alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57268b3a56e6af1a608b456f/suka-duka-menjadi-anak-tengah
icon-hot-thread
Suka Duka Menjadi Anak Tengah
Assalamualaikum agan sista
Semoga selalu dilimpahkan rahmat oleh Tuhan yang maha Esa. Amin..
And welcome to my thread emoticon-Selamat

Alhamdulillah jadi HT#2
The Power of Anak Tengah nih emoticon-Ngakak (S)
Suka Duka Menjadi Anak Tengah

Spoiler for Anak tengah:
Suka Duka Menjadi Anak Tengah

Anak sulung sering disebut-sebut sebagai andalan keluarga. Anak bungsu selalu menjadi anak yang paling manis dan dianggap paling butuh perlindungan di rumah.
Lalu bagaimana dengan anak tengah? Banyak yang membahas tentang suka dukanya menjadi anak bungsu, atau anak sulung. Apakah dari kalian pernah terbesit bagaimana suka dukanya menjadi anak tengah?
Kami memang seperti terlupakan. emoticon-Turut Berduka
Dalam dunia psikologi ada istilah yang hanya dialami oleh anak tengah dalam keluarga. Namanya adalah middle child syndrome atau sindrom anak tengah. Menurut Alfred Adler, pakar psikologi dan penulis buku-buku tentang kepribadian, Middle Child Syndrome atau sindrom anak tengah adalah sindrom yang hanya dialami oleh anak tengah dalam keluarganya, contohnya anak kedua dari 3 bersaudara.
Kali ini ane mau berbagi sedikit hal-hal yang dirasakan oleh anak tengah, berdasarkan pengalaman TS dan melakukan riset kecil-kecilan kepada teman-teman yang juga anak tengah, serta mencari referensi ilmiah tentang hal ini.
Oke langsung aja kita bahas, apa saja sih suka dukanya.
Ane mulai dukanya dulu ya gan. Karena suka diawal tapi duka di akhir itu nyesek. emoticon-Frown

Spoiler for Dukanya Menjadi Anak Tengah:


Pada dasarnya orang tua selalu akan memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya. Memberikan kasih sayang yang sama tanpa membeda-bedakan. Hanya saja terkadang seorang anak tetap saja merasa iri dan selalu merasa kurang diperhatikan.
Pokoknya orang tua kita yang terbaik. Bahagiakan orang tua. Hormati kakak dan sayangi adik kita. Hidup anak tengah. emoticon-Ngakak (S)

Terimakasih sudah meluangakan waktu membaca thread anak tengah ini.
Ucapan terimakih juga TS sampaikan untuk seluruh kaskuser yg sudah turut meramaikan, berbagi cerita bahkan membantu TS menyempurnakan thread ini. Semoga bisa memberikan kemanfaatan. Amin. emoticon-Smilie
Wassalamualaikum

Spoiler for Sumber:


Anak Tengah Yang Bahagia
Quote:Original Posted By mcdle
Itu suka-duka nya kok ngga singkron di ane ya haha

Ane malah kegirangan tuh kalo dikasih baju bekas kakak, suka minjem2 baju kakak juga wkwk
Ane malah lebih milih ga diperhatikan.
Ya ane orgnya cuek jadi ane ga nyaman aja kalo harus diatur2/dikasih perhatian lebih dll
Soal berantem, yaa kita saudaraan sama2 keras sih jadi kalo berantem saling "yayayaaya" aja emoticon-Ngakak (S)

Ane pribadi sukanya jd anak tengah itu dijaga sama saudara2.
Duka nyaa.. ga ada. bersukur aja makanya men emoticon-Big Grin


Anak Tengah Dengan Kondisi Psikisnya
Quote:Original Posted By dealdyre
Ane anak kedua dari 3 bersaudara, dan entah beruntung atau sial nya ane anak laki2 sendiri di keluarga ane.

Hampir sama dengan pengalaman TS, tapi lebih banyak duka nya sih. Menjadi anak tengah, membuat pribadi ane menjadi pribadi yg labil dan cenderung unexpected kata orang. Terkadang ane ingin di Manja seperti adik ane, sebaliknya terkadang ane juga ingin Bebas dan ga mau di atur seperti kakak ane.

Hingga sekarang ane belum tau jati diri ane sesungguhnya.

Quote:Original Posted By hnwahyu
tipikal gan,
anak pertama extrovert
anak tengah introvert
anak bungsu extrovert

ane anak tengah emoticon-Sorry


Anak Tengah Yang Inspiratif
Quote:Original Posted By ibalmard
Sejatinya orang tua itu sayang semua gan ke anak-anaknya, ya tapi itu perbedaan pasti bakalan kerasa karena bersifat adil itu susah CMIIW emoticon-Sundul Up
Hidup anak tengahemoticon-Leh Uga
Lebih hidup lagi anak bungsu emoticon-Wakaka

Quote:Original Posted By GlinDingaN
ane anak tengah bray, dan ane merasa jadi anak tengah itu baik2 aja selama pribadinya bisa menangkap dan mencerna keadaan
nilai plusnya itu banyak menurut ane, contohnya bisa menjadi pengamat yang baik di dalam lingkungan keluarga,
bisa lebih bijaksana karena keadaan dan masih banyak lagi emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By ayumu07
justru kalau ane bersyukur jadi anak tengah bisa memberi dan meminta. kalau ada apa-apa minta ke kakak dan bisa juga memberi ke adek. jutsru ane jadi belajar banyak hal, misalkan kalau kakak ane suka ngatur2 ane ntar ke adik ane justru ane malah kagak pernah ngatur2 hidup adek ane soalnya ane sendiri ngerasain kalau diatur-atur itu kagak enak
Quote:Original Posted By screamo37
ane anak kedua dari 3 bersaudara, pengalaman ane jadi anak tengah ya ane merasa kurangnya perhatian dari orangtua saat sekolah dulu gan. apa-apa yg diduluin & yg dibanggain kakak ane terus. entah itu kendaraan, sekolah, pinternya, dan lain sebagainya. alhasil ane cari masalah terus di sekolah sampe pindah sekolah beberapa kali, merubah ane menjadi seseorang yang gampang emosi, sensitif, dll. emoticon-Sorry

lulus sekolah, ane langsung kerja. sempet iri sama kakak yang lulus sekolah dikuliahin. tapi ane sadar kalo ekonomi keluarga ga sebaik saat kakak lulus dulu. dan semenjak ane sadar, ane punya motivasi & ambisi (positif) buat ngalahin/ngelebihin kakak ane. alhamdulillah sekarang ane kuliah semester 7 sambil kerja, yah walaupun belum seberuntung pekerja yg gajinya umr, ane bersyukur karena semua yg ane alamin udah buat ane menjadi orang yang kuat emoticon-Big Grin.
Quote:Original Posted By hemuhemu14
ane pas kecil jg mikir gitu gan, serba g adil,
tpi semakin kesini ane malah lebih dkt sama ortu, krna kta ortu mereka baru sadar klo trnyata anak tengah nya lah yg sesungguhnya paling maniz..hehehe..

Quote:Original Posted By tEnSzz
salam jari tengah, eh maaf, maksudnya salam anak tengah emoticon-Cool

ane rasa penjelasan ts 80% bakalan terjadi dan di rasain oleh anak tengah di seluruh dunia, *lebay mode on emoticon-Big Grin

ane juga ngerasain gan, dari yg harus ngalah sama kakak dan adik, sang kakak bagai dipuja, si adik di manjanya minta ampun,

lah gwww gmn emoticon-Frownemoticon-Frown

tp ane percaya tuhan punya rencana sendiri yg tidak diketahui hambanya, jadi ingat surah al-baqarah 30 "aku mengetahui apa yg tidak kamu ketahui" (Please Correct me if i'm wrong)

mungkin hasilnya benar, tempaan mentalnya, menjadikan anak tengah mandiri,kuat, tidak manja, dan bisa merasasakan/mendalami perasaan orang lain,emoticon-army

Quote:Original Posted By ibamfx
anak tengah ini rawan kurang perhatian mas broo emoticon-Big Grin

jadi anak tengah ini rata2 lebih cepat dewasa, karena dia pandai memahami kondisi, tapi tergantung juga sih, banyak anak tengah yang akhirnya merasa kurang perhatian dan terasingkan di tengah2 keluarganya, macem macem emoticon-Big Grin

jadi kalau agan2 disini ada yang anak tengah, sebaiknya akan belajar memahami kondisi, lebih pengertian dan tidak menuntut atau mencari2 perhatian,, karena dengan demikian mas bro akan bisa leibh dewasa dari kakak atau adik mas bro, emoticon-Cendol (S)


Quote:Original Posted By dipo0
Gw anak tengah gan emoticon-Malu

Dan yang di jabarin TS hampir 100 persen gw alamin....
Suka dukanya komplit bgt emoticon-Ngakak

Tapi gw seneng plus bangga jadi anak tengah alopun apa2 klo ada kerjaan selalu kita yg di sebut namanya ama mama atau si papa.. pling sering kena marah juga.. ampe jd kebal .. tapiiiiii jadi paling andalan gan.. mo ke abang oke mau ke adek okeee... malah sering jd penengah mereka..
Jd lebih mandiri gw jd gak manja bgt..alias mandiri..

Intinya gw bangga jd anak tengah gan ... apapun suka dukanya gw sayang abang adek ibuuu ayahh
Bahkan sangking dlu sering bgt d suruh2 mama ngerwat mam pas sakit sblum meninggal 4 bln lalu .. omelannya gw kangennnnnnnnnnnn banget kakak udah nikah skrg gw jd gantiin peran ibuu.. mesti jd anak yg lebih bijak lagi lebih d andalin papa ma adek gw...

Quote:Original Posted By Bandiera
anak tengah itu bunglon, sifatnya nyentrik... karena apa2 sendiri.. bisa lebih mendalami belajar menjadi kakak dan adik sekaligus. jadi bisa menjadi pribadi yang paling mengerti dan beradaptasi dengan lingkungannya.

saya anak tengah... merasakan itu juga...

luar biasa rasanya...emoticon-Jempol
Utamakan Positif thinking selalu bray, gw jamin ga akan temuin duka menjadi anak tengah...
Ane anak tengah, ya kadang Ane pernah mengalami seperti yg disampaikan TS, tp menurut Ane wajar dan anak sulung atau bungsu jg pernah mengalaminya. emoticon-Big Grin
Wah ade gw tuh
Ane anak pinggir gan
emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By ilhamramadhani8
Utamakan Positif thinking selalu bray, gw jamin ga akan temuin duka menjadi anak tengah...

Iya gan setuju deh emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By benci.kaskus
Ane anak tengah, ya kadang Ane pernah mengalami seperti yg disampaikan TS, tp menurut Ane wajar dan anak sulung atau bungsu jg pernah mengalaminya. emoticon-Big Grin

Semua memang pasti ada suka dan dukanya. Pokoknya bagaimana menjalaninya aja dengan positif emoticon-Malu (S)
enak sih jadi berasa punya kakak dan punya adik emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By boneyuun
Suka Duka Menjadi Anak Tengah
ane anak emak gan
Suka Duka Menjadi Anak Tengah

bisa menjaga perdamaian, kayak pasukan PBB
Quote:Original Posted By petapa.genit.
Ane anak pinggir gan
emoticon-Wakaka


Pinggir apa gan? Pinggir kali? apa pinggir pantai? emoticon-Ngakak
Ane bukan anak tengah, tapi anak bungsu, dan ane bersyukur, banyak sukanya ketimbang dukanya emoticon-Ngakak (S)
untung ane anak pertamax gan emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By budakbaleg
enak sih jadi berasa punya kakak dan punya adik emoticon-Wakaka


Iya gan. Berasa complete deh emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By nasgorbasi
Suka Duka Menjadi Anak Tengah

bisa menjaga perdamaian, kayak pasukan PBB



iya keren kan gan emoticon-Cool
biasanya lebih sukses dalam hal ekonomi
emoticon-Cool
Biasa nya sering dapat barang bekas pakai dari yg atas emoticon-Ngakak (S)
wkkwkkawa bener banget gan. ane tambahin nih. kalo disuruh2 pasti yg kena anak tengah. karena anak yg paling gede kan masa iya disuruh2 kan gimana gt katanya. dan kalo yg kecil, dia ga mau disuruh dan dimaklumi, dan akhirnya gue yg ngalah emoticon-Frown(
Quote:Original Posted By jehanfilah
wkkwkkawa bener banget gan. ane tambahin nih. kalo disuruh2 pasti yg kena anak tengah. karena anak yg paling gede kan masa iya disuruh2 kan gimana gt katanya. dan kalo yg kecil, dia ga mau disuruh dan dimaklumi, dan akhirnya gue yg ngalah emoticon-Frown(


Iya kadang suka gtu. sabar ye gan emoticon-Ngakak (S)
berasa sperti terjepit di tengah2 gan emoticon-Wakaka
maju kena mundur jg kena emoticon-Hammer (S)
Ga juga tuh, ane anak tengah tapi malah kyk di istimewakan deh..ga pernah iri juga sama adek kakak