alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5723f5fcde2cf22f4f8b4573/serangan-balik-fahri-hamzah
Serangan balik Fahri Hamzah
Serangan balik Fahri Hamzah
Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Fahri Hamzah (kiri) bergegas meninggalkan ruangan usai memberikan keterangan kepada wartawan terkait pemecatan dirinya dari keanggotaan PKS di Gedung DPR, Jakarta, Senin (4/4).
Anggota Partai Keadilan Sejahtera Fahri Hamzah kembali melakukan perlawanan. Kali ini ia melaporkan tiga petinggi partainya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Tiga orang yang dilaporkan adalah Ketua Dewan Syariah yang juga Anggota Komisi X DPR Surahman Hidayat, Presiden PKS yang juga Anggota Komisi X DPR Sohibul Iman, dan Wakil Ketua Majelis Syuro yang juga Anggota Komisi I DPR Hidayat Nur Wahid.

Fahri menilai ketiga orang itu telah mencemarkan nama baik dirinya, keluarga, dan konstituennya. "Mereka melakukan dua tindakan utama yang tidak saja melanggar kode etik tapi terindikasi pidana," ujar Wakil Ketua DPR asal PKS ini seperti dilansir Merdeka.com.

Fahri menuding ketiganya melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2014 tentang Partai Politik. Ketiganya dianggap telah memimpin sidang Majelis Tahkim PKS terkait pemecatan Fahri Hamzah tanpa mendapatkan legalitas dari Kementerian Hukum dan HAM.

Pelanggaran kedua, menurut Fahri, Presiden PKS Sohibul Iman telah melakukan fitnah karena menyebar kronologi pemecatannya secara tidak benar. Dalam kronologi, kata Fahri, Sohibul menyebut dirinya pernah dihukum MKD karena melakukan pelanggaran ringan karena pernah menyebut anggota DPR rada-rada "beloon." Fahri mengaku sudah mengecek ke MKD dan sanksi tersebut tak pernah ada.

Karenanya, dalam laporan setebal 11 halaman yang diajukan ke MKD, Fahri meminta ketiganya dipecat sebagai anggota DPR.

Fahri Hamzah dipecat dari keanggotaan partai karena dianggap melanggar disiplin pada 11 Maret 2016. Majelis Tahkim PKS memberhentikan Fahri dari semua jenjang keanggotaan Partai Keadilan Sejahtera.

Dalam cuplikan penjelasan tertulis itu, Fahri dianggap sering membuat pernyataan kontroversial, kontraproduktif dan tidak sejalan dengan arahan Partai. Pernyataan Fahri antara lain, menyebut 'rada-rada bloon' untuk para anggota DPR. Pernyataan ini diadukan oleh sebagian anggota DPR ke Mahkamah Kehormatan Dewan dan Fahri dinyatakan melakukan pelanggaran kode etik ringan.

PKS pun telah mengajukan Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ledia Hanifa Amaliah

Sebagai pengganti Fahri. Namun hingga kini, penggantinya belum juga dilantik. Dalam rapat yang berlangsung Senin (25/4/2016) pimpinan DPR memutuskan membentuk tim kajian bidang hukum untuk meneliti surat pergantian Fahri Hamzah.

Wakil Ketua DPR RI dari fraksi Gerindra, Fadli Zon mengatakan, hasil kajian ini akan menjadi pertimbangan pimpinan DPR, apakah akan memproses surat pergantian Fahri Hamzah sebagai pimpinan dan anggota DPR atau tidak.

Pimpinan DPR beralasan, pemecatan anggota DPR tak boleh diputus sembarangan. Mereka beralasan pimpinan DPR tidak ingin ada pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Sebelumnya Fahri juga melancarkan gugatan perdata atas pemecatannya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun dalam sidang perdana yang berlangsung pada Rabu (27/4/2016) hakim memberi waktu 30 hari kepada tergugat dan penggugat untuk melakukan mediasi.


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...k-fahri-hamzah

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Serangan balik Fahri Hamzah Membaca arah putusan MKD terhadap Setya Novanto

- Serangan balik Fahri Hamzah Dampak sidang MKD tanpa amar putusan terhadap Setya Novanto

- Serangan balik Fahri Hamzah Pimpinan MKD mengaku terkecoh oleh Setya Novanto