurus panti masak, kami cukup kaget menemukan satu keranjang daun singkong. Ketika ditanya untuk apa itu, mereka menjawab bahwa itu adalah sayur untuk kakek-nenek dan anak-anak panti makan. Daun singkong itu dipotong kecil-kecil dan dimakan menggunakan nasi saja. Dan kami tidak berani menanyakan sudah berapa lama mereka makan hanya dengan daun singkong saja.

Biasanya ketika kami mengadakan bakti sosial, kami memberikan Goody Bag yang berisikan peralatan sekolah. Ketika kami bermain dan bertanya dengan anak-anak di sana peralatan sekolah apa yang sedang mereka inginkan atau butuhkan, merea hanya menjawab,"Kami tidak memerlukan perlatan sekolah, Kak. Kami hanya lebih membutuhkan makanan daripada peralatan sekolah." Mendengar ini kami pun juga tidak tega dan sangat kasihan kepada mereka. Sehingga yang awalnya kami ingin memberikan goody bag seperti biasanya, kali ini mungkin kami akan lebih memberikan banyak makanan, terutama makanan yang bisa mereka simpan, sepertichicken nugget, dll.

Kami ingin mengumpulkan bantuan dalam bentuk apapun, seperti Makanan, Alat elektronik, Pakaian untuk panti ini. Kami yakin ketika kami melakukan ini hanya sendirian, tentu dampaknya tidak sebesar kalau kita bersama melakukan sesuatu untuk mereka.

Untuk bantuan selain dana tunai bisa di berikan ke saya
Andryanto dengan nomor telepon 087777578001, dan Jane 081297232910.

Dan untuk bantuan tunai, bisa disalurkan melalui website kitabisa.com yaitu https://kitabisa.com/bantuBKI
Apapun bantuan yang anda berikan, bahkan dengan hanya share post ini, kami sangat berterima kasih!
pertamax ga yah emoticon-Thinking
mantep bray semoga keikhlasan mendapatkan ganjaran yang setimpal emoticon-Cool
Bantu sundul aja deh gan emoticon-Sorry


wah, miris yak keadaannya
emoticon-Turut Berduka
miris bray ane ngeliat nya

M I R I S emoticon-Mewek
Gw demen nih nyang kek ginian bleeh emoticon-thumbsup
Semoga banyak dermawan yg membantu Bantu Panti Asuhan & Jompo Berkat Kasih Immanuel
emoticon-Sundul emoticon-Sundul emoticon-Sundul
ane bantu doa aja gan
semoga bnyk dermawan yg mau mengulurkan tangan gan..
Sebuah hari yang cukup menyentuh untuk saya.
Yayasan Berkat Kasih Immanuel, Sebuah panti yang hingga 20 tahun berdirinya belum memiliki donatur tetap hingga sekarang. Didirikan oleh VS Backer dan Alm. Suaminya..
Bisa saya katakan, Panti asuhan dan panti jompo ini adalah sebuah tempat yang bisa berdiri dan berlandaskan Iman kepada sang Pencipta. Mereka hingga saat ini memiliki beberapa gedung yang jika ditanya bagaimana mereka mendapatkannya, mereka hanya bisa menjawab itu adalah hasil dari doa dan puasa. Karena kenyataannya, panti ini hanya pernah membeli beberapa tempat kumuh tidak layak pakai daerah sekitar (ada beberapa gedung untuk menampung anak panti putra, anak panti putri, jompo putra, dan jompo putri) dan itu semua adalah pemberian dari orang-orang yang mereka namai “di utus Tuhan”. Dari cerita pertama tentang gedung ini, sudah cukup menarik perhatian saya akan panti ini.
Hingga saat ini, mereka sama sekali belum mempunyai donatur tetap karena masih banyak donatur yang belum berani mengambil keputusan untuk menjadi donatur tetap berlandaskan kepentingan pribadi mereka masing-masing. Dilihat dari sisi keuangannya, saya berencana untuk melakukan charity ke tempat itu di akhir bulan Mei ini, wajar jika kami bertanya apa yang panti ini butuhkan untuk anak2nya atau jomponya? Tidak seperti panti lain yang berkata kami ingin tas sekolah, kami ingin buku atau sepatu. jawaban mereka hanyalah, kami butuh makan. ( yup, itu menunjukkan dari kebutuhan pokoknya saja mereka keurangan) mereka bukanlah panti yang “aji mumpung” ketika ditanya butuh apa lalu menjawab uang tunai / alat2 elektronik dan sejenisnya. mereka hanya menginginkan kebutuhan pokoknya, adalah Makanan.
Hal ini cukup menyentuh saya, dengan total orang yang berada di panti adalah 80 orang termasuk semua anak panti dan pengurus, mereka memiliki budget makanan adalah 500.000 per hari, dan jika kita hitung budget makan mereka adalah 6250 untuk 1 hari makan ( pagi, siang, sore dan malam). Budget makan pagi mereka hanya 80.000 (sampai sekarang saya tidak tahu jenis makan pagi apa yang cukup 1000 per orang di jakarta). Terbukti, survey pertama saya makanan yang saya lihat adalah nasi dengan 1 bakul besar sayur nangka yang di potong kecil2 untuk 1 hari makan mereka. Wajar, dengan budget 500.000 per hari untuk 1 panti, jika untuk makan nasi dan telur ayam pun tak cukup jadi mngkin mereka hanya mampu membeli daun-daunan. Harus saya akui, kondisi jompo putra dan putri disana sangan mengenaskan dimana lebih dari setengahnya sangat kurus yang bisa dibilang hanya tulang yang terbungkus oleh kulit. Sedih, dengan makan seadanya aktifitas untuk jompo putra dan putri juga hanya bergereja dihari minggu dan dari senin sampai sabtu hanya terbaring di tempat tidurnya.
Setiap anak panti ataupun jompo yang ingin dititipkan disana, adalah gratis dan tidak dipungut biaya apapun. Mereka juga mempunyai sekolah yang dibuka bebas untuk anak-anak sekitar yang sekitarnya adalah perumahan kumuh dan cukup terpencil, sekolahnya pun gratis. Layaknya sekolah lainnya, mereka pun mempunyai guru untuk mengajar yang hanya dibayar dengan seikhlasnya. Tapi dengan semua masalah ekonomi yang dihadapi, guru-guru disana pun belum dibayar selama 3 bulan belakangan ini.. Tidak hanya makanan seadanya, guru yang belum dibayar, mereka pun mempunya tunggakan listrik dan air untuk bulan ini yang harus dibayar atau akan diputus pemerintah nantinya.
Dengan semua kekurangan mereka, mereka tetap memberikan bantuan ke warga sekitar, pendidikan dan tumpangan hidup gratis tanpa ada membeakan suku, agama, atau ras apapun.
Ketulusan hati, adalah 1 kata yang saya gunakan untuk VS Backer, pendiri dan kepala panti ini. sempat saya konfirmasi ulang, apakah panti membutuhkan alat elektronik seperti tv? jawaban mereka tetap tidak, kami masih bisa membutuhkan apa yang ada. Jika boleh tolong untuk sumbangan makanan, biskuit dan sejenisnya yang disumbang dan bisa dijadikan untuk stock. (harus saya ulang, panti ini benar-benar tidak aji mumpung atau memanfaatkan sumbangan yang akan diberikan, tetapi mereka memang benar-benar butuh bantuan kita). Ketika kita bisa membantu, mungkin adalah sejumlah yang tidak terlalu berarti (untuk kita) tetapi percayalah, sangat berarti untuk mereka Lets share
List Kebutuhan :

1. Beras 5 Karung 100 Kg

2. Telur 10 Peti

3. Susu Kental Manis 40 Kaleng

4. Gula 20 Kg

5. Garam 5 Kg

6. Minyak Sayur 10 Derigen 5 Kg

7. Mie Telur 100 Bks

8. Kecap Manis 10 Derigen 6 Kg

9. Teh 10 box

10. Detergen 10 kg

11. Sabun Pencuci Piring 20 Bks

12. Pembersih Lantai 20 Bks

13. Sabun Colek 10 Box 3 Kg

14. Shampoo 20 Botol

15. Sabun 20 Bks

16. Pasta Gigi 20 Bks

17. Sikat Gigi 80 Pcs

18. Chicken Nugget 30 Bks

19. Sosis Sapi 30 Bks

20. Bakso Sapi 30 Bks

21. 2 Televisi 32”

22. 1 Kulkas

23. 4 Kipas Angin

List kebutuhan yang mungkin dibutuhkan, Kalau ada yang perlu proposal, bisa email ke aku ryan.dehistorimaker@live.com

Terima Kasih
Ane bookmark dulu gan. Ntaremoticon-Coblos kalo ada rejeki ane hubungin ente yah.....
Hebat gan emoticon-2 Jempol

emoticon-Sorry ane blum bisa bantu gan, dengan doa aja yah gan emoticon-Nyepi
Quote:Original Posted By yessiko
Ane bookmark dulu gan. Ntaremoticon-Coblos kalo ada rejeki ane hubungin ente yah.....


Bantu sundul ane jg udah terima kasih banget

Quote:Original Posted By mulivw
Hebat gan emoticon-2 Jempol

emoticon-Sorry ane blum bisa bantu gan, dengan doa aja yah gan emoticon-Nyepi


Bantu sundul aja broh!
Quote:Original Posted By RyanFrontier


Bantu sundul ane jg udah terima kasih banget



Bantu sundul aja broh!


emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul


emoticon-Sundul

emoticon-Sundul
emoticon-Sundul emoticon-Sundul
List Kebutuhan :

1. Beras 5 Karung 100 Kg

2. Telur 10 Peti

3. Susu Kental Manis 40 Kaleng

4. Gula 20 Kg

5. Garam 5 Kg

6. Minyak Sayur 10 Derigen 5 Kg

7. Mie Telur 100 Bks

8. Kecap Manis 10 Derigen 6 Kg

9. Teh 10 box

10. Detergen 10 kg

11. Sabun Pencuci Piring 20 Bks

12. Pembersih Lantai 20 Bks

13. Sabun Colek 10 Box 3 Kg

14. Shampoo 20 Botol

15. Sabun 20 Bks

16. Pasta Gigi 20 Bks

17. Sikat Gigi 80 Pcs

18. Chicken Nugget 30 Bks

19. Sosis Sapi 30 Bks

20. Bakso Sapi 30 Bks

21. 2 Televisi 32”

22. 1 Kulkas

23. 4 Kipas Angin
bantu sundul gan