alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57270c4b9a0951707f8b456f/hardiknas-tamatan-smk-paling-banyak-menganggur
Hardiknas: tamatan SMK paling banyak menganggur
Hardiknas: tamatan SMK paling banyak menganggur
PENGANGGURAN | Makin rendah pendidikan makin bersedia menjalani pekerjaan apa saja. Sarjana menganggur lebih banyak dari tamatan SD dan SMP yang menganggur.
Vokasi. Vokasional. Kejuruan. Siap kerja. Link and match. Sekolah ibarat pabrk: mencetak pekerja. Pasar kerja berbelok, sekolah ganti haluan. Anak sekolah belum lulus, pasar kerja berubah peta...

Anda pernah mendengar perdebatan seputar itu tadi? Hari ini (Seni, 2/5/2016) adalah Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Ada temuan menarik dari Badan Pusat Statistik (BPS). Tamatan sekolah kejuruan ternyata paling banyak menganggur (12,7 persen).

Peringkat kedua dipegang oleh tamatan SMA (10,3 persen), lalu disusul oleh tamatan akademi atau pemegang diploma (7,5 persen).

Kaum yang tingkat penganggurannya terendah adalah mereka yang tak sekolah atau belum pernah sekolah (1,3 persen) dan mereka yang tak tamat SD.

Kira-kira dapat disimpulkan makin rendah pendidikan makin mudah menerima aneka pekerjaan. Bandingkan dengan pengangguran di kalangan sarjana: 6,4 persen. Angka ini di atas pengangguran tak sekolah, tak tamat SD, dan sedikit di atas tamatan SMP.

Lalu di sektor apa sajakah tenaga kerja di atas 15 tahun terserap? Paling banyak adalah jadi buruh tetap atau pegawai (44,43 juta orang).

Demikian menurut laporan ketenagakerjaan BPS Agustus 2015. Dalam empat besar itu ada pekerja keluarga yang tak dibayar: 16,8 juta orang.

Bicara tentang pengangguran, di YouTube ada sejumlah versi klip video "Sarjana Muda" (Iwan Fals, Sarjana Muda, 1981). Bukan versi resmi tentu saja. Oh ya, tahun 1981 memang masih ada gelar sarjana muda.

Engkau sarjana muda / Resah mencari kerja / Mengandalkan ijasahmu / Empat tahun lamanya / Bergelut dengan buku / 'Tuk jaminan masa depan / Langkah kakimu terhenti / Di depan halaman sebuah jawatan
iwan fals - sarjana muda [eksklusif_01_07].flv

Sumber : https://beritagar.id/artikel/infogra...yak-menganggur

---

dengan keadaan seperti ini sdh siapkah kita menghadapi MEA?
nyari tempat pkl aja susah dulu, gimana cari kerja emoticon-Cape d... (S)
Masih banyak dibutuhkan tenaga2 muda , penghasilan ratusan ribu per hari , tukang parkir atau pak ogah , penghasilannya menggiurkan , kagak ada hukumannya , bebas sebebas2nya , jadi kalau ada tukang2an atau toko rame bisa langsung jadi tukang parkir , gak usah takut sama polisi , aman kok , bahkan pak ogah yg jadi biang keladi kemacetan pun aman , tokoh masyarakat , tokoh agama semua minggir , pokoke uanganya Ueeeenaakkkk tenan , gak perlu sekolah , otak kosong aja sudah ok , kalau mau lebih mantap tambahkan tatto , ayo , perbanya k tukang parkir dan pak ogahh emoticon-Big GrinDD
Quote:Original Posted By FahmiStark
nyari tempat pkl aja susah dulu, gimana cari kerja emoticon-Cape d... (S)


Perusahaan bonafit lebih milih yg magang Mahasiswa daripada SMK, padahal skill anak SMK itu bisa bersaing dengan Mahasiswa loh.. emoticon-Frown

Ane lulusan SMK soalnya.. emoticon-Frown
Dikbud cuma sibuk urusin kurikulum gan & gimana ngabisin anggaran.

emoticon-Ngakak

kalo udah kenal orang dalem geleng2 deh, dana pendidikan dipake buat apaan.

ikutan MEA, ya udah abis dah.
Tapi seenggak nya anak smk sdh dibekali ketrampilan, kerja apa aja serabutan jg ga apa2 mumpung msh muda.
aku pernah baca liputan tentang pekerjaan buat anak smk, ada orang dari perusahaan yg bilang bahwa lulusan smk itu masih ada masalah emosional, ya lagi labil2nya lah pada usia pasca SMU/SMK
Quote:Original Posted By must69


Perusahaan bonafit lebih milih yg magang Mahasiswa daripada SMK, padahal skill anak SMK itu bisa bersaing dengan Mahasiswa loh.. emoticon-Frown

Ane lulusan SMK soalnya.. emoticon-Frown


dulu ane muter2 ke mnc,transtv,global,detik naroh lamaran alesannya full terus, padahal kata sodara ane didalem bnyk butuh anak magang.
akhirnya ane pkl ditebet,photolab. mayan lah dpt gaji emoticon-Genit *maap jadi curcol* emoticon-Hammer (S)
ane lulusan SMK masih rada susah jaga emosional emoticon-Mewek kadang kalo kesel sama atasan, susah nyembunyiin, gak bakat jadi muka dua emoticon-Big Grin
Dulu jmn sby ane inget ada iklan, sekolah smk aja, tar gampang kerja..
Ternyata..
Quote:Original Posted By FahmiStark


dulu ane muter2 ke mnc,transtv,global,detik naroh lamaran alesannya full terus, padahal kata sodara ane didalem bnyk butuh anak magang.
akhirnya ane pkl ditebet,photolab. mayan lah dpt gaji emoticon-Genit *maap jadi curcol* emoticon-Hammer (S)


Gapapa gan curcol, anak SMK memang sering dianggap sebelah mata.. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Oh iya, kenapa gak minta sodara agan aja buat nitip ke HRDnya langsung? emoticon-Bingung (S)
Sekarang apa-apa butuh koneksi gan..
Quote:Original Posted By must69


Gapapa gan curcol, anak SMK memang sering dianggap sebelah mata.. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Oh iya, kenapa gak minta sodara agan aja buat nitip ke HRDnya langsung? emoticon-Bingung (S)
Sekarang apa-apa butuh koneksi gan..


masalahnya sodara ane jg baru masuk gan, freshgraduate. yakali org baru ngerekomendasiin org lain emoticon-Hammer (S)
Dulu pas baru lulus SMK pernah nganggur ada 1 tahunan kek orang linglung emoticon-Amazed
kesiaan yak emoticon-Turut Berduka