alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57270c4a56e6af60568b4575/besok-daftar-kuburan-massal-korban-1965-diserahkan-ke-luhut
Besok, Daftar Kuburan Massal Korban 1965 Diserahkan ke Luhut
Besok, Daftar Kuburan Massal Korban 1965 Diserahkan ke Luhut

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah serius ingin menyelesaikan kasus hak asasi manusia (HAM) terkait peristiwa pembantaian 1965 yang disebut G30 S PKI. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan mengaku segera memeriksa kuburan massal yang datanya digadang-gadang sudah di tangan organisasi HAM.


"Ada teman-teman yang akan memberikan daftar tempat kuburan massal. Besok saya sendiri yang akan menerima daftar itu untuk memverifikasi," ujar  Luhut usai bertemu Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (2/5/2016).


Penyelesaian kasus HAM, tegas Luhut, akan dilaksanakan dengan pendekatan kemanusiaan. Luhut berharap semua pihak tidak membuat gaduh dalam proses penyelesaian.


(Baca juga: Luhut: Pemerintah Tak akan Minta Maaf Soal Tragedi 1965)


Luhut mengatakan, pemerintah tidak mau mencari siapa yang salah. Apabila ditarik ke 50 tahun silam, kasus ini merupakan persoalan politik. Mereka yang menang, akan melakukan sesuatu kepada yang kalah.


"Itu kalau kita mau bawa kepada suasana sekarang, tentu tidak adil karena suasana waktu itu dengan sekarang berbeda," ujar mantan Kepala Staf Kepresidenan ini.


(Baca juga: Pesan Jokowi ke Luhut Soal Penyelesaian Kasus PKI)


Satu hal yang menjadi perhatian pemerintah ialah soal jumlah korban. Pemerintah perlu meluruskan ini agar tak timbul justifikasi negatif terhadap negara.


Besok, Daftar Kuburan Massal Korban 1965 Diserahkan ke Luhut

Aktivis dari Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK) menggelar aksi Kamisan ke-413 di depan Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/10). Dalam aksinya mereka meminta Presiden Jokowi untuk menuntaskan kasus peristiwa 1965 yang telah 50 tahun berlalu sekaligus berbagai kasus pelanggaran HAM di tanah air. MI/Arya Manggala


"Jadi jangan bangsa ini seolah-olah bangsa pembunuh dengan mengatakan ratusan ribu yang meninggal, atau jutaan malah. Kita ingin realistis angkanya itu kira-kira berapa, sih?" kata Luhut.


Apabila angka sudah diketahui, persoalan akan dianggap selesai. Pemerintah tinggal memilah kasus mana yang bisa diselesaikan secara yudisial maupun non-yudisial.


(Baca juga: Komnas HAM Tak Perlu Gandeng AS Tuntaskan Tragedi 65)


Luhut berharap semua pihak mau membantu menyelesaikan kasus ini dalam suasana kondusif. Tak perlu ada tuduhan melindungi PKI, menghidupkan PKI, dan lain-lain.


"Tidak ada pikiran ke situ sama sekali. Saya ulangi, tidak ada pikiran ke situ!," kata Luhut.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/read/201...ahkan-ke-luhut

---

Kumpulan Berita Terkait PELANGGARAN HAM :

- Besok, Daftar Kuburan Massal Korban 1965 Diserahkan ke Luhut Besok, Daftar Kuburan Massal Korban 1965 Diserahkan ke Luhut

- Besok, Daftar Kuburan Massal Korban 1965 Diserahkan ke Luhut Mata Najwa: Jalan Penyelesaian 65 (7)

- Besok, Daftar Kuburan Massal Korban 1965 Diserahkan ke Luhut Mata Najwa: Jalan Penyelesaian 65 (6)

Gelar tiker dulu gan, sembari melihat kemajuannya..
pasang tenda buat membuka borok PKI
Semoga terungka
pelaku harus bertanggung jawab