alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/571dde3f1ee5df4b718b4567/mapolda-sulsel-terbakar-72-tahanan-dipindahkan
Mapolda Sulsel terbakar, 72 tahanan dipindahkan



Merdeka.com - Pasca kebakaran terjadi


Mapolda Sulsel terbakar, 72 tahanan dipindahkan
Merdeka.com - Pasca kebakaran terjadi di Markas Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Senin (25/4) dini hari, sebanyak 72 orang tahanan dipindahkan. Mereka dititipkan ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Makassar, di Jalan Rutan.

72 tahanan itu terdiri dari sembilan perempuan dan 63 lelaki. Mereka adalah tahanan berlatar belakang beragam kasus. Mereka digiring ke Rutan Kelas I Makassar, menggunakan dua minibus dan dua bus besar, dikawal satu regu unit Sabhara Polda Sulsel berjumlah 14 orang.

Kapolda Sulsel, Irjen Polisi Anton Charliyan mengatakan, pemindahan tahanan dilakukan karena lokasi saat ini tidak memungkinkan. Sel tahanan menjadi panas setelah kebakaran melanda beberapa ruangan di lantai satu, dua, dan tiga di gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum. Di tempat itu juga terdapat ruangan penyidik Direktorat Reserse Narkoba.

Kepala Rutan Klas I Makassar, Surianto mengatakan, tahanan memang sementara dititipkan.
Mapolda Sulsel terbakar, 72 tahanan dipindahkan


"Kita tidak tahu sampai kapan tahanan dari Polda itu di Rutan ini. Yang jelas statusnya titipan dengan kode A 1, sebagaimana status titipan polisi lainnya apakah dari Polsek, Polres atau Polda. Kapan hendak diambil oleh pihak penahannya, maka segera diserahkan. Selanjutnya mereka akan ditempatkan di blok khusus, yang namanya blok Mapenaling atau blok Masa Pengenalan Lingkungan, yang akan dilalui selama tiga hingga tujuh hari ke depan. Selanjutnya sudah bisa bercampur dengan tahanan atau binaan dari blok reguler," tutur Surianto.

Dikatakan Surianto, di Rutan Kelas I Makassar dijaga 141 petugas, dibagi empat giliran jaga. Jumlah tahanan saat ini berjumlah 1.548 orang, padahal daya tampung hanya 650 orang.

"Kalau disebut overcapacity karena kedatangan 72 tahanan dari Polda Sulsel, sebenarnya di Rutan ini sebelumnya memang sudah overcapacity. Jadi diterima saja," ucap Surianto.

(mdk/ary)





Sumber; http://m.merdeka.com/peristiwa/mapolda-sulsel-terbakar-72-tahanan-dipindahkan.html
×