alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5723f8b732e2e609248b4567/ekonomi-membaik-pertumbuhan-lapangan-usaha-perikanan-naik-di-atas-8
Ekonomi membaik, Pertumbuhan Lapangan Usaha Perikanan Naik di Atas 8%
Ekonomi membaik, Pertumbuhan Lapangan Usaha Perikanan Naik di Atas 8%

Jakarta -Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mendapatkan kabar baik. Pertumbuhan lapangan usaha perikanan naik di atas 8%, atau di atas sektor pertanian lainnya.

"Nih. Laporan perekonomian Indonesia dirilis BI (Bank Indonesia) hari ini menunjukkan pertumbuhan lapangan usaha perikanan. Naik di atas 8%, sektor pertanian dan lainnya di bawah 5%. Ini dari BI saya dapat," jelas Susi di Gedung Mina Bahari I, kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Susi mengatakan, investasi sektor perikanan juga yang paling tinggi dari sektor pertanian lainnya.

Untuk investasi ini, Susi menegaskan, hanya investor dalam negeri yang boleh melakukan investasi di perikanan tangkap. Sementara untuk investor asing hanya boleh untuk sektor pengolahan saja.

Menurut Susi, akan ada kerja sama dengan Thailand untuk pendirian industri pengolahan di beberapa pulau seperti Aceh, lalu di sejumlah pulau di Indonesia Timur.

"Pengalengan tuh murah. Di-frozen, fillet. Tadi Malaysia juga kan, menteri itu minta ekspornya ditambah. Karena kebutuhan lokalnya kurang. Dia sudah tidak ekspor. Ekspor dia sudah dikurangi. Sekarang dia impor lebih banyak," kata Susi.
(wdl/wdl)
http://finance.detik.com/read/2016/0...tas-8?f9911023


Tahun Lalu RI Impor Ikan Kembung dari Malaysia, Sekarang Tak Lagi

Ekonomi membaik, Pertumbuhan Lapangan Usaha Perikanan Naik di Atas 8%

Jakarta -Catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sepanjang 2015 lalu Indonesia mengekspor ikan US$ 140 juta ke Malaysia. Namun ada juga ikan yang diimpor dari Malaysia dengan nilai US$ 19 juta, ikan apa?

Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Narmoko Prasmadji mengatakan, tahun lalu memang neraca perdagangan ikan Indonesia dengan Malaysia surplus US$ 121 juta.

Ikan yang diimpor Indonesia dari Malaysia, ujar Narmoko, adalah ikan-ikan tertentu yang dibutuhkan Indonesia saat sedang tidak musim, seperti ikan kembung.

"Cuma ikan-ikan tertentu saja, seperti kembung, pada saat kita tidak musim. Tapi kan sekarang dengan adanya kita populasi ikan yang luar biasa ini kan kita sudah tidak impor lagi dari Malaysia," jelas Narmoko di kantor KKP, Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Sementara ikan yang paling banyak diekspor Indonesia ke Malaysia adalah ikan kerapu. Malaysia membutuhkan banyak ikan kerapu untuk hotel dan restoran. "Saya tidak punya angka yang detail. Tapi yang jelas kerapu yang paling banyak dari US$ 140 juta tadi," imbuh Narmoko.

Narmoko mengungkapkan ini usai menemani Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menemui Menteri Pertanian Malaysia Dato' Shabery Cheek.

"Malaysia minat untuk kerja sama perikanan yang lebih baik lagi, terus bisa nanti dia minta belajar di Indonesia cara-cara penangkapan," ujar Narmoko.

Narmoko menjelaskan, Malaysia juga menjadi korban dari pencurian ikan (illegal fishing). Karena itu Malaysia banyak merugi dari pencurian ikan yang terjadi. Kedua negara menjadikan illegal fishing sebagai musuh bersama.
(wdl/ang)

------------------------------------------------------------

2019 suara nelayan Indonesia milik Jokowi. Salam 2 periode
Hasil dari Tenggelamin kapal nih emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol

Good Job bu Susi emoticon-2 Jempol
Silahkan tenghelamin ratusan kapal, tangkapin ribuan abk, tapi jangan coba usik reklamasi teluk jakarta emoticon-army:
Ekonomi membaik, Pertumbuhan Lapangan Usaha Perikanan Naik di Atas 8%
Gw juga pengen belajar dan mulai inves di bisniss kelautan ah, prospeknya bagus kayaknya dari hulu ke hilir masih banyak yg bisa dikembangin emoticon-Matabelo
Kasi anak makan ikan jgn biarin kasi makan msg
Duit abis dibeliin rokok,anak makan nya ciki atau indomi
Quote:Original Posted By jokerboy3
Gw juga pengen belajar dan mulai inves di bisniss kelautan ah, prospeknya bagus kayaknya dari hulu ke hilir masih banyak yg bisa dikembangin emoticon-Matabelo


Kendala utama keknya sdm dan cuaca gan, sdm bisa direkayasa, tapi cuaca yang butuh perhitungan matang emoticon-Big Grin
Segi perikanan perekonomian ad pertumbuhan
Salut dan bangga terhadap bu Susi,

ayo dari segi pariwisata ditingkatkan juga dong emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By jokerboy3
Gw juga pengen belajar dan mulai inves di bisniss kelautan ah, prospeknya bagus kayaknya dari hulu ke hilir masih banyak yg bisa dikembangin emoticon-Matabelo


dari seluruh sektor investasi, sektor pangan yang paling menjanjikan di masa depan. dan dari seluruh sektor pangan, sektor perikanan laut yang sepertinya paling menjanjikan. 5-10 tahun lagi bisa jadi bakal banyak orang kaya baru dari sektor ini
Quote:Original Posted By fabian.goldmyer


dari seluruh sektor investasi, sektor pangan yang paling menjanjikan di masa depan. dan dari seluruh sektor pangan, sektor perikanan laut yang sepertinya paling menjanjikan. 5-10 tahun lagi bisa jadi bakal banyak orang kaya baru dari sektor ini


Rumput laut gimana bray prospeknya, gw pengen ngembangin rumput laut kayak nori yg buat bungkus sushi gitu, blm ada yg produk lokal kan, masih impor jepang, thailand, korea.

Btw garam jg kita msh impor padahal pantai kita dimana2, generasi sekarang harus mulai adanyg mikirin nih,potensi masa depannya luas banget, jgn ampe digarap asing emoticon-Matabelo
laut merupakan masa depan bangsa emoticon-thumbsup
Cuma kementrian perikanan yg dapat menumbuhkan ekonomi untuk kementrian yg lain belum ada prestasinya? ??? Yy? ????????????????????????????????
Quote:Original Posted By atfrie
Cuma kementrian perikanan yg dapat menumbuhkan ekonomi untuk kementrian yg lain belum ada prestasinya? ??? Yy? ????????????????????????????????


Ekonomi membaik, Pertumbuhan Lapangan Usaha Perikanan Naik di Atas 8%
Mantap bu Sus
jadi pengen ambil kuliah di perikanan, ngikuti brita sana sini, prospek perikanan sangat cerah apalagi udang...mumpung lg momen ane lulus SMA pgn masuk perikanan, doain ya agan agan semua
Quote:Original Posted By jokerboy3

Btw garam jg kita msh impor padahal pantai kita dimana2, generasi sekarang harus mulai adanyg mikirin nih,potensi masa depannya luas banget, jgn ampe digarap asing emoticon-Matabelo


negara lain garamnya ditambang om, bukan pake njemur air laut kaya di indo. Jelas kalau mau saingan pasti kalah di efisiensi.
Quote:Original Posted By plesir


negara lain garamnya ditambang om, bukan pake njemur air laut kaya di indo. Jelas kalau mau saingan pasti kalah di efisiensi.


Oh gitu ya bray, repot berarti klo mo bisnis garam nunggu jemur dipantainya emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By panjidafa
jadi pengen ambil kuliah di perikanan, ngikuti brita sana sini, prospek perikanan sangat cerah apalagi udang...mumpung lg momen ane lulus SMA pgn masuk perikanan, doain ya agan agan semua


Amin2, ane doain jadi ahli kelautan bray, biar bisa makin maju dunia maritim kita emoticon-shakehand:
Quote:Original Posted By jokerboy3


Rumput laut gimana bray prospeknya, gw pengen ngembangin rumput laut kayak nori yg buat bungkus sushi gitu, blm ada yg produk lokal kan, masih impor jepang, thailand, korea.

Btw garam jg kita msh impor padahal pantai kita dimana2, generasi sekarang harus mulai adanyg mikirin nih,potensi masa depannya luas banget, jgn ampe digarap asing emoticon-Matabelo


Bisnis rumput laut gw ga tau, tp kalo yg pasti prospeknya bagus ya bisnis cabe2an haha