alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/571d93911cbfaa58728b4577/kpu-dki--aturan-materai-calon-independen-batal
KPU DKI : Aturan Materai Calon Independen Batal
Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah DKI Jakarta, Sumarno menegaskan pihaknya telah membatalkan rencana aturan materai untuk surat dukungan calon independen pada Pilkada 2017.

"Ya, (dibatalkan). Tapi yang tetap itu untuk yang kolektif ya. Penyusunan dukungan per kelurahan itu dilampiri materai. Kalau untuk perorangan, tidak perlu ada materai," ujar Sumarno saat dihubungi INILAHCOM di Jakarta, Minggu (25/4/2016).

Ia menyayangkan rencana aturan ini sempat menjadi kontroversi di tengah masyarakat.

Persyaratan itu justru dibuat dengan tujuan sebagai opsi untuk memudahkan para calon independen dalam menghimpun dukungan mereka.


Pasalnya, selama ini dukungan terhadap calon independen disampaikan secara kolektif dan disusun per kelurahan.

"Tetapi faktanya, ada dukungan orang per orang. Orang yang ingin memberikan dukungan itu, belum tentu dia bisa menuliskan dukungannya dalam bentuk kolektif bersama orang yang bersangkutan sesuai dengan wilayahnya. Karena itu diberikan opsi ada formulir dukungan yang bersifat perorangan, tidak perlu kokektif. Akan lebih komprehensif dukungan itu dan memiliki kekuatan hukum, bila di lembar perorangan diberikan materai," tuturnya.

Untuk itu, Sumarno mengharapkan agar masyarakat tak lagi menyudutkan KPU terkait hal ini.

"Aturan ini kan, disalahpahami (masyarakat) kalau KPU akan memperberat calon independen karena setiap orang yang membrikan dukungan harus ada materai. Padahal, bukan begitu maksudnya," tandasnya.

http://nasional.inilah.com/read/deta...dependen-batal

bakalan ada yg koar2 nih kubu sebelah emoticon-Wow emoticon-Wow
bagus kan.
gag bikin berat yg nyalon independen
bingung saya ... bagus di mananya aturan 1 meterai untuk tiap surat dukungan ?

yang mau kasih dukungan kan gak perlu ke kelurahan, tapi bisa hubungin team sukses bakal calon gubernurnya ...

nanti antara bisa diarahin ke lokasi kasih dukungan, atau dijemput

memangnya kalau dikasih meterai bedanya apa ?
per kelurahan okelah. walau sebenernya bukan beli meterainya sih yang mahal.. emoticon-Wowcantik
Quote:Original Posted By kepedulianku
bingung saya ... bagus di mananya aturan 1 meterai untuk tiap surat dukungan ?

yang mau kasih dukungan kan gak perlu ke kelurahan, tapi bisa hubungin team sukses bakal calon gubernurnya ...

nanti antara bisa diarahin ke lokasi kasih dukungan, atau dijemput

memangnya kalau dikasih meterai bedanya apa ?



kalo kata anak2 BP biar sah gan emoticon-Leh Uga



bagus deh kalo batal jadi ga bikin calon independen pusing mikirin biaya materai
Sebenarnya aturan itu bagus2 saja dan tidak masalah.
Yang jadi kontroversi disinikan, Kenapa info merubah peraturan itu dekat sekali dengan batas waktu pencalonan Independen ditutup. Kan kesannya memberatkan salah satu calon. Apalagi ini untuk kedua kalinya calon tersebut harus mengulang kembali pengumpulan KTP. kan tolol.
Quote:Original Posted By yoosan89
Sebenarnya aturan itu bagus2 saja dan tidak masalah.
Yang jadi kontroversi disinikan, Kenapa info merubah peraturan itu dekat sekali dengan batas waktu pencalonan Independen ditutup. Kan kesannya memberatkan salah satu calon. Apalagi ini untuk kedua kalinya calon tersebut harus mengulang kembali pengumpulan KTP. kan tolol.



iyo gan, mana suara udah tembus 600k malah dibikin aturan baru

ketara banget lah
batal jegal dong? emoticon-Wakaka
habib borokmen beneran jdi terjun gk sih gans?
KPU DKI : Aturan Materai Calon Independen Batal
fix KPU udah dibeli ahook emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
setelah marak trending leh uga
emoticon-Leh Uga
sekarang marak trending materai..
monggo untuk moderator agar didiskusin biar icon materai bisa nonggol dikaskus hahaha
Quote:Original Posted By Senzaku



kalo kata anak2 BP biar sah gan emoticon-Leh Uga



bagus deh kalo batal jadi ga bikin calon independen pusing mikirin biaya materai


sah tidaksnya suatu dokumen tidak ditentukan oleh ada tidaknya materai.

paling2 kalau ada perselisihan di pengadilan, kalau pengadilan menentukan harus pakai materai ya .. dikenakan saja biaya materai.

25-4-2016

Widiiih

KPU DKI : Aturan Materai Calon Independen Batal


KPU DKI : Aturan Materai Calon Independen BatalKPU DKI : Aturan Materai Calon Independen BatalKPU DKI : Aturan Materai Calon Independen BatalKPU DKI : Aturan Materai Calon Independen BatalKPU DKI : Aturan Materai Calon Independen BatalKPU DKI : Aturan Materai Calon Independen Batal

Quote:Original Posted By yoosan89
Sebenarnya aturan itu bagus2 saja dan tidak masalah.
Yang jadi kontroversi disinikan, Kenapa info merubah peraturan itu dekat sekali dengan batas waktu pencalonan Independen ditutup. Kan kesannya memberatkan salah satu calon. Apalagi ini untuk kedua kalinya calon tersebut harus mengulang kembali pengumpulan KTP. kan tolol.


yah namanya juga politik
bagus deh ... lanjutken ! emoticon-Selamat
kalo cagub menang ya banyak yg milih masyarakat, kalo banyak yg benci ya pasti kalah. kenapa pada colai masal sih?? rempong bgt dah.
bacot ente ga sia-sia hok emoticon-Wakaka
si ahok dan temennya dah keburu mewek berjamaah dimana2, merasa dijegal.. ternyata mereka yg goblok memahami aturan, padahal aturan jadul emoticon-Big Grin
ada aja alesannya, pake acara bilang mau memudahkan dukungan orang per orang
sengaja biar nanti klo nanti udh kekumpul kolektif, dicari2 kesalahannya trus disuruh nyusun orang per orang lagi