alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5723f45431e2e62f688b4568/ask-mencari-istri-solehah-di-pondok-pesantren-buat-muslim
(ask) mencari istri solehah di pondok pesantren? (buat Muslim)
Assalamualaikum. buat agan yg muslim ane mau bertanya + minta sarannya dong. ane berencana mencari calon istri -jodoh- di pondok pesantren dan lembaga sejenis itu (rumah tahfidz, dll). seberapa bagus peluang dapat seorang istri yg solehah di situ ya gan? trus gimana ya prosedurnya? ada agan2 di sini yang berpengalaman. tolong dishare dong... syukron before.
ente soleh apa gak?
Quote:Original Posted By lokiloki91
ente soleh apa gak?


setuju sma agan ini.
santriwati juga cita citanya dapet santri biasanya gan.


kalau untuk peluang sholehahnya ya gede banget. tergantung reputasi pondoknya sih
insya Allah ane terus berjuang dan terus memperbaiki diri untuk itu (kesolehan) gan... kan, lucu juga sih ya. maunya dapat baik, tapi ga mau terus berusaha bertambah baik.

berarti lumayan besar ya peluangnya.
Peluangnya besar kok gan..
Agama siapin CV Agan,mirip sm CV melamar kerja tapi yah isinya beda...
Tulis semua tentang diri Agan, baik buruknya jangan lupa dicantumkan..
Yang terpenting juga visi dan misi menikah, rencana jangka pendek, rencana jangka panjang, kriteria calon istri..

Trus temuin pengurus ponpes/rumah tahfidz nya..
Sampaikan maksud Agan..
Kasih CV nya..
Ntar ikutan deh prosesnya..
Oh iya, yang utama jangan lupa BERDOA juga terus PERBAIKI DIRI.. emoticon-Smilie
Good luck ya..
Semoga Allah mudahkan niat baik Agan.. 😊
temuin pengurus ponpes, kasih tau maksud dan tujuan kita..
nanti bakalan ada proaes tukar CV dan poto..
biasanya sih pihak pengurus bakalan cariin calon yang dinilai sebanding atau sesuai kriteria kita..

tapi saran ane sih daripada sibuk cari calon istri soleha, mending persiapkan diri jadi calon suami soleh aja dulu gan..
toh jodoh adalah cerminan diri emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By goldgoose
temuin pengurus ponpes, kasih tau maksud dan tujuan kita..
nanti bakalan ada proaes tukar CV dan poto..
biasanya sih pihak pengurus bakalan cariin calon yang dinilai sebanding atau sesuai kriteria kita..

tapi saran ane sih daripada sibuk cari calon istri soleha, mending persiapkan diri jadi calon suami soleh aja dulu gan..
toh jodoh adalah cerminan diri emoticon-Big Grin


Kalimat terakhirnya super sekali emoticon-Matabelo
Mudah"n dapet gan, bener kata atas ane, jodoh cerminan diri bro
Quote:Original Posted By rizqas88
Peluangnya besar kok gan..
Agama siapin CV Agan,mirip sm CV melamar kerja tapi yah isinya beda...
Tulis semua tentang diri Agan, baik buruknya jangan lupa dicantumkan..
Yang terpenting juga visi dan misi menikah, rencana jangka pendek, rencana jangka panjang, kriteria calon istri..

Trus temuin pengurus ponpes/rumah tahfidz nya..
Sampaikan maksud Agan..
Kasih CV nya..
Ntar ikutan deh prosesnya..
Oh iya, yang utama jangan lupa BERDOA juga terus PERBAIKI DIRI.. emoticon-Smilie
Good luck ya..
Semoga Allah mudahkan niat baik Agan.. 😊


terima kasih sharing dan doanya gan. semoga Allah juga mudahkan keinginan-keinginan baik agan... aamiin
Quote:Original Posted By goldgoose
temuin pengurus ponpes, kasih tau maksud dan tujuan kita..
nanti bakalan ada proaes tukar CV dan poto..
biasanya sih pihak pengurus bakalan cariin calon yang dinilai sebanding atau sesuai kriteria kita..

tapi saran ane sih daripada sibuk cari calon istri soleha, mending persiapkan diri jadi calon suami soleh aja dulu gan..
toh jodoh adalah cerminan diri emoticon-Big Grin




bener gan. insya Allah sedang terus memperbaiki diri...
Quote:Original Posted By flashlazzer
Mudah"n dapet gan, bener kata atas ane, jodoh cerminan diri bro


yoi bro... yg baik utk yg baik, yg keji utk yg keji
Quote:Original Posted By LuffyAja
terima kasih sharing dan doanya gan. semoga Allah juga mudahkan keinginan-keinginan baik agan... aamiin


Aamiin allahumma Aamiin..
Jazakallah untuk doanya..
Btw sy bukan agan, tp sist.. emoticon-Big Grin emoticon-Stick Out Tongue
Peluangnya insya Allah besar. Minta perantara guru atau kiyai yg mengajar di pondok itu.
Sekalian hafalan al qurannya di perbanyak lagi,
Minimal juz 28, 29, 30 dihafal.
Dan tips ane, hafal surah ar rahman. Sebagai modal untuk menaklukan hati si santri.
Karena suran itu sangay disukai para santriwati...
Wii pertanyaan bagus,,, ts, ane numpang gelar tikar dimari y, buat nambah2 ilmu, rencana jg mo taaruf
Quote:Original Posted By perempuanmaya
Peluangnya insya Allah besar. Minta perantara guru atau kiyai yg mengajar di pondok itu.
Sekalian hafalan al qurannya di perbanyak lagi,
Minimal juz 28, 29, 30 dihafal.
Dan tips ane, hafal surah ar rahman. Sebagai modal untuk menaklukan hati si santri.
Karena suran itu sangay disukai para santriwati...


emg kenapa harus surah ar rahman?
sista dulu santriwati juga ya?
kalo orang asing luar pondok tiba2 masuk pondok cuma buat nyari istri emang boleh ya? gak awkward bgt apa? atau disuruh mondok di situ jg sekalian?
ane awam bgt kalo soal ponpes...dan gak berencana nyari istri di ponpes juga. ane tau diri lah...malu kalo ilmu agamanya nanti kalah sm istri emoticon-Malu (S) padahal udh jd imam
Quote:Original Posted By lokiloki91


emg kenapa harus surah ar rahman?
sista dulu santriwati juga ya?
kalo orang asing luar pondok tiba2 masuk pondok cuma buat nyari istri emang boleh ya? gak awkward bgt apa? atau disuruh mondok di situ jg sekalian?
ane awam bgt kalo soal ponpes...dan gak berencana nyari istri di ponpes juga. ane tau diri lah...malu kalo ilmu agamanya nanti kalah sm istri emoticon-Malu (S) padahal udh jd imam


kenapa surah arrahman, karena arrahman artinya Allah Yang Maha Pengasih.
Kebanyakan org yg paham al quran, memfavoritkan surah ini, terutama para santri yang hatinya lembut dan ingin disayangi. Kebayangkan kalo calon imamnya dtg dan mengajukan diri melamar dengan menyetor hafalan surah ar rahman ke bapaknya.. pasti doi bakalan kesemsem..

Ane bukan santri, tp ane banyak mendengar orang2 yg nyari istri dr pondok.
Caranya ngajuin diri ke guru/kiyai disana utk dicarikan santri yg sedang mencari pasangan suami juga. Istilahnya mereka para guru sebagai media perantara taaruf kalian.

Ya tapi gitu,
Harus pakai cv juga mengenai identittas agan dan latar belakang pendidikan agama agan.
Gk mungkin lah si kiyai main asl jodohin aja tnpa mengenal ente siapa.
Nah klo si kiyai rasa ente baik dan cocok untuk dijodohkan dengan salah satu santrinya, pasti bakal diberikan beberapa pilihan santri.

Tp klo dilietnya cv ente belum baik ,
Sepertinya ente harus perbanyak perdalam agama lagi.
sampe ente siap.

Harus siap dg pertanyaan

Udah hapal berapa juz?
Kitab apa aja yg udah hatam?
Riyadus sholihin? Al umm? Mudzakar Hadist?
Punya Murabbi berapa?
Murabbi mu bagaimana?
Quote:Original Posted By perempuanmaya
kenapa surah arrahman, karena arrahman artinya Allah Yang Maha Pengasih.
Kebanyakan org yg paham al quran, memfavoritkan surah ini, terutama para santri yang hatinya lembut dan ingin disayangi. Kebayangkan kalo calon imamnya dtg dan mengajukan diri melamar dengan menyetor hafalan surah ar rahman ke bapaknya.. pasti doi bakalan kesemsem..

Ane bukan santri, tp ane banyak mendengar orang2 yg nyari istri dr pondok.
Caranya ngajuin diri ke guru/kiyai disana utk dicarikan santri yg sedang mencari pasangan suami juga. Istilahnya mereka para guru sebagai media perantara taaruf kalian.

Ya tapi gitu,
Harus pakai cv juga mengenai identittas agan dan latar belakang pendidikan agama agan.
Gk mungkin lah si kiyai main asl jodohin aja tnpa mengenal ente siapa.
Nah klo si kiyai rasa ente baik dan cocok untuk dijodohkan dengan salah satu santrinya, pasti bakal diberikan beberapa pilihan santri.

Tp klo dilietnya cv ente belum baik ,
Sepertinya ente harus perbanyak perdalam agama lagi.
sampe ente siap.



berati ada kemungkinan ditolak sm kyai nya ya? kayak mau melamar kerja ya? emoticon-Hammer (S) kalo gak sesuai sm kualifikasi ya gak dipilih


thanks sis infonya, ane br tau sih...temen2 ane gak ada yg model taarufan begitu emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By rizqas88


Aamiin allahumma Aamiin..
Jazakallah untuk doanya..
Btw sy bukan agan, tp sist.. emoticon-Big Grin emoticon-Stick Out Tongue


weleh.. sista ternyata. emoticon-Malu jazakillah sist...

Quote:Original Posted By perempuanmaya
Peluangnya insya Allah besar. Minta perantara guru atau kiyai yg mengajar di pondok itu.
Sekalian hafalan al qurannya di perbanyak lagi,
Minimal juz 28, 29, 30 dihafal.
Dan tips ane, hafal surah ar rahman. Sebagai modal untuk menaklukan hati si santri.
Karena suran itu sangay disukai para santriwati...


wah, thanks tipsnya gan. emoticon-thumbsup
memang untuk dapatkan yang baik harus berjuang.. sebab pasangan kita kunci dapatkan syurga abadi kelak. jadi pastinya "mahal".

Quote:Original Posted By dikocand
Wii pertanyaan bagus,,, ts, ane numpang gelar tikar dimari y, buat nambah2 ilmu, rencana jg mo taaruf


silahkan gan..emoticon-shakehand

Quote:Original Posted By maizsa
Harus siap dg pertanyaan

Udah hapal berapa juz?
Kitab apa aja yg udah hatam?
Riyadus sholihin? Al umm? Mudzakar Hadist?
Punya Murabbi berapa?
Murabbi mu bagaimana?


wah. emoticon-Belo
sista kayaknya banyak tau nih. emoticon-thumbsup
makin berjuang pastinya. emoticon-army
Quote:Original Posted By lokiloki91



berati ada kemungkinan ditolak sm kyai nya ya? kayak mau melamar kerja ya? emoticon-Hammer (S) kalo gak sesuai sm kualifikasi ya gak dipilih


thanks sis infonya, ane br tau sih...temen2 ane gak ada yg model taarufan begitu emoticon-Ngakak (S)


yupsss sama2... emoticon-shakehand