alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/571d8cf8507410154a8b4568/terpidana-kasus-century-hartawan-aluwi-akan-ajukan-peninjauan-kembali
Terpidana Kasus Century Hartawan Aluwi Akan Ajukan Peninjauan Kembali
http://nasional.kompas.com/read/2016/04/25/09110061/Terpidana.Kasus.Century.Hartawan.Aluwi.Akan.Ajukan.Peninjauan.Kembali?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

JAKARTA, KOMPAS.com — Terpidana kasus Bank Century, Hartawan Aluwi, akan mengajukan upaya hukum peninjauan kembali atas vonis yang diterimanya.

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sebelumnya telah menjatuhkan vonis 14 tahun penjara kepada dirinya. Namun, Hartawan sudah kabur sebelum vonis itu dibacakan.

"Beliau ingin mengajukan upaya hukum atas putusan pengadilan. Kami akan ajukan upaya hukum PK," ujar pengacara Hartawan, Joko Sulaksono, saat dihubungi, Minggu (24/4/2016) malam.

Vonis Hartawan dibacakan saat dirinya dalam pelarian ke Singapura. Ia meninggalkan Indonesia sejak 2008, sementara hukuman dijatuhkan pada 28 Juli 2015.

"Alasannya pengajuan bukti dari pihak Pak Hartawan karena bukti tersebut tidak terungkap di pengadilan in absentia," kata Joko.

Namun, Joko enggan mengungkap bukti-bukti apa yang akan dibeberkan dalam PK. Ia pun belum memastikan kapan permohonan itu diajukan.

"Yang pasti dalam waktu dekat. Soal apa saja buktinya, sudah masuk materi PK. Baru bisa kami ungkapkan kalau kami sudah resmi ajukan," kata Joko.

Hartawan merupakan mantan Komisaris PT Antaboga Delta Sekuritas Indonesia. Menurut Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Kombes Agung Setya, modus yang dia lakukan ialah membujuk nasabah Bank Century untuk berinvestasi dengan iming-iming bunga tinggi melebihi yang ditawarkan bank.

Terlebih lagi, investasi itu tidak dikenakan pajak dengan jaminan Robert Tantular, pemegang saham Bank Century.

Dari kejahatan ini, para pelaku mengumpulkan dana Rp 1,455 triliun. Dana ini akhirnya mengalir ke perusahaan, bukan investasi sebagaimana yang dijanjikan.

Hartawan menggelapkan dana dalam kasus Century yang merugikan negara Rp 3,11 triliun. Ia diketahui telah berdomisili di Singapura sejak 2008.

Pada 28 Juli 2015, ia mendapatkan vonis in absentia berupa pidana penjara 14 tahun dalam putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Pada Februari 2016, izin tinggal tetap Hartawan di Singapura dicabut dan tidak diperpanjang oleh Pemerintah Singapura. Di sisi lain, paspor Hartawan juga telah habis sejak 2012.

Giliran ketangkep, baru mau ikut proses hukum Indo, mengajukan PK, seblumnya kemana aja Bos emoticon-Mad
Ane doain ketemu Artidjo biar jd seumur hidup plus sita seluruh harta emoticon-shakehand
Tai anjing lah ajuin pk ,,,,,b@ngs@ttttt itu harus nya dihukum mati
pas kabur gak mikirin masalah hukum giliran ketangkep mewek2 mau pk
emoticon-Busa
Lanjutkan om Artidjo emoticon-Big Grin
kalau mau selamat segera seret keluarga cikeas emoticon-I Love Indonesia