alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5726e5da162ec2f84d8b4567/kata-bu-dokter-waspadai-demam-berdarah-pada-anak
[Kata Bu Dokter] Waspadai Demam Berdarah pada Anak
Quote:[Kata Bu Dokter] Waspadai Demam Berdarah pada Anak
dr Ledy Kumala Devi - detikHealth
Senin, 02/05/2016 11:15 WIB

Jakarta, Demam berdarah biasa menyerang saat musim penghujan tiba. Terlebih Indonesia termasuk negara beriklim tropis yang merupakan tempat hidup favorit bagi nyamuk.

Demam berdarah bisa menjadi penyakit yang mematikan jika tidak segera ditangani. Khususnya, anak-anak yang seringkali menjadi sasaran gigitan nyamuk penyebab penyakit ini. Sebagai orangtua, sebaiknya berusaha mencegah agar anak dan seluruh anggota keluarga terhindar dari penyakit ini. Perlu bersikap sigap pula jika ada anggota keluarga yang menunjukkan gejala penyakit demam berdarah.

Demam berdarah dangue (DBD) adalah penyakit demam akut dengan ciri-ciri demam, manifestasi perdarahan dan mengakibatkan renjatan yang dapat menyebabkan kematian. Demam yang terjadi biasanya mendadak 2-7 hari. Selain itu disertai nyeri ulu hati, nyeri otot dan sendi.

Biasanya pasien juga mengalami mual muntah dan nyeri kepala. Timbulnya perdarahan pada anak ditandai dengan ruam pada kulit dan gusi berdarah

Demam berdarah yang terjadi pada anak, sering sekali cepat mengalami perburukan. Karenanya orang tua harus lebih waspada jika anaknya mengalami demam yang terjadi secara mendadak.

WHO membagi DBD menjadi 4 derajat yaitu:

1. Derajat 1

Demam disertai gejala tidak khas, hanya terdapat manifestasi perdarahan (uji tourniquet positif) yang dilakukan di rumah sakit atau klinik terdekat.

2. Derajat 2

Demam yang disertai gejala tidak khas, disertai perdarahan spontan di kulit seperti kemerahan pada kulit dan perdarahan dihidung.

3. Derajat 3

Ditemukan kegagalan sirkulasi darah dengan adanya denyut nadi yang cepat dan lemah, tekanan nadi menurun (kurang dari 20 mmH ) atau disertai kulit yang dingin dan lembap serta anak yang gelisah.

4. Derajat 4

Renjatan berat dengan nadi yang tidak teraba dan tekanan darah yang tidak dapat diukur, akral dingin ( pada kaki dan tangan dingin ). Dalam kondisi ini anak sudah masuk dalam fase shock, dan dikatakan pada fase gawat demam berdarah.

Tidak ada obat khusus yang tersedia untuk demam berdarah dengue. Kasus ringan bisa diobati dengan memberikan banyak cairan (minum) untuk mencegah dehidrasi dan banyak istirahat.

Penghilang rasa sakit dan penurun panas pada demam berdarah yang terbaik adalah acetaminophen (parasetamol). Penghilang nyeri dan penurun panas yang mengandung aspirin atau ibuprofen harus dihindari, karena dapat membuat pendarahan lebih mungkin terjadi.

Sebagian besar kasus demam berdarah pada anak sembuh dalam waktu satu atau dua minggu dan tidak akan menyebabkan masalah yang tersisa. Jika seorang anak memiliki gejala demam berdarah berat, atau jika gejala menjadi lebih buruk pada hari pertama atau kedua setelah demam hilang, maka harus segera diperiksakan ke dokter. Ini bisa menjadi indikasi DBD atau dengue shock syndrome, yang membutuhkan perhatian medis segera.

Dalam hal ini, kewaspadaan orang tua terhadap anak sangatlah penting. Apabila anak mengalami gejala demam yang terjadi secara mendadak atau demam tinggi, ada baiknya segera diperiksakan ke dokter.

*) dr Ledy Kumala Devi adalah dokter umum yang bertugas di RS Kanker Dharmais.(vit/vit)
Code:
http://health.detik.com/read/2016/05/02/111550/3201345/763/waspadai-demam-berdarah-pada-anak


Iya Bu Dokter emoticon-Embarrassment
baik buk ane dengerin.. emoticon-Embarrassment
saya suntik mau ya dok?emoticon-Embarrassment
yang pasti banyakin asupan cairannya.
klo demam kasih penurun panas.
Quote:Original Posted By mbahmomon
yang pasti banyakin asupan cairannya.
klo demam kasih penurun panas.

pernah kena DBD mbah anaknya?
Quote:Original Posted By Klonengannya

pernah kena DBD mbah anaknya?


belom pernah bray
semoga jangan sampailah
cuman sering nemu kasusnya klo lg musim DBD
Semua demam pd anak ane pasti was was, ga harua demam berdarah doank
bersihkan goronggorong, emoticon-Sundul Up
Anak kecil kalo bisa jangan sampe demam dah
kalo ada anak yang kena, langsung buat laporan ke puskesmas.
minta di foging sekitaran rumah yang kena DBD pertama.
Quote:Original Posted By punk5.angin
kalo ada anak yang kena, langsung buat laporan ke puskesmas.
minta di foging sekitaran rumah yang kena DBD pertama.


iya bener fogging, gratis kan kalo gak salah?