alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/571dc7a714088d1b458b456d/survei-elektabilitas-ahok-naik-meski-dikaitkan-banyak-kasus
Cool 
Survei: Elektabilitas Ahok Naik Meski Dikaitkan Banyak Kasus
Quote:Survei: Elektabilitas Ahok Naik Meski Dikaitkan Banyak Kasus

Survei: Elektabilitas Ahok Naik Meski Dikaitkan Banyak Kasus

TEMPO.CO, Jakarta - Populi Center memaparkan hasil survei kali ketiga terkait pemilihan kepala daerah DKI Jakarta, Senin, 25 April 2016. Elektabilitas Ahok pada survei Februari sebesar 49,5 persen, sedangkan survei April 50,8 persen. Lembaga riset ini mengangkat tema "Pilgub Jakarta: Rasionalitas Pemilih di Antara Skandal dan Kinerja".

Peneliti Populi Center, Nona Evita, mengatakan bahwa elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama naik dibanding survei sebelumnya. "Temuan menarik dari survei ini adalah meski diterpa kontroversi dan skandal, elektabilitas Gubernur Ahok naik sedikit dibanding Februari," kata Nona di kantor Populi Center, Jakarta Barat.

Menurut Nona, survei ini dilakukan pada 15-21 April 2016. "Setelah anggota Komisi D Sanusi terjading OTT KPK dan Gubernur Ahok menjadi saksi dugaan kasus pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras," ujarnya.

Ia menjelaskan, Populi Center membuat survei ini untuk mengetahui tanggapan publik atau pemilih DKI. "Apakah petahana Basuki Tjahaja Purnama masih kuat saat diterpa kontroversi?" Kata dia.


Pengamat psikologi politik Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, mengatakan hasil survei ini mematahkan tesis pendapat orang. "Bahwa kalau Ahok diserang terus, maka elektabilitasnya turun. Ternyata (hasil survei) malah makin naik. Ini menarik," kata dia. "Pesannya adalah yang mau menyerang Ahok bisa jadi berhenti. Karena mau menggempur Ahok, makin diserang makin naik elektabilitasnya."

Survei ini melibatkan 400 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Risetnya menggunakan metode acak bertingkat. Lokasi survei di enam wilayah DKI Jakarta, yaitu Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu. Dananya berasal dari Yayasan Populi Indonesia. Survei sebelumnya dirilis pada Desember 2015 dan Februari 2016.


Survei Populi Center berbeda dengan survei yang digelar Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia atau Kedai Kopi. Dalam survei itu elektabilitas Ahok justru melorot pascapemanggilan ia oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus Sumber Waras.

"Pasca Ahok dipanggil KPK ada fluktuasi dalam elektabilitasnya," kata Juru bicara Kedai Kopi, Hendri Satrio, kepada Tempo, Minggu 24 April 2016.

Hendri menjelaskan elektabilitas Ahok pada Januari lalu mencapai 43,25 persen. Pada Februari elektabilitasnya naik menjadi pada 43,5 persen. Bahkan pada Maret elektabilitas Ahok meningkat tajam hingga 51,80 persen. "Pasca-pemanggilan oleh KPK elektabilitasnya melorot menjadi 45,5 persen," ujarnya.https://metro.tempo.co/read/news/201...n-banyak-kasus


mantap koh.. pelan-pelan aja naeknya!
biar nasbung kelonjotannya agak tertib dikit emoticon-Ngakak
populi sudah d beli teman2.... ayo kita seraaanggg.. emoticon-army
Surveynya di Glodok itu?

Survei: Elektabilitas Ahok Naik Meski Dikaitkan Banyak Kasus

ini baru gubernur kite
Quote:Original Posted By harakiri1
Surveynya di Glodok itu?




gw kan sudah ingatin, kalo kelonjotan yg tertib! ah elah, gw tampol juga lu sampe bego. ehh,, lupa, lu kan udah bego ye? emoticon-Ngakak
Survei: Elektabilitas Ahok Naik Meski Dikaitkan Banyak Kasus
Survei: Elektabilitas Ahok Naik Meski Dikaitkan Banyak Kasus

kelompok ABA (asal bukan Ahok) emoticon-DP emoticon-DP emoticon-DP
memang. Pengamat2 politik yg bener dan tepat macam toto, ikrar uda bilang kalo kepuasan tinggi, elektabilitas juga tinggi, malah elektabilitas ahok digerogoti isu agama doang sebenrnya

Kalo pengamat buat lucu2an yg suka nongkrong di tv bakrie jelas beda, selalu samain sama foke yg kepuasanya cuma 38%, hasilnya presidennya wowo, bukan jokowi
Ahok ini ibarat cewe tercantik di sekolahan, biar diomongin yg enggak2 tetap aja jadi inceran cowo2
Beda ama yg dari kedai kopi ya.
Btw, itu kedai kopi hebat juga ya, bisa bikin survey tiap bulannya.
pasca di panggil KPK, malah naik drastis tu eleknya, sampe 51an % emoticon-Big Grin
nasi bungkusnya perlu dinaikin lagi jenis lauknya, kalo perlu 2 macem, biar berkualitas lagi trit anti ahoknya emoticon-Big Grin
Ada sedikit keanehan dr surveynya si Hendri dari kedai kopi. Kali dari berita tempo di atas, hasil survey mereka per maret, elektabilitas Ahok 51,8.

Dari berita ini http://m.okezone.com/read/2016/03/29/338/1348031/risma-maju-di-dki-elektabilitas-ahok-bisa-anjlok
Si Hendri kedai kopi bilang elektabilitas Ahok 43,5. Ini berita per 29 Maret.

Kalo berdasarkan bacotnya Hendri di 29 Maret ini, justru elektabilitas Ahok naik, krn survey mereka skrg bilang Ahok 45,5.



Quote:Original Posted By harakiri1
Surveynya di Glodok itu?

Survei: Elektabilitas Ahok Naik Meski Dikaitkan Banyak Kasus




Yang disurvey manusia model ginian... Tentu naik...
panasbung susah menerima kenyataan... jelang pilkada dki pwnjualan baygon cair akan meningkat. innalillah
Mantap dah pasti menang dah sekarang calonnya makin banyak suaranya bakalan pecah pecah kesempatan menang Ahok makin besar....