alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5724883aa2c06e71758b457b/keuntungan-layanan-satu-pintu-pln
Keuntungan layanan satu pintu PLN
Keuntungan layanan satu pintu PLN
Petugas PLN melakukan penyambungan kabel listrik di Jalan Pongtiku, Makassar, Selasa, 1 Maret 2016.
Untuk mempercepat proses pemasangan listrik, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) meluncurkan layanan satu pintu. Dengan layanan ini, masyarakat yang hendak memasang listrik bisa melakukannya melalui sistem daring dengan lama proses 29 hari.

Sebelumnya, konsumen biasanya berhubungan dengan lembaga inspeksi teknik dan mendatangi kantor PLN di daerah masing-masing dengan lama proses rata-rata mencapai 79 hari.

Direktur Niaga PLN, Benny Marbun, mengatakan keuntungan menggunakan layanan ini adalah adanya diskon yang diberikan dalam pemasangan listrik baru.

Diskon yang dimaksud adalah Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari semula Rp17,5 per VA menjadi Rp15 per VA, penyambungan baru dari Rp969 per VA menjadi Rp775 per VA.

"Jadi ketika ada permintaan sambungan baru 1.300 VA, biaya penyambungan sekitar Rp12 juta ditambah biaya SLO Rp85.000 dan biaya materai. Itu dibayarkan konsumen ke PLN," kata Benny, Jumat (30/4/2016).

Tiga database-PLN 1,2,3; instansi teknik; SLO akan terkoneksi secara daring sehingga masyarakat hanya berhubungan dengan PLN. Selama ini, banyak pengaduan terkait dengan pembayaran SLO karena dibayarkan langsung kepada pihak pemeriksa.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jarman, menyatakan pelayanan satu pintu sudah mulai berlaku sejak diluncurkan, Jumat (29/4/2016). Namun, wilayah yang bisa menggunakannya masih terbatas di Jakarta dan Surabaya.

Jarman menargetkan sampai dengan akhir Oktober, bertepatan dengan Hari Kelistrikan Nasional, layanan ini bisa diakses oleh masyarakat seluruh Indonesia. "Kecuali daerah remote dan pulau terpencil yang geografinya susah dicapai," sambungnya.

Layanan satu pintu ini juga berfungsi sebagai pengawas kinerja PLN. Karena, jika masyarakat tidak mendapat sambungan listrik lebih dari 25 hari sejak permohonan perpanjangan, PLN akan dikenakan denda sebesar 35 persen dari tagihan awal konsumen.

Program ini tidak hanya diperuntukkan bagi kalangan rumah tangga, namun juga untuk pemasangan mal-mal kecil.

Dengan layanan satu pintu ini, PLN juga berharap dapat memperbaiki peringkat kemudahan mendapatkan akses listrik, di mana Indonesia berada di peringkat 46 dari 189 negara. "Target pemerintah dipotong 50 persen menjadi peringkat 23," kata Benny.

Pemerintah juga memprogramkan lebih dari 3 juta sambungan listrik dan baru sekitar 63 sambungan listrik yang sudah memiliki SLO.

Pelaksanaan SLO terhadap 3 juta sambungan baru tersebut menjadi tantangan pemerintah, PLN, instalatir, dan semua konsumen listrik untuk menjalankan Amanat Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan.


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...satu-pintu-pln

---