alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/571dd1c5529a456c338b456a/tni-au-minta-satu-skadron-pesawat-amfibi-untuk-jaga-laut
TNI AU Minta Satu Skadron Pesawat Amfibi untuk Jaga Laut
Quote:
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna menyatakan matranya membutuhkan satu skadron pesawat pengawas tipe amfibi untuk memaksimalkan pengawasan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang begitu luas.

Berdasarkan konvensi hukum laut internasional, ALKI merupakan alur untuk pelayaran dan penerbangan yang dapat dimanfatkan kapal atau pesawat asing. Keberadaan ALKI, kata Agus, berkaitan dengan peran TNI AU dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Dengan ALKI I, II, III yang begitu luas, berarti harus ada kekuatan udara yang bisa cepat hadir di mana saja, yang bisa dobel fungsi, contohnya pesawat amfibi," kata Agus di sela Seminar Nasional Kedirgantaraan bertema ‘Meningkatkan Peran TNI Angkatan Udara dalam rangka Mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia’ di Persada Executive Club Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (25/4).

ALKI I melintasi Laut China Selatan, Selat Karimata, Laut Jawa, dan Selat Sunda. ALKI II melintasi Laut Sulawesi, Selat Makassar, Laut Flores, dan Selat Lombok. Sementara ALKI III melintasi Samudra Pasifik, Laut Maluku, Laut Seram, Laut Banda, Selat Ombai, dan Laut Sawu.

Pengawasan udara di wilayah ALKI I yang juga membentang di atas Selat Malaka, kata Agus, membutuhkan minimal empat pesawat amfibi.

"Kalau berpikir ideal, kita bisa membayangkan berapa luas wilayah Indonesia. ALKI I saja sudah luas. Berarti minimum sudah butuh empat pesawat," ujar Agus.

Maka dengan wilayah Indonesia yang memiliki tiga ALKI, kata Agus, dibutuhkan setidaknya satu skadron pesawat amfibi yang berjumlah 12 hingga 16 unit.

"Itu (satu skadron) kebutuhan minimalnya," ujar Agus.
Lihat juga:Suryadarma, di Balik Angkatan Udara RI yang Ditakuti Dunia
TNI AU saat ini sudah memiliki pesawat amfibi, namun tak mencukupi. Dua di antara pesawat amfibi yang dipunyai Indonesia ialah Albatross dan Catalina. Pesawat-pesawat itu biasa digunakan untuk patroli, operasi SAR, dan pemadaman kebakaran hutan.

Agus menyerahkan pengadaan alat utama sistem senjata udara yang dibutuhkan TNI AU kepada Kementerian Pertahanan. Sementara TNI AU hanya mengirimkan spesifikasi teknis sesuai kebutuhan matra mereka.

"Masalah jenis pesawatnya apa, nanti tanyakan ke Kemhan. Kalo kami urus spesifikasi. Butuh yang seperti apa," ujar Agus.

Pada kesempatan yang sama, anggota Komisi I DPR Mayjen Purnawirawan Supiadin Aries Saputra mengatakan peran TNI AU tidak mudah dalam mengamankan poros maritim dunia karena kondisi alutsista saat ini yang belum maksimal.

Pengadaan alutsista, ujar Aries, harus berdasarkan kebutuhan pengguna, bukan kepentingan pihak lain di luar TNI. (agk)


http://www.cnnindonesia.com/nasional...tuk-jaga-laut/

Beli pesawat tempur kok gak ada radarnya, dan gak pake senjata.... eh itu pesawat yg lain ya,
semoga gak repost
masih tanda tanya jenis pesawatnya apa, juga ga disebutin apa dari rusia atau jepang kayak yang heboh kemaren.
kebutuhan skuadron ini ada dlm renstra ato muncul begitu saja...klo muncul dadakan alamat kacau nih pembiayaan renstra kedepannya, la wong su-35 aja mengap-mengap anggarannya...
Edisi lain dari keblingernya bapak chief yang satu ini.. setelah misuh2 soal baby falcon, sekarang minta 1 ska pesawat buat patroli laut? Sepertinya gak peduli kalo itu bisa tumpak2an sama tupoksinya AL atau sipil (KKP mungkin).. yang penting dagangannya laku??
Urusan patroli maritim sama amfibi apa hubungannya? Urusan SAR tupoksi BASARNAS, bukan TNI-AU. Urusan pemadaman kebakaran hutan tugas BNPB, bukan TNI-AU.

Ini mah bukan ada kebutuhan sesuai renstra lalu dicari pesawat yang sesuai. Ini lebih mirip ada titipan lalu dicari alasan buat pengadaan.
Laut tugas al
Kenapa ga planning beli awewe eh aew dulu??????

Nanti pilot kita dikatain make rato pulak
TNI AU Minta Satu Skadron Pesawat Amfibi untuk Jaga Laut

ini ? emoticon-Big Grin
kira kira kapan ya TNI AU mau pesan MBT sekelas Leopard untuj jaga perbatasan ya?
IMO ada bau-bau titipan deh emoticon-Embarrassment
Jangan2 kickback dr pesawat amfibi ini gedhe sampe pak ksau pengen banget keknya.
Bukannya cari pesawat yg punya deterjen mlh cr pesawat geje buat patroli alki
Nice, makin keblinger~

Bakal pensiun kapan sih ni bapak?
Lebih tertarik paragraf terakhirnya:

"Pengadaan alutsista, ujar Aries, harus berdasarkan kebutuhan pengguna, bukan kepentingan pihak lain di luar TNI. (agk)"
emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By silent.reader.4
kira kira kapan ya TNI AU mau pesan MBT sekelas Leopard untuj jaga perbatasan ya?


saya malah nunggu kapan TNI AU beli kapal silem, biar bisa patroli sampai kedalam lautan
Quote:Original Posted By baraku


saya malah nunggu kapan TNI AU beli kapal silem, biar bisa patroli sampai kedalam lautan

Lah kemarin kan udah 3 biji (Al) emoticon-Hammer
Kalo misal nih ya, jadi beli kira2 yg bakal dipilih pesawat apaan ya? emoticon-Bingung (S)
bau baunya ada yang mau pensiun ni, jd tampil mulu,

seumpama itu pesawat amfibi terus apa hubungannya dengan laut , mau tiba tiba mendarat di laut kalau ada pelanggaran ?? walau namanya pesawat amfibi tu pesawat ga akan bisa mudah mendarat di air tergantung gelombang laut juga, selain itu kalau seumpama berhasil mendarat di laut mau gimana cara mengejar pelanggarannya kalo si kapal tetep kabur,

atau mau memudahkan untuk refuel dan logistik di pulau terluar?? la kalo pesawat aja susah sampai lokasi situ gimana avturnya mau model drum di engkol pake tangan ??? emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By HarsoMukmiin
Nice, makin keblinger~

Bakal pensiun kapan sih ni bapak?


Jangan didoakan pensiun dini, ntar kalo masuk komisi 1 gimana jadinya?
Quote:Original Posted By lovessapilover


Jangan didoakan pensiun dini, ntar kalo masuk komisi 1 gimana jadinya?


Februari besok udah pensiun klo dari wiki. Sabar deh emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By HarsoMukmiin


Februari besok udah pensiun klo dari wiki. Sabar deh emoticon-Big Grin


berarti taun depan dong,apa gak bisa di percepat yah? emoticon-Shutup emoticon-Ngacir
AU minta patroli maritim? mungkin gara2 si babe lg menggaung2kan yg berbau maritim jd biar ada andil lah menyukseskan program babeh..
Pesawat amphibi kan spek nya sipil banget
Harusnya kemhan ga perlulah ngurus ginian.