alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5726f3a012e25759088b4571/ke-swiss-gubernur-sulbar-sakit-hati-gara-gara-cokelat
Ke Swiss, Gubernur Sulbar sakit hati gara-gara cokelat
Ke Swiss, Gubernur Sulbar sakit hati gara-gara cokelat

Merdeka.com - Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh, mengaku berang dengan pabrik cokelat Cailler Nestle, di Kota Interlaken, Swiss. Hal itu lantaran perusahaan itu tidak mengakui bahan baku kakao itu salah satunya berasal dari Indonesia.

"Kakao yang diolah di Swiss adalah kakao dari Indonesia. Namun ternyata negara itu tidak mengakuinya, setelah pemerintah di Sulbar berkunjung ke negara itu," kata Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Rabu (27/4).

Anwar mengatakan, rombongan pemerintah Sulbar sempat jalan-jalan ke Swiss. Namun, Indonesia tidak terdaftar dan tidak dianggap sebagai pemasok kakao di pabrik itu.

"Padahal pabrik tersebut mengolah kakao yang sebagian besar berasal dari Indonesia. Ini sangat mengecewakan," ujar Anwar.

Menurut Anwar, saat jalan-jalan ke Swiss, rombongan Pemprov Sulbar melihat langsung pembuatan cokelat siap saji, dan menyempatkan melihat museum sejarah masuknya kakao di Eropa.

"Beberapa negara terpajang di museum tersebut sebagai negara pemasok kakao di pabrik cokelat Cailler Nestle. Namun, nama Indonesia tidak terdaftar di museum tersebut. Sedang sebagian besar kakao tersebut berasal dari Indonesia, dan Sulbar adalah penghasil kakao terbesar di Indonesia," ucap Anwar, seperti dilansir dari Antara.

"Akan dilaporkan ke Presiden Jokowi bahwa Swiss hanya mengakui Jepang dan Australia pemasok kakao. Sementara Indonesia tidak diakui," tutup Anwar.

Sumber
makenye klo g bisa makan coklat jgn sok2an.. :nyantai
Gubernur indonesia memang banyak yg goblok, ditanya berapa persen petani kakao mu yg sudah melakukan fermentasi aja pasti gak bisa jawab
emoticon-Leh Uga
di cek dulu pak.
siapa tau klo coklat yg di pakek khusus disana bukan dr indo.
yg pakek dr indo yg cabang dr sini.
tp klo emang bener ya harus digedein.
ooo aku tercakiti emoticon-Mewek
Udah, boikot aja
Mungkin ada pihak lain yg memang ambil bijinya dari sini n diproses di negaranya baru dikirim ke swiss pak gub
mungkin cokelat dr amerika latin
merasa downgrade kali klo ngaku bahannya dari sini
Gue kira apaan, ternyata cuma gara2 itu aja toh.
Jangan2 sakit hati gara2 gak di amplopin nehhemoticon-Ngakak
terus jalan2 ke swiss hasilnya apa
cuma nemu itu aja?
mahal diongkos emoticon-Marah
look at these idiots what are they expected? a recognition?

swiss be like

Ke Swiss, Gubernur Sulbar sakit hati gara-gara cokelat
pake calo kali, makanya g diakui emoticon-Ngakak
sejak kpn ada kewajiban produsen mencantumkan negara asal bahan baku.ini mah cm alasan Gub biar dianggap ada hasil kerja dr swiss,padahal nggak lbh dr sekedar wisata bersama keluarga.gub dongok
Ya elah ada salah paham kali
ekspornya lewat jepun dan ustrali kale..
Quote:"Akan dilaporkan ke Presiden Jokowi bahwa Swiss hanya mengakui Jepang dan Australia pemasok kakao. Sementara Indonesia tidak diakui," tutup Anwar

yee pengaduan lo emoticon-Cape d...
bilang aja mau jalan" emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By victorducatista
Mungkin ada pihak lain yg memang ambil bijinya dari sini n diproses di negaranya baru dikirim ke swiss pak gub


Mayoritas petani di sulawesi itu ya petani kakao, dan mayoritas kakao indonesia dari sulawesi, dan indonesia itu penghasilan kakao no. 3 di dunia.

Kalau yg begini aja gubernurnya gak ngerti, berarti ini yang namanya gubernur tak mengerti apa2 tentang apa yg terjadi di daerahnya.

Dan setelah Jalan2 ke Swiss, kemudian sok terguncang. Dan ane yakin, gak ada tidak lanjutnya tuh ..

emoticon-Leh Uga