alexa-tracking

''MINAT BACA GENERASI GORONTALO''

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/571e358f98e31b09458b4567/minat-baca-generasi-gorontalo
''MINAT BACA GENERASI GORONTALO''
Hasil survei yang dilakukan UNESCO Pada 2015, minat baca penduduk Indonesia sangatlah rendah. Hasil servei itu menunjukkan bila setiap 1000 penduduk Indonesia hanya ada 1 orang saja yang membaca buku ( Sumber : UNESCO).
Kepala Perpustakaan Nasional RI Sri Sularsih (2015) menyangkan hasil survei tersebut, dari hasi survei tersebut menurut Sri Sulasrih budaya baca buku warga Indonesia lebih rendah dibanding dengan wilayah Asia atau Eropa terutama Amerika. Perbandingannya, kalau di Amerika Serikat satu penduduk bisa sampai 20 hingga 30 judul buku yang dibaca.
Di Jepang antara 10 hingga 15 buku yang dibaca, di Asia 1 hingga 3 buku. Sementara di Indonesia 0 sampai 1 buku setiap tahunnya yang dibaca. Kemalasan atau rendahnya minat membaca, menurut dia karena anak-anak Indonesia lebih akrab dengan nama pemain sinetron ketimbang judul buku. (Diakses dari : http://www.beritametro.co.id/malang-raya/hasil-survei-unescominat-baca-warga-indonesia-sangat-rendah ).
dengan skala besar Negara kita merupakan Negara yang sangat Minim minat baca, dengan kata lain SDM di Negeri ini masih dibawah Rata-rata. Dengan data survei yang ada, bila diamati secara langsung, jelas sangat terlihat dengan kasat mata, bagi teman-teman yang sementara duduk dibangku perkuliahan, setiap hari anda ke kampus berapa kali anda melihat orang yang duduk sedang baca buku ? Berapa banyak orang yang anda jumpai sedang baca buku dalam perpustakaan? Dan berapa kali anda baca buku dalam sehari !!?... Pertanyaan ke dua berapakali dalam sehari anda ke kampus dan melihat orang yang sementara asik dengan gadgednya? bagaimana dengan anda? Jawabanya ada pada diri anda.
ada banyak mahasiswa yang asik baca buku, tidak usah ditanya pasti dia baca buku karena hari itu ujian semester.
Obrolan terhangat yang sering muncul disaat ngopi adalah mengenai Bola, Pacar, Gadged, game, Film.. Yang ngobrol tentang isu-isu Nasional sangat sedikit, ada juga yang senang ngobrolin isu-isu nasional politik dan hukum, itupun kalau lagi treding topic dimedia.
Pengguna Internet di Indonesia sangat besar menembus angka 23,8 persen. Artinya, kurang lebih 23,8 persen dari total populasi penduduk di Indonesia telah terdaftar di Facebook. Bagaimana dengan Path, Istagram, Game online dll ? Tentu tidak diragukan lagi.
Bagaimana dengan minat baca pemuda remaja Gorontalo ?... Pertanyaan yang sangat sulit dijawab karena belum ada data valid mengenai hal itu, akan tetapi hal itu dapat dijawab dengan aktivitas Anak Muda Gorontalo dewasa ini. Minat baca sangat kurang padahal pemerintah telah menyediakan fasilitas perpustakaan umum tetapi tidak dipergunakan sebaik mungkin, hampir disemua tempat para generasi muda Gorontalo lebih banyak meluangkan waktu bermain Gadged, dan besyukur ada yang mempergunakan gadged dengan membaca artilkel-artilkel yang bermanfaat. Membaca adalah cara satu-satunya membuka jendela dunia, dan mempelajari semua yang belum diketahui. Marilah kita sebagai penerus bangsa luangkan waktu untuk membaca.
×