alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/571e0f8854c07a230a8b456e/wagub-djarot-kritik-pemerintah-latah-istilah-asing
WAGUB Djarot Kritik Pemerintah Latah Istilah Asing
VIVA.co.id – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saeful Hidayat mengkritisi penggunaan istilah bahasa asing yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, hal itu akan melunturkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia, yang merupakan bahasa ibu masyarakat Indonesia.

"Kita ini kan, kehilangan Indonesia di Indonesia. Penggunaan bahasa Indonesia sudah mulai luntur. Contoh park and ride, jalur busway, MRT, lalu LRT macam-macam perlu diluruskan. Apa tidak bisa pakai Bahasa Indonesia?" ujar Djarot di Balaikota, Jakarta, Senin 25 April 2016.

Djarot juga mengkritisi pemerintah pusat yang seharusnya menjadi penjaga bahasa, malah menggunakan istilah asing dalam berbagai acara.

"Bukan apa-apa, bangsa yang besar harus mengahagai bahasa sendiri. Pemerintah pusat sekarang bikin acara pakai bahasa asing, padahal bisa diterjemahkan baik dengan bahasa indo. Contohnya Smart City, Go Green, Tax Amnesty," ujarnya.

Menurut Djarot, penggunaan bahasa Indonesia harus dibiasakan di ruang publik, agar tidak salah dimaknai generasi muda. Salah satu indikator, lanjutnya, adalah, nilai Ujian Nasional (UN) mata pelajaran bahasa Indonesia lebih rendah dibandingkan bahasa asing.

"Saya tanya Kepala Dinas Pendidikan, berapa nilai UN untuk pelajaran Bahasa Indonesia? Lebih rendah dibanding dengan bahasa asing. Ini tanda lunturnya bahasa Indonesia," ujarnya.

Djarot meminta, agar penggunaan istilah asing harus disertai dengan padanan bahasa Indonesia. Hal itu, agar penggunaan Bahasa Indonesia tidak terpinggirkan, terutama oleh generasi muda.

http://m.news.viva.co.id/news/read/7...edium=facebook
Pak Jarot komprehensif! 😯
Dalam 100 tahun belum tentu lahir pemimpin sekomprehensif dan sesederhana ini!
adalah benar.

harus diakui malaysia lebih menjaga bahasanya dari serapan.
Mulai dari hal sederhana,biasakan menyebut jamban/kakus,bukan toilet emoticon-Recommended Seller
Quote:Original Posted By kalangkang.
Mulai dari hal sederhana,biasakan menyebut jamban/kakus,bukan toilet emoticon-Recommended Seller


Anak2 gahol jaman skrg mana mau bilang jamban, gengsi cuy

emoticon-Ngacir
Dulu ada loh pejabat yang hobi banget pake kata "injeksi" dalam tiap pernyataannya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By kakekserbatahu
adalah benar.

harus diakui malaysia lebih menjaga bahasanya dari serapan.


Masak sih bre? Upin ipin aja ngeja kata pake englis,ei bi si di bukan a be ce de
pokoknya nampang dah.. perkara yang dibahas ga penting gapapa.
betul.
knapa harus pakek basa asing klo di kosakata kita sendiri ada.
tp kadang aneh emoticon-Wakaka









WAGUB Djarot Kritik Pemerintah Latah Istilah Asing

Komeng Ini Telah DiSahkan Oleh KPU,BPK,DPR,Dan Juga MPR
Quote:Original Posted By SLSDBS


Anak2 gahol jaman skrg mana mau bilang jamban, gengsi cuy

emoticon-Ngacir


mungkin epek cinta laura emoticon-Hammer (S)
emoticon-Maaf Agan
hata rajasa noh pelopornye emoticon-Mad
emoticon-Shakehand2
emoticon-Shakehand2
widih jarot komplain ...emoticon-Wkwkwk
ya sudah ganti aja hok emoticon-Big Grin
iya juga sih emang nya ga bisa ya di ganti bahasa indo. misal car free day kan bisa ganti hari bebas mobil
motor masi lewat emoticon-Ngakak
Ban serep lagi kempes yah? Minta dipompa lagi? Sayangnya tukang pompanya mau ngisi ban lain emoticon-Ngakak

Pak jarot ngomong2 kalo dirumah ngobrol ama keluarhanya dah pake bahasa indonesia baku sesuai kbbi?

Jangan2 dirumah tar bilangnya
Lu, gua, ente, ane, banyak ngemeng lu emoticon-Ngakak
nih wagub cuma hal sepele mulu yg diributin.
giliran dirapat lagi bahas agak teknikal dikit cuma bisa diam seribu bahasa


emoticon-Traveller
Bukan kerja yang bener?!