alexa-tracking

Fakta-fakta bebasnya 10 WNI setelah 1 bulan lebih disandera

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5726b1b556e6afac508b4575/fakta-fakta-bebasnya-10-wni-setelah-1-bulan-lebih-disandera
Fakta-fakta bebasnya 10 WNI setelah 1 bulan lebih disandera
'Fakta-fakta bebasnya 10 WNI setelah 1 bulan lebih disandera

10 ABK Warga Negara Indonesia (WNI) akhirnya dibebaskan kelompok Abu Sayyaf pada Minggu siang. Seorang yang tidak diketahui secara misterius meninggalkan mereka di depan rumah Gubernur Sulu, Abdusakur Tan.

Setelah sandera diserahkan di Pantai Parang, sekitar 4 jam kemudian para sandera dibawa ke rumah Gubernur Sulu untuk dilakukan verifikasi dan beramahtamah. Setelah itu, mereka langsung diterbangkan dari Sulu menuju Zambonga menggunakan dua helikopter jenis UH 1 H.

Di kota tersebut, mereka langsung menjalani tes kesehatan dari tim keamanan. Mereka juga sempat menjalani proses briefing dan wawancara mengenai pengalamannya selama berada dalam penyanderaan, termasuk mengenali beberapa kelompok Abu Sayyaf.

Lalu bagaimana fakta-fakta lain terkait pembebasan dan pemulangan 10 WNI ini sampai akhirnya tiba di tanah air? Berikut ulasan yang sudah dihimpun merdeka.com:

(mdk/tyo)
Fakta-fakta bebasnya 10 WNI setelah 1 bulan lebih disandera
1. 10 WNI sandera Abu Sayyaf diantar pulang ke rumah gubernur Sulu

10 ABK berstatus Warga negara Indonesia (WNI) yang disandera oleh kelompok Abu Sayyaf setelah lebih dari sebulan akhirnya dibebaskan. Mereka dibebaskan sekitar pukul 12.15 waktu setempat di Pantai Parang, Sulu, Mindano Selatan, Filipina.

Usai dibebaskan, para ABK ini akhirnya diantar ke rumah rumah dari Gubernur Sulu (Abdusakur) Toto Tan (II). Polisi wilayah Provinsi Sulu, Wilfredo Cayat mengonfirmasi perihal pembebasan ini karena mendapat laporan dari Gubernur Sulu.

"Kita infokan ada seorang tidak diketahui menaruh 10 WNI di depan rumah dari Gubernur Sulu (Abdusakur) Toto Tan (II). Mereka langsung dibawa ke dalam rumah dan gubernur langsung menelepon saya," kata Cayat, seperti dikutip dari laman the Star, Minggu (5/1).

Selama berada di rumah dinas gubernur, sepuluh sandera tersebut nampak sehat. Mereka dilayani dengan baik oleh Pemerintah Sulu. Usai dijamu makan siang, 10 sandera diarahkan menuju Zamboanga, lalu dibawa ke Balikpapan untuk kemudian dipulangkan ke Indonesia.

(mdk/tyo)
Fakta-fakta bebasnya 10 WNI setelah 1 bulan lebih disandera

2. 10 WNI yang dilepas Abu Sayyaf dipulangkan pakai pesawat Surya Paloh

10 sandera dipulangkan ke Indonesia dengan menggunakan pesawat khusus tim kemanusiaan Surya Paloh di bawah pimpinan Victor B Laiskodat. Proses pemulangan tersebut didampingi Kedutaan Besar Indonesia di Filipina Minister Counselor Edi Mulya, untuk kemudian diserahkan kepada Kementerian Luar Negeri di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"ABK yang disandera kemudiian dititipkan di sebuah lokasi di bawah pimpinan Al Habsy, namun penyanderaan tetap di bawah kendali Tawing Umair. Tim kemanusiaan Surya paloh sejak awal sudah melakukan komunikasi intensif dengan kelompok Tawing Umair di bawah koordinasi Pemerintah Republik Indonesia," demikian siaran pers Yayasan Sukma yang diterima merdeka.com, Minggu (1/5) malam.

Penculikan terhadap 10 WNI yang merupakan anak buah kapal (ABK) tunda Brahma 12 dan tongkang Anand 12 dirompak dan diculik oleh kelompok bersenjata Abu Sayyaf di perairan Tawi-tawi, Filipina Selatan, pada 27 Maret lalu. Penculikan dilakukan di bawah pimpinan Tawing Umair.

(mdk/tyo)
Fakta-fakta bebasnya 10 WNI setelah 1 bulan lebih disandera
3. 10 WNI yang disandera akan disambut Menlu dan Panglima TNI

Pemulangan 10 WNI ini dengan menggunakan pesawat jet berlogo Victory News. Pesawat ini adalah pesawat khusus milik tim kemanusiaan Surya Paloh di bawah pimpinan Victor B Laiskodat. 10 sandera ini pun diberangkatkan sekitar pukul 21.30 WIB dan tiba dengan selamat di Base ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sekitar pukul 23.28 WIB.

Setelah turun dari pesawat, 10 WNI langsung disambut dan bersalaman oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Mensesneg, Pratikno dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Lalu, mereka langsung diarahkan masuk ke mobil Hiace.

(mdk/tyo)
Fakta-fakta bebasnya 10 WNI setelah 1 bulan lebih disandera
4. Tiba di tanah air, 10 ABK yang disandera Abu Sayyaf dibawa ke RSPAD

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengatakan 10 WNI yang telah tiba di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma akan langsung dibawa ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat untuk menjalani tes kesehatan.

"Pesawat yang membawa sepuluh ABK kita telah tiba dengan selamat di Jakarta, selanjutnya sepuluh ABK tersebut akan di bawa ke rumah sakit untuk dilakukan pengecekan kesehatan," kata Retno di lokasi, Minggu (1/5).

Usai melakukan tes kesehatan, lanjut Retno, 10 WNI itu akan menjalani serah terima dari pemerintah ke pihak keluarga masing-masing.

(mdk/tyo)



(mdk/tyo)
Fakta-fakta bebasnya 10 WNI setelah 1 bulan lebih disandera
5. Panglima TNI lakukan diplomasi total untuk bebas 4 sandera

10 Warga negara Indonesia (WNI) telah dilepaskan oleh kelompok Abu Sayyaf setelah lebih dari sebulan disandera. Mereka pun telah tiba di tanah air dan langsung menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Lalu bagaimana nasib 4 WNI yang masih disandera militan Abu Sayyaf?

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan pihaknya akan terus melakukan diplomasi total untuk membebaskan 4 Warga Negara Indonesia (WNI) yang kini masih disandera kelompok militan Abu Sayyaf.

"Saya mohon doa supaya yang 4 bisa selamat. Kembali lagi kita lakukan diplomasi total," ujar Gatot saat jumpa pers di Istana Bogor, Minggu (1/5).

Selain itu, Gatot menilai sesuai yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) keselamatan para sandera yang paling diutamakan. Sehingga, apapun caranya yang terpenting sandera kembali bebas dengan selamat.

"Kita ingat apa yang disampaikan presiden mengutamakan keselamatan para sandera. Ini kunci. Seperti yang dikatakan Menlu kita laksanakan negosiasi baik formal maupun informal. Di dalamnya terdapat TNI yang melakukan operasi-operasi intelijen," tandasnya.

(mdk/tyo)




Sumber : http://m.merdeka.com/peristiwa/fakta-fakta-bebasnya-10-wni-setelah-1-bulan-lebih-disandera/panglima-tni-lakukan-diplomasi-total-untuk-bebas-4-sandera.html
ini mah James B. Donovan versi dimari emoticon-2 Jempol
sukur udah dibebasin.
moga yg laen segera nyusul
intinya udah dibebasin, masalah klaim dan fakta g penting lah.
ga jd perang donk emoticon-Malu
faktanya 10 orang yang bebas hari ini seluruh nya adalah awak kapal brahmana 12

faktanya para kecebong pemuja kodok asia percaya kalo pelepasan tidak mengeluarkan uang sepeser punemoticon-Ngakak (S)

Fakta-fakta bebasnya 10 WNI setelah 1 bulan lebih disandera