alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/571e2c2d14088d32428b4571/disebut-terkait-sumber-waras-elektabilitas-ahok-malah-naik
Disebut terkait Sumber Waras, elektabilitas Ahok malah naik
Diperiksanya Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, oleh KPK terkait kasus dugaan korupsi pembelian lahan RS Sumber Waras, dan ramainya pembahasan kasus suap reklamasi di Teluk Jakarta, diklaim tidak berpengaruh pada elektabilitas Ahok.

Berdasarkan hasil survei terhadap 400 responden oleh lembaga Populi Center pada 15 hingga 21 April 2016, elektabilitas Ahok meningkat tipis dari 49,5% pada Februari 2016, menjadi 50,8% pada April 2016.

“Berarti tudingan terhadap dua kasus ini, Sumber Waras dan Reklamasi, tidak terlalu kuat dasar subtantif yang memperlihatkan kesalah Ahok. Publik itu kan berpikirnya sederhana, apakah salah atau tidak salah,” ungkap pengamat psikologi politik, Hamdi Muluk, saat menghadiri rilis survei Populi Center di Jakarta, Senin (25/04).


Selain itu, peneliti Populi Center, Nona Evita, menyebut naiknya elektabilitas Ahok karena masyarakat menilai 'kinerja', bukan 'kontroversi'.
Image copyright BBC Indonesia
Image caption Peneliti Populi Center, Nona Evita, saat peluncuran hasil survei.

Dugaan korupsi pembelian sebagian lahan RS Sumber Waras oleh Pemerintah Provinsi DKI mulai diselidiki KPK pada 20 Agustus 2015. Kasus tersebut pertama kali mencuat dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jakarta atas laporan keuangan Pemprov DKI Jakarta pada 2014.

Pada kasus pembelian lahan RS Sumber Waras, BPK menganggap prosedur pembelian tersebut menyalahi aturan, karena harga lahan yang dibeli dinilai jauh lebih mahal, 'sehingga merugikan keuangan daerah sebesar Rp 191 miliar'.

Ahok telah diperiksa BPK pada 23 November 2015, yang kemudian menyerahkan kasus ini kepada Komisi Pemberantasan Korupsi, KPK, yang juga telah memeriksa Ahok terkait kasus tersebut pada 12 April silam.

Dan dia bersikukuh tidak ada kerugian negara dalam pembelian lahan tersebut.
Image copyright BBC Indonesia
Image caption Hamdi Muluk menilai bahwa masyarakat berasumsi berbagai kasus yang melilit Ahok adalah upaya untuk menjatuhkannya.

Sementara dalam kasus reklamasi teluk Jakarta, KPK telah menangkap Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta M Sanusi dan Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja, dalam kasus dugaan suap sebesar Rp2 miliar terkait izin reklamasi Teluk Jakarta membuka kembali kontroversi mengenai proyek tersebut.

Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat meminta Ahok diperiksa terkait kasus ini, menyusul telah diperiksanya staf khusus Ahok, Sunny Tanuwidjaja, Rabu (13/04).

Hamdi menilai, malah naiknya elektabilitas Ahok saat berbagai kasus ramai di sekitarnya, “karena publik menyimpulkan, ini adalah serangan yang dibuat untuk menjatuhkan Ahok menjelang Pilkada. justru publik bersimpati. Apalagi kalau (nanti) terbukti tidak benar.”

“Jika memang ada yang menyerang Ahok untuk tujuan politik, hentikanlah, percuma. Jangan-jangan kalau digempur terus malah naik terus,” tegas Hamdi.


Berbeda dengan Populi Center, hasil kajian lembaga survei lain, Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai KOPI), menyebut kedua kasus tersebut telah membuat elektabilitas mantan bupati Belitung Timur itu anjlok.

Dalam survei yang melibatkan 400 responden di 40 kelurahan di lima wilayah DKI Jakarta pada 18 hingga 21 April 2016, elektabilitas Ahok turun menjadi 45,5%, dari sebelumnya 51,8% pada Maret 2016.

Turunnya elektabilitas ini disebut juru bicara Kedai KOPI, Hendri Satrio, kepada wartawan, Minggu (25/04) berpengaruh pada 'turunnya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja petahana tersebut, dari sebelumnya 71,2% menjadi 68,5%'.
Image copyright AFP
Image caption Pengunjuk rasa menuduh Ahok terlibat korupsi sejumlah kasus.

Hasil serupa di sisi tingkat kepuasan, juga diperoleh Populi Center. Jika tingkat kepuasan masyarakat DKI atas kinerja Ahok pada Februari 2016 berada di level 85,5%, tingkat kepuasan pada April 2016 turun menjadi 81,5%.

Pengamat politik Hamid Basyaib menilai, meskipun elektabiltas Ahok tinggi, tetap perlu ada kritik yang disampaikan kepada orang nomor satu di DKI Jakarta itu, apalagi tingkat kepuasan masyarakat menurun.

“Karena jelas sekali beberapa hal yang dia (Ahok) lakukan itu keliru”, ungkap Hamid.
Image copyright BBC Indonesia
Image caption Hamid Basyaib menilai tetap perlu ada kritik terhadap Ahok.

Hamid menyasar pada sentimen negatif yang diingat masyarakat saat mendengar nama Ahok. “Berdasarkan survei, lebih dari 20% itu mengingat Ahok sebagai figur yang kasar, pemarah, arogan, penggusuran, kejam dan emosional.”

“Itu perlu dikritisi,” tandasnya.

http://www.bbc.com/indonesia/berita_..._elektabilitas

silahkan...

emoticon-Traveller
emoticon-Traveller
emoticon-Traveller emoticon-Traveller
emoticon-Travelleremoticon-Travelleremoticon-Traveller
Masalahnya partai saingannya kena pulak d reklamasi... emoticon-Wakaka
hatrick brayyy . calon thread teman mabok aka panastaik kumpul emoticon-Traveller
hahahahaha

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
survey bayaran dewan direksi nya sianak magang, bisnis triliunan dikendalikan sianak magang, opini di buat si anak magang .. surveynyavdi Glodok dan Pluit .. mantab
elektabilitas versi mana nih? emoticon-Bingung (S)
jangan2 kayak jaman pilpres dulu, ada yg ngaku menang ternyata kalah. emoticon-Cape d... (S)
siapa pula populi center ini ? emoticon-Embarrassment
ane dari dulu gak percaya survei2an emoticon-shakehand
emoticon-Wakaka
ada yg berak dicelana emoticon-Wakaka
Survey pesanan dan nasehat kudus dari dewan penasehat sendiriemoticon-Ngakak
survey nya di booth temanmabok?
sanusi apa kabar nih
tapi tetep aja elektabilitasnya diatas pesaing yg lain emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By bsdnoobz
survey nya di booth temanmabok?


Di kandang babi survey nya
panasbung sampai tidur aja masih mikir ttg ahok

Disebut terkait Sumber Waras, elektabilitas Ahok malah naik

Disebut terkait Sumber Waras, elektabilitas Ahok malah naik
Disebut terkait Sumber Waras, elektabilitas Ahok malah naik
Disebut terkait Sumber Waras, elektabilitas Ahok malah naik
surveynya berarti tidak ada yang tidak bohong dong bray alias semuanya benaremoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By bolehkritikan
survey bayaran dewan direksi nya sianak magang, bisnis triliunan dikendalikan sianak magang, opini di buat si anak magang .. surveynyavdi Glodok dan Pluit .. mantab


tidak ada survey yang tidak menangkan ahok..

artinya apa tuh? tau ga? kan ente spesialis otak oon. emoticon-Wkwkwk

kasihan aja liat ente, survey ginian dibilang bayaran, terus selama ini fitnah gerombolan gembel nasbung macam ente dari sumber varokah yang cuma modal asumsi, katanya, diduga aja ente langsung percaya.

maklum namanya aja gembel nasbung, wajarlah jadi haters emoticon-Wkwkwk
emoticon-Traveller