alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57272afb50741094248b4575/dprd-dki-sarankan-pengolahan-sampah-di-jepang-diterapkan-di-jakarta
DPRD DKI Sarankan Pengolahan Sampah di Jepang Diterapkan Di Jakarta
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kunjungan kerja DPRD DKI Jakarta ke Tokyo, Jepang, mempelajari mengenai pengelolaan sampah, transportasi, dan reklamasi.
Sistem di Jepang tersebut disarankan bisa diterapkan di Jakarta.

Sampah dan Reklamasi
Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta Abdul Ghoni menjelaskan sistem pengolahan sampah di Jepang begitu baik.
Bahkan, sampah atau limbah digunakan sebagai bahan reklamasi.
Pulau yang menggunakan sampah untuk reklamasi, yakni Tokyo Bay di Jepang.

"Sampah diolah menjadi serbuk untuk bahan reklamasi. Sekarang itu sudah menjadi 20 ribu hektar," ujar Ghoni di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (2/5/2016).

Di Jepang, kata Ghoni, warga disiplin untuk membuang sampah. Hingga ada hari tertentu untuk membuang sampah organik dan non organik.
"Hari ini plastik, besok kertas," imbuh dia.

Dari usia dini, Pemerintah Jepang sudah memasukan pengolahan sampah dalam kurikulum sekolah.
"Di Tokyo ada kurikulum di sekolah. Anak-anak diberitahukan, itu luar bisa," ucapnya.

Transportasi
Ghoni menyebut Jepang terutama Tokyo merupakan kota yang padat penduduk.
Meski begitu, pemerintah di sana berhasil meminimalisir kemacetan.
Caranya, transportasi umum difokuskan di bawah tanah, satu diantaranya subway atau kereta api bawah tanah.

"Dinas Perhubungan di sana yang mengelola subway. Setiap hari ada 5.800 gerbong yang harus dilakukan penjadwalan-penjadwalannya. Di sana mempergunakan subway, karena mayoritas pergerakan masyarakat di bawah untuk transportasi," jelasnya.

Menurutnya, subway cocok di Jakarta.
Kata dia, enam ruas jalan tol di Jakarta bukan solusi mengatasi kemacetan Ibu Kota. Subway dinilainya bisa mengatasi padatnya jalan raya Jakarta.
"Saya rasa bisa mengatasi kemacetan, karena Jakarta padatnya di atas," ucapnya.

http://www.tribunnews.com/metropolit...jakarta?page=3

1. DKI tidak ada lahan luas buat TPA, bantargebang udah ok lagi proses ambil alih
2. grindra bukannya menolak reklmasi?
3. MRT dki 2018 beroperasi

kunjungan yang sia2 emoticon-2 Jempol
komen gw, GAK AKAN BISA!!!!

asal lu tau buang sampah dijepang aturannya ribet dan detil buat

mikir buat buang ditempatnya aja ga bisa, gmn mau milah milah buang sampah ala jepang
abis disortir tapi perlu beli sampah dari masyarakat kan?
kata dprd di jepun jenis sampah yg dibuang ada hari2nya
ntar di sini ada harinya khusus buat buang kasur dong
Kok saran nya dprd standar banget ya? Saran model gitu mah tinggal nanya aja sama kedubes indonesia di jepang...atau mahasiswa indonesia di jepang yg ngambil jurusan teknik/ilmu lingkungan...
Ya kalo reklamasi nanti dilanjut, pake aja sampah buat bahannya
Sungguh Kunker yang tidak sia-sia
emoticon-Leh Uga
maksud tersembunyi, dprd dki ingin mengadakan kunjungan kerja ke jepang
Halah.. Bantar gebang disengol dikit aja koar2 mimpi muluk2
harakiri di jepang terapkan di dki pak..
Mangap betul
Sosialisasikan dulu deh sampah organik ama non-organik, masih banyak yg tak paham betul emoticon-Wakaka
yang bangkotan mungkin agak susah yaa mikirnya mau buang kemana. jenis sampah aja kaga tau

baiknya diterapkan sejak dini tentang persampahan. agar generasi selanjutnya bisa lebih peduli terhadap kebersihan

pesan ane yang bangkotan jangan buang sampah sembarangan aja. bodoamat mau dimasukin ke organik non organik dsb. yang penting gak ngotorin jalan & kasi contoh yang baik

emoticon-Cool
ngajarin warganya buat buang sampah ke tempatnya aja masih susah
Kunker yg sia2kah?

emoticon-Traveller
Lukira orang jakarta segampang itu apa,orang mau di realokasi ke tempat yg lebih baik aja susah bgt !!
mestinya sampah warga dki dikelola dimulut anggota hewan.
Kita apresiasi oleh kunker kenjepang nya. Terima kasih pak dewan emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By Darpox
Kok saran nya dprd standar banget ya? Saran model gitu mah tinggal nanya aja sama kedubes indonesia di jepang...atau mahasiswa indonesia di jepang yg ngambil jurusan teknik/ilmu lingkungan...


dubes jepang ga jelas emoticon-Embarrassment
bisanya maen twitter doang emoticon-Embarrassment
udah gt doank? emoticon-Bingung (S)
gada inovasi emoticon-Nohope
emoticon-Cool
×