alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5726b5a05c779877518b456a/pengamat-pemerintah-harus-klarifikasi-pembebasan-sandera
Poll: Pendapat agan mengenai pembebasan 10 sandera:

This poll is closed - 20 Voters

View Poll
Murni hasi negosiasi 15.00% (3 votes)
Negosiasi dengan tebusan 70.00% (14 votes)
Hasil operasi tim senyap tanpa tebusan 15.00% (3 votes)
Pengamat: Pemerintah Harus Klarifikasi Pembebasan Sandera
Quote:TEMPO.CO, Jakarta - Sepuluh anak buah kapal asal Indonesia yang disandera kelompok militan Abu Sayyaf akhirnya bebas. Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengatakan pemerintah harus menegaskan tidak ada pembayaran apapun pada para penyandera. Bila ada pembayaran maka hal tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan pemerintah.

Menurut Hikmahanto pemerintah perlu memberi klarifikasi agar publik paham bahwa pemerintah tidak kalah ketika berhadapan dengan para penyandera. “Hal yang sama perlu disampaikan ke negara-negara yang warganya turut disandera,” kata Hikmahanto dalam keterangan tertulisnya, Ahad, 1 Mei 2016.

Meski sukses membebaskan sandera, pemerintah tidak boleh lupa masih ada empat orang lainnya yang masih ditawan. Menurut Hikmahanto pemerintah akan menghadapi dilemma bila perusahaan keempat ABK tidak mau membayar tebusan.

Pasca penyanderaan ini, pemerintah sebaiknya mengimbau agar kapal berbendera Indonesia maupun ABK WNI yang bekerja di kapal asing, untuk menghindari jalur laut yang dikuasai Abu Sayyaf. “Pembayaran dari perusahaan menjadikan kapal berbendera Indonesia atau ABK WNI menjadi sasaran empuk,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo mengatakan meski 10 sandera telah bebas, pemerintah Indonesia masih berupaya membebaskan empat ABK WNI yang lainnya. Pemerintah pun berencana mengadakan pertemuan dengan Malaysia dan Filipina pada 5 Mei mendatang guna membahas keamanan di perairan perbatasan dan wilayah sekitarnya.

Penyanderaan ABK WNI oleh Abu Sayyaf terjadi pada akhir Maret lalu. Sebanyak sepuluh orang ABK Brahma 12 dan Anand 12 diculik di perairan Filipina Selatan. Penyanderaan kembali terjadi di pertengahan April 2016, sebanyak empat orang ABK WNI yang bekerja Kapal Tunda TB Henry dan Kapal Tongkang Cristi menjadi korbannya.


Sumber

memang perlu adanya klarifikasi yg benar krn msh bnyk versi yg beredar......
kita tunggu aja klarifikasinya
Mau pake tebusan juga gpp yg penting kan selamat, tapi pemerintah jangan ngibul, beri pernyataan sebenarnya gak usah malu kalau emang pake tebusan
Namanya operasi pembebasan sandera, jadi gw gak peduli apakah hasil negoisasi, bayar tebusan atau operasi militer. Hasil bebasnya sandera lebih penting dibanding bumbu2 konstipasi teori
Quote:Original Posted By fr91
Mau pake tebusan juga gpp yg penting kan selamat, tapi pemerintah jangan ngibul, beri pernyataan sebenarnya gak usah malu kalau emang pake tebusan


setuju gw sama lu Bray.....emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By sinfernal
Namanya operasi pembebasan sandera, jadi gw gak peduli apakah hasil negoisasi, bayar tebusan atau operasi militer. Hasil bebasnya sandera lebih penting dibanding bumbu2 konstipasi teori


bgmpun prosesnya yg penting semua sandera selamat....
ngga perlu kan pemerintah tegaskan ngga ada pembayaran ke teroris, lagi itu purn jendral dagh ngomong murni negoisasi emoticon-Smilie yg penting 4 sandera WNI kita juga harus selamat ....
Setidaknya, saat ini negosiasi dilakukan oleh pemerintah, bukan oleh owner kapal, seperti kejadian MV Sinar Kudus dulu, negosiasi dilakukan langsung dari pihak PT Samudera Indonesia selaku owner, dan duid yg dibayar melebihi US$ 3.5jt buat tebusan itu juga patungan antara Samudera dan PT Antam, dari pemerintah mah gak ada bantuin keluar duit tuh..

Dan waktu itu nggak ada tuh yg maki2 SBY selaku presiden kayak sekarang.. pedahal jelas2 operasi militernya gagal, perwiranya malah naik pangkat..
Dulu kritik ke Presiden Sby masih elegan, paling parah cuma bilang kebo, lanjut ke prihatin..
Sekarang? ngeri kali mak..
Soal klarifikasi mah urusan belakangan.yg penting sisa 4nya lg hrs terlebih dahulu bebas
Quote:Original Posted By bhroeiihjtngk
Setidaknya, saat ini negosiasi dilakukan oleh pemerintah, bukan oleh owner kapal, seperti kejadian MV Sinar Kudus dulu, negosiasi dilakukan langsung dari pihak PT Samudera Indonesia selaku owner, dan duid yg dibayar melebihi US$ 3.5jt buat tebusan itu juga patungan antara Samudera dan PT Antam, dari pemerintah mah gak ada bantuin keluar duit tuh..

Dan waktu itu nggak ada tuh yg maki2 SBY selaku presiden kayak sekarang.. pedahal jelas2 operasi militernya gagal, perwiranya malah naik pangkat..
Dulu kritik ke Presiden Sby masih elegan, paling parah cuma bilang kebo, lanjut ke prihatin..
Sekarang? ngeri kali mak..


Semua berawal dari kekalahan pilpres. Jujur aja, masih bnyk cecurut yg sakit hati dan pgn liat pemerintah gagal, hanya demi memenuhi nafsu dan sakit hati yg jagoannya keok
itu yg 4 blm bebas...dibebasin dulu,br pengamat koar2 deh...nyawa ini cuy
Syukur sandera sudah ada yang dibebaskan..................

BTW, klarifikasi juga penting lho .................emoticon-Malu
Quote:Original Posted By reyh12x
itu yg 4 blm bebas...dibebasin dulu,br pengamat koar2 deh...nyawa ini cuy


Bener om...yg 4 lagi ilang kaya ga ada bekasnya....
Pokoknya Bisa Bebas Dan Kaga ada Korban Jiwa...

Kowi Setrongggg... emoticon-Cool

Quote:Original Posted By adamwozniak


Semua berawal dari kekalahan pilpres. Jujur aja, masih bnyk cecurut yg sakit hati dan pgn liat pemerintah gagal, hanya demi memenuhi nafsu dan sakit hati yg jagoannya keok


jd inget ada nasbung yg selalu pasang kliping : pendukung mencerminkan orang yg didukung, pasti tuh orang gak punya kaca di rumahnya emoticon-Big Grin
yg ada kompensasi bukan tebusan
Quote:Original Posted By bhroeiihjtngk
Setidaknya, saat ini negosiasi dilakukan oleh pemerintah, bukan oleh owner kapal, seperti kejadian MV Sinar Kudus dulu, negosiasi dilakukan langsung dari pihak PT Samudera Indonesia selaku owner, dan duid yg dibayar melebihi US$ 3.5jt buat tebusan itu juga patungan antara Samudera dan PT Antam, dari pemerintah mah gak ada bantuin keluar duit tuh..

Dan waktu itu nggak ada tuh yg maki2 SBY selaku presiden kayak sekarang.. pedahal jelas2 operasi militernya gagal, perwiranya malah naik pangkat..
Dulu kritik ke Presiden Sby masih elegan, paling parah cuma bilang kebo, lanjut ke prihatin..
Sekarang? ngeri kali mak..


Barisan Sakit Hati Belom Bisa Move On Gan... emoticon-Ngakak
paling tebusan, karna malu blg dan ada yg pengen dianggap pahlawan diblg hasil negosiasi doang
kek ginian dibawa ke politik ya banyak yg klaim
emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By gruyere
Soal klarifikasi mah urusan belakangan.yg penting sisa 4nya lg hrs terlebih dahulu bebas


Jika benar tanpa tebusan, dan pendekatan si Paloh cs benar2 seperti yg mereka omongin, maka yg 4 harusnya bebas dalam waktu dekat.


Bila tidak, maka peran Paloh cs diragukan.
Quote:Original Posted By jokohadiningrat


Sumber

memang perlu adanya klarifikasi yg benar krn msh bnyk versi yg beredar......



harapan publik dan kluargaadalah para sandra itu selamat.
cuman jd biadab aja tuh masalah nyawa jd ajang nunjukin diri saling klaim mengklaim sapa yg paling berjasa...

harusnya pemerintah mengontrol siapapun utk tidak ngasi statement supaya tdk jd polemik di publik.

ini malah smua pejabat dan non pemerintah kayak blewok ikut2an ngasi statemen.
Quote:Original Posted By andesit1



harapan publik dan kluargaadalah para sandra itu selamat.
cuman jd biadab aja tuh masalah nyawa jd ajang nunjukin diri saling klaim mengklaim sapa yg paling berjasa...

harusnya pemerintah mengontrol siapapun utk tidak ngasi statement supaya tdk jd polemik di publik.

ini malah smua pejabat dan non pemerintah kayak blewok ikut2an ngasi statemen.

nah, maksudnya jg gitu Bray...
statment resmi dari pemerintah yg bisa ngontrol semuanya,
setidaknya, masalah ini ga diseret jd konsumsi politik.