alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5726fae91ee5dfb2018b4569/kesalah-pahaman-masyarakat-indonesia-mengenai-ham-dan-komnas-ham
KESALAH PAHAMAN MASYARAKAT INDONESIA MENGENAI HAM
KESALAH PAHAMAN MASYARAKAT INDONESIA MENGENAI HAM dan KOMNAS HAM

Quote:emoticon-Toast Selamat siang/sore/malam/pagi agan agan sekalian. Sebelumnya dalam rangka menghilangkan gundah hati melihat keadaan sekitar mengenai banyaknya masyarakat yang kurang paham apa itu HAM bagaimana HAM bekerja dalam hal ini jika di Indonesia ada Komnas HAM bekerja ijinkan saya untuk menuangkan unek unek dan semoga dapat ilmunya jika selama ini agan kurang paham dalam memahaminya semoga dapat membuat agan lebih paham tentang apa itu HAM dan bagaimana cara bekerjanya emoticon-Smilie oh ya ane bingung mau naruh dimana sebenarnya tread ini sehingga ane taruh disini yang kelihatanya lebih general

Quote:Pengertian secara singkat mengenai HAM

Sebelum ke pokok apa aja yang menjadi kesalahan sebagian besar masyarakat ijinkan ane copas dari wiki mengenai apa itu ham dan beberapa dari yang ane ketahui, HAM ialah hak-hak yang melekat pada diri setiap insan dan tanpa memiliki hak-hak itu maka setiap insan tidak bisa hidup selayaknya manusia. Hak tersebut didapatkan sejak lahir ke dunia. dan dalam hal ini Pemerintah sebagai penyelenggara negara (aparatur negara) berkewajiban menjaga dan melindungi setiap hak yang melekat yang ada di rakyatnya bahkan sampai ke tiap individu individu.

Perlu diingat beberapa kunci ini untuk memahami HAM pertama HAM adalah hubungan Negara ke masyarakatnya untuk selalu melindungi hak yang ada pada setiap individu di Masyarakat bukan sebaliknya atau bukan juga warga sipil dengan warga sipil lainya karena jika ada pelanggaran hanya masuk ke hukum biasa bisa Pidana ataupun perdata, Pelanggaran HAM yang dapat dilakukan oleh negara ada dua yaitu acts of commissions (tindakan untuk melakukan secara langsung) dan acts of omissions (tindakan untuk melakukan secara tidak langsung atau kadang juga berbentuk pembiaran), lebih singkatnya bahwa hukum HAM adalah pencegah supaya Negara tidak berlaku sewenang wenang dengan rakyatnya


Quote:Kesalahan Kesalahan Pengertian HAM yang Ada Pada Sebagian Masyarakat

Quote:1. HAM Membela Para Penjahat

KESALAH PAHAMAN MASYARAKAT INDONESIA MENGENAI HAM dan KOMNAS HAM

Tidak bisa ditampik tetapi memang kenyataan banyak pejuang HAM atau Komnas HAM sering membela para tersangka, apalagi jika ada tersangka yang akan dihukum mati, baik ini memang karena prinsip HAM sendiri yang mengatur bahwa HAM tidak bisa dicabut walau dia menjadi tersangka sehingga masih mendapat perlindungan HAM karena tersangkapun tetap harus mendapatkan haknya sebagai seorang manusia, contoh kasus seperti kasus terduga teroris siyono yang diduga mendapat kekerasan oleh DENSUS 88 melalui visum yang dilakukan oleh Muhammadiyah jika memang kejadian seperti yang didugakan bahwa siyono mendapat kekerasan dan meninggal maka bisa saja kasus tersebut merupakan pelanggaran HAM karena merupakan hubungan antara aparatur negara dengan warga sipil.


Quote:2. HAM Tidak Pernah Membela Para Polisi atau Tentara Jika Mendapat Kekerasan

KESALAH PAHAMAN MASYARAKAT INDONESIA MENGENAI HAM dan KOMNAS HAM

Kembali lagi ke penjelasan ane diatas bahwa HAM adalah hubungan Negara ke Rakyatnya, sehingga persoalan jika ada Polisi atau Tentara yang merupakan aparatur negara, dikeroyok oleh warga atau ditembak oleh teroris maka pelaku tersebut hanya dikenakan hukuman Pidana atau mengenai UU Terorisme bukanlah pelanggaran HAM


Quote:3. Penyekapan, Pemasungan adalah pelanggaran HAM?

KESALAH PAHAMAN MASYARAKAT INDONESIA MENGENAI HAM dan KOMNAS HAM

Jika ada kasus seperti ini dilihat dahulu siapa yang melakukan jika Negara secara langsung maka jelas itu merupakan pelanggaran HAM, jika warga sipil maka dilihat lagi jika Negara mengetahui dan melakukan pembiaran maka bisa dikatan bahwa hal tersebut adalah pelanggaran HAM jika tidak ada campur tangan negara dan negara tidak mengetahui merupakan pelanggaran Hukum biasa atau pelanggaran Norma Kemanusiaan tidak sampai pelanggaran HAM


Quote:4. Kerusuhan SARA Pasti Pelanggaran HAM

KESALAH PAHAMAN MASYARAKAT INDONESIA MENGENAI HAM dan KOMNAS HAM

Dilihat lagi ke sikap Negara apakah membiarkan? jika melakukan pembiaran bisa jadi bahwa itu adalah pelanggaran HAM secara tidak langsung, tetapi jika kasusnya ada seorang yang berkuasa di suatu daerah dan mendiskriminasikan suatu kaum di wilayahnya maka hal tersebut adalah pelanggaran HAM


Quote:5. Pejuang HAM Di Indonesia Adalah Antek Antek PKI

KESALAH PAHAMAN MASYARAKAT INDONESIA MENGENAI HAM dan KOMNAS HAM

Ini yang saya bingung darimana kok bisa mereka dikatakan antek komunis, Penagakan HAM di Indonesia muncul ke permukaan setelah Presiden Soeharto turun karena ingin menyelesaikan kasus yang selama bertahun tahun tertutup oleh kepemimpinan otoriter Presiden Soeharto dan kebanyakan korban kekejaman pada jaman tersebut adalah anggota, simpatisan atau cuma dicap PKI saja seperti ada yang cuma jadi penyanyi pas acara PKI dibuang ke pulau buru di maluku sana emoticon-Frown sehingga saat sekarang ada usaha untuk menuntaskan kasus kesewenang wenangan negara pada jaman itu ya pastilah bersenggolan dengan orang orang eks tapol yang biasanya dicap PKI tapi hey mereka juga manusia mereka ingin diperlakukan adil jadi hilangkanlah stigma buruk kepada eks tapol emoticon-Smilie


Quote:6. HAM adalah produk Amerika Sehingga Hanya Digunakan Untuk Kepentingan Liberalisme

KESALAH PAHAMAN MASYARAKAT INDONESIA MENGENAI HAM dan KOMNAS HAM

Kalau dilihat dari yang nomor 5. Jadi HAM itu buatan orang liberal yang digunakan untuk melancarkan komunisme? emoticon-Wakaka anehkan padahal liberalisme dan komunisme ini paham yang berseberangan yang menghasilkan perang dingin antara Uni Soviet dan U.S. memang HAM lahir dari sebuah Magna Charta pada tahun 1215 di Inggris. Magna Charta antara lain mencanangkan bahwa raja yang tadinya memiliki kekuasaan absolut (raja yang menciptakan hukum, tetapi ia sendiri tidak terikat pada hukum), menjadi dibatasi kekuasaannya dan mulai dapat dimintai pertanggungjawaban di muka umum. Dari sinilah lahir doktrin raja tidak kebal hukum lagi dan mulai bertanggungjawab kepada hukum. Sejak itu mulai dipraktekkan kalau raja melanggar hukum harus diadili dan harus mempertanggungjawabkan kebijakasanaannya kepada parlemen. Jadi, sudah mulai dinyatakan dalam hukum bahwa raja terikat kepada hukum dan bertanggungjawab kepada rakyat, walaupun kekuasaan membuat Undang-undang pada masa itu lebih banyak berada di tangan raja. Dengan demikian, kekuasaan raja mulai dibatasi sebagai embrio lahirnya monarkhi konstitusional yang berintikan kekuasaan raja sebagai simbol belaka. Dan tahukah anda Amerika pun sering dapat peringatan mengenai kasus HAM seperti yg terjadi di Timur Tengah. Singkatnya tidak juga HAM selalu memihak negara liberalis


Quote:7. HAM bertentangan dengan Islam

KESALAH PAHAMAN MASYARAKAT INDONESIA MENGENAI HAM dan KOMNAS HAM

Untuk ini saya ngga bisa panjang lebar tetapi menurut sayapun jika Hak Asasi itu dijalankan secara berlebihan juga tidak baik dan seharusnya dapat masuk dan bersama dengan etika atau norma yang ada di masyarakat dan jalan bersamaan. emoticon-Smilie


Quote:Mungkin cukup sekian unek unek saya, semoga bermanfaat agan mau kasih cendol ya monggo agan mau komen ya oke yang penting semoga menambah wawasan agan
Pertamax
Jossssemoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
rada berat nih, nyimak dulu ... emoticon-Cool
oke bray seperti harapan ente di akhir trit, jd ane baca dulu semoga nambah wawasan ane emoticon-Cool
berbicara HAM sangat sensitif yah emoticon-nyantai
klo ada ham harusnya ada kam
klo ada hak harus ada kewajiban.
klo pengen hak dipenuhin jangan lupa jalanin kewajiban.
Hoooooooaaaaaaammmmmppppp....zzzZZ
ham itu daging gan..
Kalo ngomong HAM emang berat gan,ane baca sambil pahamin dulu dah sekalian nambah wawasan ane emoticon-Cool
Quote:Original Posted By mbahmomon
klo ada ham harusnya ada kam
klo ada hak harus ada kewajiban.
klo pengen hak dipenuhin jangan lupa jalanin kewajiban.


Hak asasi mah gak ada hubungannya sama kewajiban emoticon-Hammer
Coba kewajiban asasi manusia apa?
Makanya TNI kalo ada yg ditembak mati didaerah timur gak dibilang dilindungi ham karena memang aparatur negara.

Tapi para perusuh itu selalu didukung HAM.
Erat kaitanya dgn liberalisme asing
Quote:Original Posted By momodjahat69
Makanya TNI kalo ada yg ditembak mati didaerah timur gak dibilang dilindungi ham karena memang aparatur negara.

Tapi para perusuh itu selalu didukung HAM.
Erat kaitanya dgn liberalisme asing


Memang mau bagaimanapun hubungan HAM adalah dari negara untuk warga dan subjek perusuh jika dia adalah rakyat tetap mempunyai hak kecuali memang saat kontak senjata
HAM ??
apa sih sebenarnya makna dari itu?
Ham di indonesia hebat, terduga teroris langsung di tembak di tempat. Bakar masjid di papua di undang ke istana ketemu jokowi emoticon-DP
Ane paling ga berani bermain Main dgn HAM..
emoticon-Takut
KESALAH PAHAMAN MASYARAKAT INDONESIA MENGENAI HAM dan KOMNAS HAM

serah, yang penting maho musnahin
HAM itu dasarnya adalah alat utk menghindari kesewenangan penguasa terhadap rakyat.tapi pada kenyataannya selalu dijadikan alat utk menghancurkan suatu bangsa melalui rakyatnya sendiri.libya, tunisia, maroko, dan sekarang suriah semua nya beralasan HAM.padahal sebelum mereka berteriak ada nya pelanggaran ham dinegara mereka semua aman terkendali dan sekarang setelah mereka menyatakan ada nya pelanggaran ham dan meminta bantuan asing, negara nya jadi hancur dan rakyat yang tadinya menyatakan adanya pelanggaran ham jadi ikut sengsara.dan tentu yang merasa senang adalah pihak "asing". saran ane, kalo pengetahuan agan2 masih cetek tentang HAM mending biasa aja, daripada indonesia tercinta jadi seperti negara diatas.emoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By Nenek2mknkripik
HAM itu dasarnya adalah alat utk menghindari kesewenangan penguasa terhadap rakyat.tapi pada kenyataannya selalu dijadikan alat utk menghancurkan suatu bangsa melalui rakyatnya sendiri.libya, tunisia, maroko, dan sekarang suriah semua nya beralasan HAM.padahal sebelum mereka berteriak ada nya pelanggaran ham dinegara mereka semua aman terkendali dan sekarang setelah mereka menyatakan ada nya pelanggaran ham dan meminta bantuan asing, negara nya jadi hancur dan rakyat yang tadinya menyatakan adanya pelanggaran ham jadi ikut sengsara.dan tentu yang merasa senang adalah pihak "asing". saran ane, kalo pengetahuan agan2 masih cetek tentang HAM mending biasa aja, daripada indonesia tercinta jadi seperti negara diatas.emoticon-thumbsup


Setau ane negara2 tersebut karena banyaknya kekomplekan aliran agama dan karena presiden yang otoriter dan minta diganti ditambah adanya isis gan bukan semata mata minta HAM
×