alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/571e0d1d1854f7c6268b456f/selamatkan-sungai-selamatkan-kota-jakarta
Selamatkan Sungai, Selamatkan Kota [Jakarta]
Selamatkan Sungai, Selamatkan Kota [Jakarta]

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan belasan sungai di Ibu Kota tak pernah benar-benar disadari warganya. Alih-alih menjadi sumber peradaban kota, sedikitnya 13 sungai di Jakarta baru diingat warganya hanya saat jadi sumber bencana.

Sulit mencari warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang memiliki ingatan saat Kali Krukut masih bening. Padahal, kali yang membentang 40 kilometer dari Kali Citayam di Bogor, hingga Kali Ciliwung, Jakarta, itu melintasi wilayah mereka.

Kali ini membelah Kelurahan Pela Mampang dan Petogogan sepanjang 2 kilometer. Krukut kini penuh lumpur hasil pengendapan tanah dan sampah. Airnya kecoklatan. Aroma tak sedap muncul di sejumlah tempat di wilayah Kelurahan Petogogan dan Pela Mampang.

Karnisah (58), warga RT 012 RW 005 Kelurahan Pela Mampang, yang tinggal di bantaran Krukut sejak 1987, mengatakan tak pernah melihat kali itu dalam keadaan bersih. Sejak tinggal di sana, warga juga terbiasa membuang limbah rumah tangganya di kali tersebut.

Sepanjang ingatan Karnisah, sejak tinggal di sana, banjir akibat meluapnya Kali Krukut kerap terjadi. Terparah pada 2007, saat air kali meluap hingga setinggi 2 meter di bantaran kali. Namun, setelah banjir besar itu, ia masih melihat warga buang sampah ke kali.

"Mungkin karena belum ada hukumannya, jadi warga asal cemplungin sampah ke kali," katanya lagi.

Alasan membuang sampah ke kali diungkapkan Mariono, warga RT 008 RW 003 Kelurahan Petogogan, yang tinggal dan membangun rumah permanen di bantaran Kali Krukut sejak 1991. Saat pertama kali tinggal di sana, ia mengaku tak punya pilihan tempat lain untuk membuang sampah selain kali.

Hingga awal tahun 2000, tak ada petugas pengangkut sampah di wilayahnya. Saat mayoritas warga membuang sampah ke kali, hal itu tak lagi dianggap sebagai kesalahan.

Anugerah alam

Keberadaan 13 sungai di Jakarta ini sesungguhnya anugerah alam. Menurut ahli sumber daya air Institut Pertanian Bogor (IPB), Kukuh Murti Laksono, pekan lalu, sungai di Jakarta itu sebetulnya kecil-kecil. Hanya Ciliwung yang terbesar.

Secara alami, jika tak dikepung permukiman dan gedung, sungai itu berfungsi sebagai resapan air dan juga penahan intrusi air laut. Sangat bermanfaat bagi Jakarta yang berada di dataran rendah.

Namun, Jakarta yang tumbuh sebagai pusat perekonomian nasional, lanjut Kukuh, terus menjadi magnet urbanisasi. Jumlah penduduk terus membubung. Tanpa pengembangan teknologi pengelolaan air dan sungai, kata Kukuh, kualitas hidup warga akan semakin buruk.

Ahli hidrologi IPB, Hidayat Pawitan, menambahkan, saat ini potensi gelontoran air dari hulu ke Jakarta dengan curah hujan lima tahunan mencapai 2.000 meter kubik per detik. Sebaliknya total kapasitas sungai di Jakarta tidak lebih dari 1.000 meter kubik per detik. "Dibutuhkan rekayasa teknik pengelolaan air karena lahan yang tersedia kian sempit," ujarnya.

Revitalisasi terbaik sungai ini adalah dengan melibatkan warga di sekitarnya. Untuk mendekatkan kembali warga dengan sungai itulah, Kompas akan memulai liputan khusus menelusuri satu per satu dari 13 sungai tersebut dalam beberapa bulan ke depan.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...elamatkan.Kota
Terkutuklah kalian manusia hina yang suka membuang sampah sembarangan
emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck
Nyimak ulud gan
itu air kiriman dari mana aja sih? kok kesannya adem ayem yg ngirim
emoticon-Traveller
selama masih pade buang sampah sembarang di kali ya gitu lah
Ahok sungguh seorang pemimpin yg mencintai sungai.
Luar biasa! Dalam 100 tahun belum tentu lahir pemimpin yg begitu mencintai sungai dan merakyat seperti ini! 😯
kembalikan kali ke fungsi semula.
jangan jd lahan buat bikin rumah jangan jg jd tong sampah
trit sepi, kagak ada ahoknya
Quote:Original Posted By domba.semprul
Terkutuklah kalian manusia hina yang suka membuang sampah sembarangan
emoticon-fuck emoticon-fuck emoticon-fuck

Tumben ada si drunktod disini,
Biasanya main sarah mulu dehemoticon-Big Grinemoticon-Wakaka


Yap, sungai harus dijaga kelestariannya, yang bisa langsung minumemoticon-Wakaka
emoticon-Mewek emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By Baskara_Laut
Ahok sungguh seorang pemimpin yg mencintai sungai.
Luar biasa! Dalam 100 tahun belum tentu lahir pemimpin yg begitu mencintai sungai dan merakyat seperti ini! 😯


Menurut faisal basri ahok masih belum bagus sbg gubernur dki tapi beliau mendukung ahok karena yakin akan banyak bermunculan org org yg lebih hebat dari ahok bahkan hingga ke daerah daerah
Ga cuma di jakarta,di daerah lain sungainya juga coklat