alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57242f40925233b1688b4572/lemak-baik-pada-kacang
Thumbs up 
Lemak Baik Pada Kacang
Lemak Baik Pada Kacang

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa rutin memakan kacang berkaitan dengan tingginya harapan hidup disebabkan adanya lemak baik pada kacang. Hal ini dikarenakan terdapat dugaan bahwa manfaat kacang dapat menurunkan risiko kematian akibat berbagai penyakit tertentu.

Semua jenis kacang memiliki manfaat yang hampir sama bagi kesehatan. Lemak baik pada kacang meliputi asam lemak tak jenuh dan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, penting untuk tubuh. Untuk sebuah camilan yang menyehatkan, kacang mudah didapatkan dan aman dikonsumsi kapan saja.

Kabar baiknya, lemak baik yang terkandung dalam kacang tanah adalah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda sehingga cocok sebagai diet untuk menurunkan kolesterol.

Beberapa Jenis Kacang

Quote:1. Kenari
Dengan mengkonsumsi tujuh buah kacang kenari, Anda dapat memperoleh antioksidan sekitar dua hingga 15 kali lebih banyak dari vitamin E. Beberapa kacang lain hanya memiliki setengah kandungan antioksidan dibandingkan kenari.


Quote:2. Pistachio
Jenis kacang ini sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena mengandung zat yang dapat menambah tingkat antioksidan di dalam tubuh, antara lain beta karoten, gamma tokoferol, dan lutein yang merupakan lemak baik pada kacang. Selain melindungi dari keberadaan LDL sebagai kolesterol yang jahat, pistachio juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.


Quote:3. Pecan
Pecan mengandung antioksidan terbanyak jika dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. Kandungan jumlah vitaminnya juga tinggi, yaitu mencapai 19 vitamin. Kacang ini disebut-sebut dapat memperlambat penyakit Lou Gehrig, yaitu penyakit saraf degeneratif yang umumnya terjadi karena bertambahnya usia.


Quote:4. Almond
Jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, disarankan untuk mengkonsumsi kacang almond. Almond membuat Anda merasa cepat kenyang berkat serat, lemak, dan protein yang dikandungnya. Jenis lemak yang ada pada kacang ini juga sama dengan yang terdapat pada minyak zaitun, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Kelebihannya zat yang satu ini disebut-sebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.


Quote:5. Kacang Tanah
Meski berbeda dengan jenis-jenis kacang sebelumnya, kacang tanah termasuk bermanfaat juga. Anda dapat memanfaatkan kandungan protein dan lemak tak jenuhnya untuk kebaikan jantung.


Kandungan Pada Kacang Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Quote:1. Sterol
Sterol bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Produk-produk lain, seperti margarin, sering ditambahkan sterol agar lebih menyehatkan, tapi justru kacang sudah mengandung sterol secara alami.


Quote:2. Serat
Salah satu manfaat serat bagi kesehatan adalah membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa membantu upaya menurunkan berat badan. Manfaat lainnya adalah kemungkinan bisa membantu mencegah diabetes dan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah.


Quote:3. Asam Lemak Omega 3
Inilah zat yang dapat membantu menyehatkan jantung. Irama jantung yang tidak normal bisa menyebabkan terjadinya serangan jantung. Tentu saja hal ini membahayakan jiwa. Asam lemak omega 3 dapat membantu mencegah terjadinya hal ini.


Quote:4. Vitamin E
Pembuluh darah dapat menyempit jika terdapat timbunan plak. Bila hal ini terjadi, peluang adanya penyakit arteri koroner dan serangan jantung, menjadi makin tinggi. Vitamin E pada kacang-kacangan dapat menurunkan risiko-risiko tersebut.


Berikut Beberapa Tips Menurunkan Kolesterol Dengan Menggunakan Kacang

Quote:1. Konsumsi kacang tanah harus didukung dengan diet rendah kolesterol dan rendah lemak jenuh secara keseluruhan.kacang tanah saja tidak akan berhasil menurunkan kolesterol jika tidak didukung oleh diet rendah lemak secara menyeluruh.
2. Targetkan untuk makan 1 sampai 2 ons kacang tanah setidaknya lima hari per minggu. Selain kacang tanah utuh, Anda juga bisa mengonsumsi selai kacang sebagai variasi.
3. Tambahkan selai kacang pada roti tawar untuk sarapan. Variasi penyajian seperti ini dapat menghindarkan Anda dari kebosanan. Coba variasi lain yang Anda suka.
4. Tambahkan kacang tanah pada salad atau sereal. Salad dan sereal mengandung banyak serat dan nutrisi lain yang dapat membantu menurunkan kolesterol.
5. Bawa kacang tanah tawar sebagai camilan. Makan kacang sedikit demi sedikit sebagai camilan akan lebih ringan daripada mengkonsumsinya sekaligus.
6. Pertimbangkan untuk memasak menggunakan minyak kacang alih-alih minyak kelapa untuk mengurangi asupan lemak jenuh.
7. Usahakan untuk memasak makanan sendiri sesering mungkin alih-alih membeli makanan diluar sehingga Anda dapat mengontrol diet Anda. Jika memungkinkan, tanyakan tentang makanan yang dimasak dengan minyak kacang ketika makan di luar untuk mendukung program diet rendah kolesterol Anda.
8. Jika mengalami alergi kacang tanah, cobalah kacang almond atau walnut yang memiliki kemampuan hampir sama dalam menurunkan kolesterol.


Anda dianjurkan untuk lebih memperhatikan pengolahan kacang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa banyak mengonsumsi makanan yang digoreng mungkin berdampak buruk bagi kesehatan. Kolesterol tinggi, obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung, adalah penyakit-penyakit yang biasa dikaitkan dengan pola hidup mengkonsumsi makanan yang digoreng. Penelitian ini masih mengalami pertentangan. Namun, berapa ahli medis menganjurkan Anda menggoreng menggunakan minyak zaitun,yang mungkin dapat melindungi jantung dengan antioksidan yang dikandungnya. Selain itu, Anda disarankan untuk tetap bijak mengonsumsi kacang. Walau 80 persen kandungan kacang adalah lemak baik, makanan ini mengandung kalori tinggi. Dengan begitu, kadar yang dianjurkan adalah sekitar segenggam kecil kacang atau dua sendok selai kacang sebagai pengganti kelompok makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti telur, susu, atau keju.

Baca selengkapnya di: http://caraalami.xyz/lemak-baik-pada-kacang/
Sumber: http://caraalami.xyz/