alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5726e922e052278b2d8b456f/ongkos-ibadah-haji-2016-turun-bagaimana-pelayanannya
Ongkos ibadah haji 2016 turun, bagaimana pelayanannya?
Ongkos ibadah haji 2016 turun, bagaimana pelayanannya?
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin didampingi Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengikuti rapat bersama Komisi VIII DPR di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (21/4/2016).
Pemerintah dan Komisi Agama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menetapkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 2016 sebesar Rp34,64 juta per jamaah atau setara US$2.585. Ongkos ibadah haji tahun ini turun sekitar 4,8 persen atau US$132 per jamaah dibandingkan tahun lalu sebesar US$2.717 per jemaah.

Pada Senin (2/5/2016), Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama telah merilis daftar nama 13.600 calon jemaah haji khusus dan petugas untuk melunasi BPIH. Kuota haji tahun ini sama dengan tahun lalu, 168.800 jemaah haji yang terdiri dari 155.200 haji reguler dan 13.600 haji khusus.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, dikutip laman Kementerian Agama, mengatakan akan mengajukan kesepakatan BPIH ke Presiden untuk dibuat Kepres. Juni nanti, kata Lukman,seluruh jemaah haji dapat melunasi biaya haji.

Lukman menegaskan pemerintah berkomitmen memberikan kualitas pelayanan haji lebih baik dari tahun ke tahun. Salah satu peningkatan pelayanan haji, kata Lukman, adalah katering di Makkah yang sebelumnya hanya sekali sehari selama 15 hari, menjadi dua kali. Frekuensi manasik haji juga ditambah sehingga diharapkan bisa lebih memenuhi harapan jemaah.

Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Dualay mengatakan DPR dan Kemenag bersepakat untuk menurunkan lagi biaya haji. Penurunan pertama pada tahun 2015 sebesar US$502, penurunan kedua tahun ini sebesar US$132.

Saleh mengatakan turunnya ongkos naik haji karena penentuan biaya haji tahun ini sudah menggunakan mata uang rupiah dan riyal. Seluruh transaksi di Indonesia hanya boleh dilakukan dengan mata uang rupiah. Sedangkan untuk transaksi di Arab Saudi, seperti pemondokan harus menggunakan mata uang riyal.

Tahun lalu, pembiayaan masih didominasi mata uang dolar Amerika Serikat. Akibatnya, fluktuasi nilai dolar AS kerap merugikan jemaah haji. Pemerintah dan DPR mengalokasikan dana untuk melindungi nilai mata uang rupiah dari fluktuasi dolar AS sebesar Rp100 miliar pada tahun lalu.

"Sekarang, dananya turun drastis menjadi hanya Rp40 milliar. Itu pun sudah termasuk perlindungan rupiah atas fluktuasi nilai riyal dan antisipasi force major," kata Saleh dikutip Kontan.co.id.

Turunnya ongkos haji juga karena adanya efisiensi yang dilakukan berdasarkan evaluasi terhadap penyelenggaraan ibadah haji tahun lalu, misalnya penurunan pagu biaya pemondokan di Mekkah. Pada tahun lalu, ada efisiensi biaya pemondokan di Mekkah hingga Rp40 miliar yang dapat dipakai untuk menghemat biaya tahun ini.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ledia Hanifa menambahkan, biaya transportasi menyumbang sekitar 60-70 persen dari total ongkos haji. Harga minyak dunia yang terus turun hingga berada di kisaran US$40, berdampak besar pada ongkos haji.

Proses penetapan BPIH tahun ini, kata Ledia, lebih baik dibandingkan tahun lalu. Ledia menambahkan, penetapan BPIH 2015 terlalu mepet karena disetujui 1,5 bulan sebelum pelaksanaan ibadah haji. Setelah BPIH 2016 ditetapkan, Ledia minta agar Presiden segera mengeluarkan Peraturan Presiden tentang ongkos haji ini sebagai payung hukum.


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-pelayanannya

---