alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5727310a12e257f25a8b4567/kebijakan-ahok-ini-dianggap-terobosan-tetapi
Kebijakan Ahok Ini Dianggap Terobosan, tetapi...
Kebijakan Ahok Ini Dianggap Terobosan, tetapi...
Maket jembatan layang di Bundaran Semanggi yang pembangunannya resmi dimulai, Jumat (8/4/2016).


JAKARTA, KOMPAS.com — Kebijakan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama soal kompensasi penambahan koefisien lantai bangunan (KLB) dinilai sebagai terobosan baru.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 175 Tahun 2015 tentang Pengenaan Kompensasi terhadap Pelampauan Nilai Koefisien Lantai Bangunan.

Namun, menurut Koordinator Divisi dan Analisis Anggaran Indonesia Corruption Watch (ICW) Firdaus Ilyas, kebijakan tersebut harus diawasi secara ketat.

"Yang perlu dilihat ini salah satu model terobosan, tetapi juga dilihat ketaatan dalam tata kelola keuangan daerah," kata Firdaus Ilyas saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Menurut dia, kebijakan semacam ini belum diterapkan di pemerintahan daerah lain.

(Baca: Tanggapi Kritik, Ahok Tegaskan Sudah Ada Kajian soal Simpang Susun Semanggi)

Firdaus menyampaikan bahwa kerja sama pemerintah dengan pengembang semacam itu belum diatur dalam peraturan di daerah lain.

Di daerah lain, menurut dia, kerja sama semcam itu hanya sekadar kesepakatan "tahu sama tahu".

Sementara itu, di DKI Jakarta, Ahok membuat konsep tersebut menjadi sebuah peraturan tersendiri.

Melalui aturan itu, pengembang diminta untuk membuat fasilitas umum dan fasilitas sosial jika ingin menambah KLB.

Pembangunan fasilitas itu juga berdasarkan kebutuhan dari Pemprov DKI Jakarta.

"Nah memang satu pertanyaannya apakah ini tidak dimasukkan ke mekanisme APBN atau APBD. Karena kalau kita bicara political budgeting APBD, semua juga kan harus dibahas dan disetujui bersama oleh legislatif," kata Firdaus.

Normalnya, lanjut dia, kompensasi itu harus dibahas bersama DPRD dan dituangkan dalam APBD.

Namun, jika dikaitkan dalam bentuk hibah, perlu dilakukan sertifikasi aset. Adapun sertifikasi itu bertujuan menilai secara ekonomis berapa harga bangunan tersebut.

Firdaus juga menyampaikan, konsep hibah itu masih menyisakan pertanyaan, salah satunya terkait pelibatan DPRD.

Pemprov juga dinilai perlu memperhatikan persoalan penambahan KLB dalam suatu kawasan.

Aspek tersebut seharusnya sudah diatur dalam peraturan gubernur yang diteken oleh Ahok.

"Nah, apakah nanti juga memungkinkan penambahan KLB tidak sesuai peruntukan dan tidak sesuai standardisasi keamanan," kata Firdaus.

Selain itu, menurut dia, perlu dilakukan verifikasi nilai kompensasi KLB. Verifikasi itu untuk menilai apakah nilai kompensasi sudah sesuai atau belum.

"Karena ini diserahkan ke pengembang, nanti apa betul nilai aset serah terima perolehan sama yang diklaim pengembang. Pengembang bilang ini sekian ratus milar. Setelah di-asessment nilainya enggak segitu," kata Firdaus.

Salah satu proyek yang berasal dari kompensasi penambahan KLB adalah Simpang Susun Semanggi. Proyek itu dibangun oleh PT Mitra Panca Persada.

Dana pembangunan simpang susun itu senilai Rp 345 miliar.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...obosan.tetapi.

nah lo, daerah lain gimana dah tuh. bikin uu nya dong
Pertamax KAH emoticon-Cool
Wih, bagus jg idenya, ini supaya mempercepat pembangunan infrastruktur jakarta juga
Quote:

KPK Didesak Segera Tindaklanjuti Hasil Audit Temuan BPK

Selasa,3.5.2016

Puluhan massa dari Laskar Kampung Luar Batang saat berdemo di depan gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/5). Mereka meminta KPK mengusut hasil audit temuan BPK yang menyeret AHOK. Foto: Ricardo/JPNN.com

Spoiler for Photo 1 of 5:


Spoiler for Photo 2 of 5:


Spoiler for Photo 3 of 5:


Spoiler for Photo 4 of 5:


Spoiler for Photo 5 of 5:


sumber: http://www.jpnn.com/?mib=galeri&kd_f...953#ad-image-0
mantep ya.. emoticon-Cool
keren.......emoticon-Cool

btw di atas nasbung ada nyang blon bs mup on dari sumber waras....kasian...emoticon-Mewek
Ahok udah pernah bilang, kalo dari pengembang akan dilakukan appraisal oleh lembaga independen jadi kalo ngaku2 2M nanti di appraise cuma 600 jt ya dicatatnya 600 juta aja.

Get your facts straight!
×