alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/571e0bd9947868b6188b4570/singapura-jadi-misikin-singapura-jegal-pembahasan-ruu-quottax-amnestyquot
[Singapura Jadi Misikin?] Singapura Jegal Pembahasan RUU "Tax Amnesty"?
Quote:

JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya kepentingan asing menggagalkan pembahasan RUU Pengampunan Pajak (tax amnesty) makin terlihat jelas menjelang pembahasan RUU tersebut di DPR.

Aksi tersebut dilakukan melalui sejumlah LSM dan politisi yang ingin dana-dana WNI tetap tersimpan di "save haven countries" dan tidak ingin ribuan triliun dana tersebut kembali ke dalam negeri untuk membiayai pembangunan nasional.

Pengamat Perpajakan dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Rony Bako di Jakarta, Mingggu (24/4/2016), mengingatkan kepada pemerintah dan DPR untuk berhati-hati lantaran ada kemungkinan asing semakin gencar melakukan lobi-lobi guna menggagalkan RUU Tax Amnesty demi kepentingan negara mereka.

Menurut dia negara-negara tetangga yang sering dijadikan tempat untuk menyimpan dana-dana warga RI seperti Singapura bakal kekeringan likuiditas akibat kebijakan tax amnesty.

"Ada saja cara mereka lakukan, entah itu dengan lobi-lobi politik. Pasti ada, pemerintah harus berhati-hati dengan ini," kata Roni.

Roni menegaskan kepentingan asing melalui perusahaan-perusahaan yang terafiliasi akan terkena dampak besar akibat kebijakan tax amnesty. Akibatnya, perdebatan dan penolakan akan kebijakan tersebut pun cukup besar digencarkan para politisi dan sejumlah LSM.

Menurutnya, kekhawatiran terhadap pihak asing yang ingin menggagalkan rencana pengesahan RUU Tax Amnesty, membuat pemerintah Indonesia harus mengambil prinsip. Salah satunya dengan menetapkan tarif tebusan yang menarik yang akan dibebankan kepada peserta tax amnesty.

Sejauh ini, tarif tebus yang akan berlaku untuk deklarasi adalah 2 persen untuk tiga bulan pertama, 4 persen untuk tiga bulan kedua, dan 6 persen untuk enam bulan selanjutnya.

Sementara untuk tarif tebusan yang berlaku atas repatriasi dana adalah 1 persen untuk tiga bulan pertama, 2 persen untuk tiga bulan kedua, dan 3 persen untuk enam bulan selanjutnya.

Ia mengatakan bahwa pembahasan RUU Tax Amnesty kuncinya ada di besaran uang tebusan.

Menurutnya, perlu adanya pembedaan selisih tarif tebus antara yang deklarasi dana yang ditempatkan di luar negeri dengan yang merepatriasi dananya ke Tanah Air dibuat lebih signifkan.

Dengan demikian, banyak warga negara Indonesia yang menempatkan dana di luar negeri melakukan repatriasi dana kembali ke NKRI.

Konsistensi Pemerintah

Selaras dengan hal tersebut, salah satu peneliti pajak Indonesia Bawono Kristiadji mengatakan, jika ada isu-isu asing seperti Singapura yang ingin menjegal keberlangsungan RUU Tax Amnesty, maka pemerintah harus tetap konsisten dan terus maju untuk mengaplikasikan kebijakan tax amnesty.

"Mereka harus terus maju, karena di zaman globalisasi ini, kebijakan pajak setiap negara dapat saja berpengaruh pada situasi pajak di negara lain. Jadi pasti ada negara yang takut atas hal tersebut seperti Singapura atau yang lainnya," kata dia.

Bawono mengatakan, data-data di luaran sana tentang wajib pajak yang belum membayar pajak dengan semestinya masih banyak dan pemerintah harus melihat itu dengan diberlakukannya tax amnesty.

"Data atas harta yang selama ini belum dilaporkan, itu bisa terjaring karena tax amnesty. Itu sangat penting dalam membangun kepatuhan pajak di Indonesia. Karena dengan tax amensty di kemudian hari pemerintah memiliki data dan profil harta atau penghasilan WP dengan lebih baik. Hal inilah yang lebih esensial dari kebijakan tax amnesty," pungkasnya. (Budi Suyanto)



sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...U.Tax.Amnesty.

gile aja kalo sampe semua uang indo balik dr singpore
bisa tiba2 miskin tuh negara
Quote:Original Posted By martin.garrix


sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...U.Tax.Amnesty.

gile aja kalo sampe semua uang indo balik dr singpore
bisa tiba2 miskin tuh negara


cuma bisa ketawa aja baca komentar ini emoticon-Big Grin
BPLN? emoticon-Traveller
Menarik nih...

Kondisi di DPR gimana? siapa yg pro siapa yg kontra?
Emang. Singapur banyak nyimpen duit dari Indonesia. Kalau di tarik, bisa goyah ekonomi Singapura.

Menurut yg ane denger.
Urusan reklamasi lokal aja 2M, gimana UU tax amnesty digagalkan, pasti jutaan dollar dah ngucur...modus mah sama
Pengampunan pajak..emng mereka mw apa klow tu ruu disahkan..gw mah ragu
Org indonesia (anti wiwi) juga ikut jegal kok
Ah....gua kok nga yakin dengan tax amnesty orang mau balikin duit ?
Katanya bisa ribuan triliun balik, aku kok sangsi ya ?
Ahok memang sungguh merakyat!
Dalam 100 tahun belum tentu lahir pemimpin sekomprehensif dan sesederhana ini! 😯

..... Eh, bukan trit Ahok ya.... Maaf! :... emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By martin.garrix


sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...U.Tax.Amnesty.

gile aja kalo sampe semua uang indo balik dr singpore
bisa tiba2 miskin tuh negara


Emang selama ini uang yang di singapore itu dipakai untuk apa?
kunci pembahasan ya di DPR, patut diawasi gerak gerik terlihat maupun yang gak emoticon-Big Grin
jangan hanya tax amnesty, low tax country juga boleh emoticon-Stick Out Tongue
Mana nih trademark goblog?! emoticon-Wkwkwk
Singapore itu emang tempatnya nyimpan uang, secara legal dan tidak.

Salah satu contoh, institusi kayak perusahaan2 gede terkadang buka full office di Singapura dan di negara asean lain spt, indonesia/Malaysia/philippines, dll .. cuma perwakilan saja .. sehingga semua dana diatur dari kantor singapore.


Uand koruptor yg parkir cuma sebagian saja ... jadi jika mau tax amnesty efektif, sekalian lihat kebijakan lain spt pajak, kepastian hukum, kemudahan ijin usaha, dll .


Tapi, gw pernah ngobrol sama kenalan yg ex. Pegawai di bkpm singapore.. emang singapore paranoid jika dana2 keluar dari negri mereka.
namanya jg duit gede bray
pihak manakah yg paling mungkin disusupi penjegalan sin ?
32 + 10 ngapain aja ya?