alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/572712bed89b0951148b4567/berantas-mafia-proyek-ipw-dorong-masa-berlaku-sim-stnk-seumur-hidup
Berantas Mafia Proyek, IPW Dorong Masa Berlaku SIM-STNK Seumur Hidup
Ketua Presidium Indosia Police Watch, Neta S Pane mendorong Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan agar SIM, STNK, BPKB, dan TNKB masa berlakunya seumur hidup. Usulan tersebut berkaitan dengan pernyataan Presiden sendiri mengenai buruknya pelayanan SIM, STNK, BPKB, dan TNKB.

“Buruknya pelayanan di lingkungan lalu lintas akibat terlalu banyaknya kepentingan yang bermain, mulai dari kepentingan tingkat tinggi dalam proyek pengadaan hingga kepentinggan tingkat bawah, yakni percalonan,” terang Neta dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/5).

Apabila permainan tersebut masih mengkooptasi lingkungan Lalu Lintas Polisi, IPW pesimis pelayanan SIM, STNK, BPKB, dan TNKB ke depan akan berjalan ideal sebagaimana diinginkan Presiden.

Salah satu cara untuk memutus mata rantai tersebut adalah dengan menjadikan masa berlaku seumur hidup untuk SIM, STNK, BPKP dan TNKB. Sehingga praktik percaloan bisa dipangkas. Selanjutnya proses pengurusan atau pembayaran pajak harus dilakukan lewat bank, misalnya dengan ATM.

Selama ini, ungkap Neta, proyek pengadaan untuk SIM, STNK, BPKB dan TNKB nilainya lebih dari Rp1,3 triliun dalam setahun. Besaran itu menjadikan pengadaan incaran mafia proyek. Tahun 2015 misalnya, proyek pengadaan materiil STNK Rp285,8 miliar, BPKB Rp274,8 miliar, dan TNKB Rp370,9 miliar.

Begitu juga, jika SIM, STNK, BPKB, dan TNKB diperpanjang dalam periode tertentu, aksi percaloan akan marak. Oknum-oknum tertentu cenderung memperlambat proses pengurusan agar masyarakat mengeluarkan dana ekstra untuk calo atau pungli.

“Di banyak negara masa berlaku SIM dan lain-lain, umumnya seumur hidup dan pengawasannya diperketat dan hukuman bagi pelanggarnya sangat tegas,” kata dia.

Harapan Presiden, menurutnya bisa diwujudkan melalui pemberlakuan SIM, STNK, BPKB, dan TNKB, sekaligus memperbaiki citra polisi ke depan. Terlebih saat ini pimpinan jajaran Korlantas dari pusat hingga daerah, terutama di lingkungan Polda Metro Jaya sudah diduduki pejabat baru.

“Jika mereka tidak mampu membawa perubahan yang diinginkan Presiden, sebaiknya segera dicopot dan diganti dengan pejabat yang berkomitmen tinggi,” demikian Neta.

http://www.aktual.com/berantas-mafia...-seumur-hidup/
ngoahahahahahah..........................hap
emoticon-Leh Uga
boleh jg tuh
Ane dukung program nya
kalo bisa sebelum 2018 dah mulai, biar nggak ngantri ngyrys perpanjangan SIM lagi
Obyekan bakalan punah nih...
emoticon-Wakaka
Kalo SIM STNK Seumur hidup bisa2 harga menu Razia jadi bertambah gaan.,!!

Pak pulosi jadi doyan....

Berantas Mafia Proyek, IPW Dorong Masa Berlaku SIM-STNK Seumur Hidup
Model begini ane dukung emoticon-2 Jempol

Kalau SIM oke, kalau STNK usaha penjamin BPKB dan leasing kira-kira setuju juga ndak? emoticon-Shutup
Gausah gitu juga sih. Cukup semuanya dibuat online uda pasti hilang tu calo..
setuju banget
SIM ngikut kayak KTP wajar lah, seumur hidup

korlantas bakal jadi lahan kering sekali nih emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Ane setuju banget.

Dari jaman batu sampe jaman internet 4G LTE pengurusan surat2 ini ribet banget.
Yg intinya ga mau saweran berkurang.
Apalagi masalah surat tilang,,,,hadehhhh
klo bisa dibikin susah, knapa harus dibikin mudah emoticon-Big Grin
Sebenernya yg bikin ribet proses mbayar nya.
Masa perpanjang stnk mesti siapin fotokopi surat2, beli formulir pendaftaran, tato berkas di loket, di panggil bayar, ambil stnk dlllll.
Mana tiap meja ada ongkos.

Yg simpel lah, tinggal transfer lewat atm beres, toh sama2 duit masuk negara dan memberantas pungli.
Kalo 5 tahunan cek fisik bolehlah itupun proses di sederhanakan.

Kitak2 mau mbayar loh, kok di persulit plus di palakin emoticon-Hammer
Mampus lah tetangga2 gw pada yg jadi calo SIM...
sebenernya semenjak ada sim keliling, samsat drive thru dll
populasi calon sudah berkurang banyak (temen ane yg calo byk yg nganggur)
apalagi klo dibuat seumur hidup emoticon-Wakaka
sudah lama sebenarnya saya mengharapkan ada org penting yg mau bicara seperti itu. tapi keliatannya hal yg seperti itu msh seperti mimpi basah di tengah hariemoticon-Hammer (S)
Guna mningkatkan layanan pada masyarakat, Pengadaan material sim,bpkb,stnk,tnkb alangkah baiknya diserahkan ke masing2 polres/polda. Jngn seperti skarang terpusat sehingga kalo bermasalah di pusat dampak bya juga dirasakan sampai daerah. Sbagai contoh beli motor 2 bulan yg lalu sampai saat ini tnkb kok belum jadi padahal belinya material tnkb itu mudah kan udah ada di catalog
Mantep an setuju banget