alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Ask - All about Go-Car
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5716c9a3162ec2ec798b4573/ask---all-about-go-car

Ask - All about Go-Car

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 74 dari 501
dapat dr teman gocar semarang..
Quote:


makasih gan infonya
sama mau nanya hari ini aplikasi gocar kok ane yaa di bawahnya ada tulisan terjadi kesalahan itu masalah gak yaa
ane sekarang balik lg pake gobis soalnya ufh gitu dr td siang ane mantengin gak ada orderan msk
Mohon info dong suhu2 yang sudah lama di go car, saya baru join go car 2 hari ini. Mau nanya dong :
Kalau misalnya hapep yg ada aplikasi go car kita mati, kita bisa pakai hape lain ga? Atau harus lapor ke kantor gojek? Atau dengan kata lain bisa pakai 2 hape ga untuk 1 akun?

Mohon info nya suhu2, dan terimakasih banyak

Tolong add ke grup wa dong, no ane 085721044340
Terimaksih sekali lagi buat suhu disini
Sekalian nanya dong suhu, kalau ganti no hape untuk akun go car caranya gmna ya?

Terimakasih suhu
Kredit untuk pengemudi GRAB, GOJEK, UBER, syarat mudah, untuk UMUM juga bisa http://kask.us/ijWZN #FJBKaskus via @FJBKASKUSID
Gan mo nanya nih. Gw critain dl ya tentang gw. Gw skrg msh bekerja di perusahaan sbg kepala keuangan. Gaji gw 10jtan. Tp jujur gw merasa jenuh dgn pekerjaan ini. Nah singkat cerita gw mo cb keluar dr pekerjaan dan jalanin go car ato gojek. Menurut kalian, mana sih yg kebih menguntungkan? Yg gw pikir kl gocar kan cm bs ngangkut orang, kl gojek bisa orang ato paket ato makanan. Jd lbh bsr peluang kerjanya. Kl go car, gw hrs ganti mobil, krn mobil gw innova 2010 jd ga bs dipake lagian boros lah innova. Yg pasti kl go car gw akan nambah biaya tuk cicilan mobil, kl gojek gw uda ada motor yg msh 1 thn. Maunya sih go car, lbh ga kepanasan, apalagi macam gw yg pegawai kantoran dan tiap hr nyaman duduk depan komputer dan adem. Hahaha.... apakah go car bs mencapai penghasilan gw selama ini?
Quote:


tunggu keputusan pemerintah dulu tentang taksi online gan.
karna diisukan nama mobil harus berbadan hukum atau koperasi.
kalo sekarang berenti kerja, ntar kredit mobil baru, eh rupanya bener harus berbadan hukum.
ente kehilangan pekerjaan, nama mobil ga bisa diganti karna masi kredit, ga bisa narik gocar lagi, ga bisa bayar mobil = rugi banyak

kurang tau ane kapan permenhub keluar, katanya maret ato april tahun ini.. lupa ane

kalo masalah penghasilan, dengan kerja giat 10-12 jam perhari, ane biasa dapet 300-400 bersih
minimal 200 bersih kalo lagi sepi.
bisa 500 bersih kalo lagi super beruntung (dapet orderan jauh terus)
blom termasuk bonus harian yg berlaku mulai senen 9 januari 2017
yg maksimal bonus bisa 200rb perhari
https://driver.go-car.co.id/hc/id/ar...-Driver-GO-CAR
Quote:


Penjelasan yg baik gan. Btw lbh baik narik deket tapi dpt banyak order, apa narik jauh yg otomatis jd dikit dpt ordernya? Lagi ada buka pendaftaran ga sekarang?

Yg pasti td gw telpon diomelin ma kakak gw, lu punya skill, punya karir, lulusan s2, kok malah mo jd gojek. Hahaha.... kata dia, fisik gw sanggup ga jd driver yg seharian nyetir motor. Jd intinya sih dia nyuruh gw tuk kerja sampingan aja buat pulang kerja ato pergi kerja.

Pdhl gw dah jenuh bgt ma keuangan. Rasanya mo lepas dr pekerjaan itu dan lepas tanggung jwb sbg kepala keuangan yg bikin stres. Wkwkwk jd curhat gw.

Better nyoba dulu aja gan ... Sekalian berangkat kerja, selesai jam kerja & pas hari libur ... Toh secara angkutan online kan ngga ngewajib'in untuk full time

Kalo udah ngerasain ritmenya, baru dievaluasi gimana hasilnya ... Secara ente kan orang keuangan, bisa lah ngevaluasi data kinerja & prospek'nya gimana ... 😉
Quote:


Kl dianalisa mah jelas gan lbh bgs kerja bukan gojek, baik dr jenjang karir dan masa depan. Kecuali uda rejeki dpt customer yg akirnya jd mitra usaha. Haha... Trus kl kerja jelas punya libur, bs jalan2 seminggu ato 2 mgg kl lebaran tp dpt gaji full. Kl jd driver kan time is money, lu libur ya ga dpt duit. Mo libur keluar negri seminggu ya bisa dpt nilai jelek krn ga narik2. Tp ya mungkin krn gw lg jenuh, jd pgn cr kerjaan yg ga ada sangkut paut ma itungan. Jd intinya sih gw mo narik gojek ato gocar cm krn mo istirahat dr kerja keuangan aja. Bukan krn duit. Penghasilan lbh kecil gpp asal ga cape otak.

Makanya skrg gw lg nyari2 info soal gocar dan gojek tuk bahan pertimbangan gw, apakah akan parttime ato fulltime.
Quote:


kalau mau dapet bonus, ente ga bisa milih order, jadi semua diembat. 11 order perhari = bonus 200rb
11 order itu gampang kalo yg deket2, ane bisa dapetin 12 order dalam waktu 7 jam
syarat kalo mau dapet bonusnya, performa harus diatas 60%
Contoh : dari 10 order yg masuk, ente harus ambil minimal 6 order

kalau mau milih yg jauh2, ga bakal dapat bonus, tp dapetnya gede..
untung2an lah kalau mau kejar bonus, lagi bagus ya bisa dapet jauh juga.
ane pribadi lebih suka yg jauh2, karna kalo orderan 10rbuan, biaya nelf? bensin? nunggu? jemputnya? banyak ruginya..

kalo ane jadi ente ya, ane kredit langsung mobil baru, trus daftar buat narik malam doank
karna kita kan ketemu orang2 baru, ada yg enak diajak ngobrol, cerita2, apalagi yg jalan jauh..
lumayan buat ngilangin suntuk dari kantor, bini dll

pengalaman : angkut bule india sama cewenya indonesia.
si india ini ngerayu ngajak tidur si cewe pake bahasa inggris.
ane cuma cengar cengir aja dengerinnya.. emoticon-Ngacir
ada cewe2 mainan om2, simpenan... macem2lah, jadi berwarna hidup ini, ceilah, hahaha

kalo kedepan permenhub ternyata nama stnk harus berbadan hukum, ya ente ga kehilangan pekerjaan.
kalo masih boleh atas nama pribadi, ya disitu ente bs nentuin sendiri, berenti kerja apa gak?
karna emang gocar ini harus dijalanin dulu minimal 1 bulan biar bener2 tau pahitnya

kayanya gocar masih buka aja pendaftaran, coba daftar aja dulu lewat email, ntar dapat panggilan http://www.go-car.co.id/join
Diubah oleh alfierenadhie
Quote:


Wah kl tuk narik malem jelas ga mungkin gan. Kapan istirahatnya. Pegi kerja jam stg 7, pulang ampe rumah stg 7 mlm, itu jg kl ga lembur. Ga mungkin ke kntr bw mobil, mahal parkir bulanannya (di apl central park). Jd pulang br Narik gocar paling ampe jam 10 mlm doang. Kan hrs ist jg, kl ga tar dikantor bakal ga fokus, yg ada malah kerjaan salah2 dan malah makan waktu tuk benerin. Kyk ga tau aja kl akuntan, selisih rp1 aja hrs dicari ampe ktm.
Kl narik gojek br bisa parttime, krn pegi dan pulang kerja kan naek motor.

Tp sekali lg, ane pgnnya tuh Resign. Hahaha.... soalnya ane kl lg pake grabcar, gocar, uber, suka nanya2 soal income perhari mereka. Ada yg bilang bisa 500rban
, tp ada yg cm 200rban. Bahkan bnyk yg ampe ga bs bayar cicilan mobilnya. Kan serem jg gw. Wah kl cm 200/300 blm dipotong bensin mah matilah gw, tuk byr cicilan mobil aja uda 1/3nya, gmn tuk hidup. Minimal 400rb bersih yg gw butuhin kl fulltime. Apa peluangnya masih sebagus itu? Dgn saingan yg semakin bnyk.
Quote:


berarti nasib hp ente sm ane sm gan..ane dari awal join gocar pake gobiss kalo terima order aplikasinya manteng pas coba upgrade ke gocar gak ada bunyi lwt daerah jkt yg ramee yg biasanya suka bunyi kagak bunyi2..ada yg ane curigain ternyata pas ane uninstall truss instal lagi yg gobiss alhasil ane kagett 15order diketerangan perfoma nya udh terlewat kan kacauu tuh..truss tuh aplikasi gocar msh sama aja gak manteng kyk gobiss..truss kalo orderan masuk gak bunyi..apalagi yg skrg gak bisa detect kalo ada order masukk makanya ane balik lagi ke app gobis lg..
Diubah oleh Mr Lucky
Quote:


Gan saran aja ya ente kan udh dpt gaji tuh 10Jt/bln jaman skrg cari gaji 10Jt/bln susah gan..apa lg kalo ente bilang pendidikan s2 yakin mau terjun kedunia lapangan gini..bermitra jadi driver emang orderan gak perlu nyari cukup.mantengin hp doank..gak perlu mancing bola tapi bola datang sendiri pake sistem aplikasi panggilan diradar..nah tuh ente tau bisa analisa sendiri dan kalkulasi dari gambaran driver dilapangan..ane jg udh lulusan sarjana S1 16thn yg lalu tadinya merintis usaha dari kerja pengalaman kerja kantoran ada 13thn ngerintis usaha bertahan 3thn bangkrutt jg.intinya jatuh bangun deh gan..ane udh ngerasain dari selama 1thn lbh pernah jg jadi ojek motor online sampe skrg driver mobil online yg tadinya full time truss akhirnya ane memutuskan cari kerja lagi..ini ane pun gak full time bgtt ngtripp online mobil pas pulang kerja aja..digeber bgtt wkt istirahat pun kadang berkurang berasa fisik pun lama kelamaan makin gak sehat..nih intinya gini ya untuk poin bermitra uber,gocar or grab mereka hanya perusahaan penyedia jasa aplikasi sebagai pondasi kita buat terima order..dan armada modal kita sendiri..makanya mereka kalo buka pendaftaran utk join ada syaratnya mobil wajib ada asuransi tujuannya utk apa jadi resiko apa pun dijalanan mobil ada cover asuransi..mau itu kecelakaan kecil or besar..dan asuransi pun kagak ditanggung perusahaan uber,gocar or grab, kalo agan nanya apa ada bagi dua biayanya boro2 tanggung full sendiri..jadi modal yg agan harus pikirin or pertimbangkan itu banyak gak hanya modal cicilan mobil saja..jadi analisa lagi total keseluruhan pengeluaran sebagai berikut:
1). Modal Dp Beli Mobil + ditambah cicilan varian terserah agan mau ambil yg brp thn.
2). Operational pengeluaran mobil ditangung sendiri seperti bensin mobil+ pengeluaran gak terduga ya ane kasih contoh deh yg sering terjadi ban mobil bocor itu tambelan ban mobil yg pasti gak bisa disamakan dengan motor yg pasti lbh mahal ane nambal aja satu lubang kena paku bisa 20rb kalo lg apes ane pernah nambal 3lobang.
3). Biaya Perawatan Mobil alias service berkala oli mobil aja 1botol bisa nyentuh angka 200rb. ane kan pake mbl avanza ya..jadi tuk maintaince oli + tambahan spare part ini itu kadang filternya lah saringannya lah..bisa kurang lbh 1Jt/bln abissnya..bisa jg ada tambahan lain shock mobil,kanvas rem dan lapisan ban mobil udh pasti cepat hauss karena intensistas pemakaian yg sering..
3). Claim asuransi mobil udh pasti tanggung sendiri kalo ada terjadi kecelakaan.
4). Modal pulsa Hp
5). Quota Inet perbln emang sih gak seberapa tapi tetap harus diitung kebeban pengeluaran kan gan.
6). Kebutuhan yg paling penting lagi makan buat energi badan ente..bisa bervarian pengeluarannya mau irit bisa diakalin mkn diwarteg tiap hari kalo mkn dimal or fast food yg harganya lumayan kyk kfc,mcd or aw tekor jg..
Jadi itu poin2 pengeluaranya gan..nah ente mestinya udh bersyukur bisa dpt gaji tetap perbln 10jt/bln jaman skrg cari kerja gaji segitu gak gampang gan..jgn kan cari kerja org yg buka usaha anggap dagang deh..blm tentu hasil bersih perbln bisa dpt 10Jt/bln jadi pikirkan lg sekali lagi matang2 seblm emang mau resign gan..yg kakak ente bilang ada bnrnya jg..kecuali kalo ente emang mau nyoba iseng2 sambilan aja kalo ente bilang pulang kerja gak bisa or kadang ada lemburnya kan ada hari sabtu & minggu pasti ente libur kan nah coba dah ente rasain sensasinya perbedaan ente jadi driver online wortied apa kagak tuh..itu pun kalo ente masih penasaran mau coba ya..tapi kalo ente byk perhitungan,analisa dan pertimbangan..yg mending jgn resign deh entarr ente malah nyesel sendiri gan..jgn sampe penyesalan dtg terlambat..deh..nih ada lagi tambahan buat ente gan share pengalaman ane yg udh nyoba 3perusahaan aplikasi yg emang namanya dikenal masyarakat Indo ya gan..cmn Uber, Gojek & Grab yg baru2 muncul gak kedengaran lagi namanya alias tumbang kalah bersaing dah dilibas sm 3perusahaan aplikasi ini..utk uber kalo ente mau bermitra khususnya mobil emang dia yg paling awal ada diIndo seblm yg lainnya muncul..kalo utk join diuber itu dari segi aturan msh fleksibel gan..alias gak terlalu ketat mbl lcgc 1000cc pun msh diembat sm uber..tapi teruss terang utk tarif diuber kedrivernya paitt..gan ditambah uber ada ide konyol yg merugikan mitra uber pool yg merugikan..tapi skrg uber krn gak mau kalah saingan gak hanya dari tarif dia paling juara sm dia lbh mementingkan rider dibandingkan mitra kagak dianggap sama sekali mau protes mau berkoar2 kyk gimana uber kagak peduli tapi kalo rider complainnya parahh apa lg sampe bener2 niat bgtt driver sampe diberentiin alias disuspend permanent udh pasti tuh uber kagak sungkan2 alias lgs diblock gan aplikasinya..gak ada kompromi..alias wasalaaamm dahh..diuber jg menerapkan potongan baru2 ini gan yg agak memberatkan tanpa peduli dia mau cekek mitranya..karena prinsipnya mati satu tumbuh seribu ampirr semua perusahaan 3apkikasi yg kuat diIndo ini rata2 punya prinsip sama..cmn utk digocar msh tanda kutip ini pun menurut ane msh sementara utk hasil msh terima 100% sm + ada bonus2nya kalo diuber potongan ada jg gan lumayan gede bahkan paling gede 25% + koperasi pengembalian sih ada gan tapi ada syaratnya jaga tingkat penerimaan jgn sampe dibwh 70% tapi disisi lain uber mungkin byk terima protes jg sm dia mungkin kagak mau kalah saingan dgn dalil biar mitra agak seneng sedikit ya..gan dia ada penambahan dijam sibuk pagi n sore tambahan aja tapi itu pun msh tanda kutip..hrs area Jkt pusat or yg diasir merahh jadi kalo ente start daerah pinggiran jgn harap dpt bonuss kalo kagak korban buang bensin sama km nya mbl..kelebihan lainnya uber ada surcharge kalo permintaan lbh byk dari armadanya..kalo kagak ya tarif normal..ditambah kalo apess ente dpt order paitt uber pool kyk narik angkott..nah kalo utk share yg grab ane sih gak minat sama tuh perusahaan krn tuh perusahaan ane pernah ngerasain di motornya..paraahh byk ngerampokk mitranyaa..panjang dah kalo ane mau share lagi ttg grab..kalo ente gak percaya baca aja secara global dulu buka web grabnya truss dia bikin kode etik buat yg mau bermitra sm perusahaan dia..dikit2 ancaman dia denda..udh gitu dendanya kagak sedikit ratenya antara 100rb-500rb itu artinya seakan2 armada punya dia bahkan dia kagak peduli kalo mbl itu modal kita..bodo amat intinya ente cmn dianggap sapi perahhnya..or mesin duitnya.. kalo peraturan kemenhub jadi stnk a/n badan usaha ya lbh seneng lagi tuh grab..blm rubah nama aja udh bikin kode etik yg bkn haknya dia..lah org mobil bkn punya dia..beda sama perusahaan taxi bluebird or express mereka kan modal armada nya dari perusahaan..kalo tuh aturan resmi diwajib kan dari kemenhub ya ane sih simple mending mundur dah kagak mau bermitra lagi ya udh pasti rugi banyaakk lahh..masa mobil pribadi jadi sharing nama sm perusahaan aplikasi..kecuali kalo perusahaan aplikasinya mau bayarin tuh harga mobil yg ane cicil..boleh jg kalo gitu..ya intinya itu aja poin2nya utk 3perusahaan aplikasi terkuat diIndo yg msh survive ini gan..gak tau kedpnnya gimana. kalo ente masih nekat mau resign silahkan itu hak dan keputusan ente tp apa kagak dipikirkan matang2 lg karena dunia ente kerja dikantoran emang capeenya diotakk..tapi sekali lagi dunia dilapangan adalah hal yg berbeda gan..sama dunia ente kerja..dilapangan itu byk nanti pengalaman yg ente hadapi..gak hanya cape tapi fisik jg hrs kuatt gan sm kesabaran ente jg diuji..itu aja ane rasa cukup ini pun udh cukup panjang ane sharenya wkwkwkwkwk..😀
Diubah oleh Mr Lucky

Performa

Agan2 smua kl di aplikasi gocar gimana cara liat performa kita? Adanya cm rating ya...kl di gobis bisa kliatan performa tapi liat bonus pointnya yg ga ada..makasih buat agan smua
gan brarti per tanggal 9 bonus mingguam di tiadakan yaaa. adanya bonus harian ajaa
Quote:


Gini maksudnya masbro wolfvenom yang baik hati...

Jam mahal itu kan jam 4 sd 7 malam which is 3 jam.
Kalo mau mengoptimalkan jam mahal, start lah dari tengah kota. Kenapa? Karena rata2 rute jauh
Kenapa saya sarankan ambil yang ke Bekasi? Karena rute baliknya ke tengah kota itu rata2 kosong karena lawan arah
Berarti balik tengah kota kosong? Iya... demi ngejar trip kedua yang jauh
Tapi kalo selama di tol dalam kota ada nyantol jauh (misal di Cawang nyantol ke Cibubur atau Bandara atau Bogor) jam mahal...angkut aja
Salah satu keiuntungan Gocar adalah...kita bisa lihat tarif nya. Mahal atau tidak emoticon-Big Grin

Rugi dong kosongan balik ke tengah kota?? Rugi dikit gan... bensin palingan abis 3 liter plus tol jadi total 30-40 rb. Tapi ada potensi bisa dapet lagi diatas 100 rb dan biar imbang...rute kedua usahakan cari yang masih searah rumah (jika cuma mau 2 trip saja di jam mahal abis itu pulang)

Ane udah praktekin itu semua dan sejauh ini rata2 berhasil. Lumayan lah bersih ngantongin 150-200 ribu hanya 2 trip jam mahal saja. emoticon-Smilie

================================================================================

Bicara LOGIKA dan FAKTA sih gan... lebih baik ga usah kerja jadi supir taksi online emoticon-Big Grin

FAKTA dan LOGIKA taksi online :

1. Jam pulang kantor harus macet2an capek berjam-jam nahan pipis nahan lapar nahan haus
2. Dimaki-maki / dimarahi konsumen karena kita lelet dan ga tau jalan dan nyasar dan bawa mobilnya ga enak dll dsb etc
3. Mobil baret keserempet motor karena terburu-buru dan nyenggol besi / tanaman berduri saat lewat gang2 sempit
4. Risiko tertangkap polisi karena tergesa2 sehingga melanggar lalu lintas
5. Tertangkap polisi bandara karena mengangkut penumpang dari dalam bandara demi balik ga kosong sehingga ga rugi tol
6. Tau supir taksi online yang terbunuh dan dimutilasi beberapa bulan silam? Kemungkinan ini bisa terjadi DIMANA SAJA dan KAPAN SAJA
7. Maintenance mobil tinggi apalagi kalo nariknya setiap hari dari pagi hingga malam
8. Interior mobil baret, lusuh kusam lecet bopal bopak kumuh bau kentut dll dsb karena yang naik orang kampung biadap
9. Risiko dititip barang narkoba sehingga bisa ditangkep polisi dan dipenjara
10. Risiko kesehatan untuk diri sendiri (dehidrasi, hernia, sakit punggung dll dsb etc)

Dan masih banyak lagi.... emoticon-Big Grin

LOGIKA simpel = katakan bersih narik taksi online setelah dikurang makan, setoran / sisihan cicilan mobil, nombok tol, sisihan biaya rawat mobil adalah 150-200 ribu (yang mana kata agan susahhhhh dapetnya). So sebulan narik asumsi 20-25 hari dapet 3,5 - 5 juta... masih banyaaaakkkkkkk kerja kantoran yang dapet dikisaran segitu gan. Ga usah menghadapi FAKTA2 diatas pulak...

So tinggal pilih mana? emoticon-Smilie

Kalo masih mau lanjut, yuk share disini untuk meminimalkan risiko2 fakta2 diatas gan emoticon-Big Grin

cmiiw
no offence
Quote:

coba install ulang...kemaren pagi ada update buat go car nya gan.

Quote:

di kota mana gan ? kalau dulu ane dikasih tau kalau mau ganti HP mesti ke kantor gocar nya buat register ulang....

Quote:

datang ke kantor gocar nya gan

Quote:

kalau dr ane pribadi mending cari kerja kantoran di lain tempat....lulusan S2 setidaknya bisa dapat di atas 10 jt gan. dan meski mumet soal keuangan tetap mending gocar buat sambilan...bisa narik di weekend ...( ane juga orang keuangan )

Quote:

iya cuma rating bintang bintang aja...aku pk gobis gak cocok...orderan masuk cm bunyi sekali dan getar getar...kalau gocar bunyi terus...emang gt ya notif nya gobis ? bisa di seting bunyi terus gt gak ya

Quote:

minggu masih ada gan
Quote:


Quote:


Saran dari ane gan kalo mau pindah kerjaan lebih baik jual dulu Mobil Inova 2010 agan (pasaran sekitar Rp120-150 jt). Terus beli mobil baru cash, jangan kredit. Yg murah aja kyk Proton Saga cm Rp 85 jt (Uda diskon, aslinya Rp 125 jt). Ini Mobil baru stok thn lama. Sisa uangnya masih bisa ditabung kan. Hehe😁

Intinya jangan sampe agan nambah Mobil lg. Boros gan.😀
Quote:


Wkwkwk.. Agan ini strategiya sama kyk ane.. Ane malah pernah kerja 1 trip doank pas tarif rush hour dari AIA ke Vila Dago Pamulang dpt argo Rp 238 rb. Potong parkir & bensin untung bersih Rp 170 rb. Ane langsung pulang karena Uda dkt Rumah di Ciputat. Tapi strategi ini Uda sulit diterapkan secara sekarang 1 orderan cm Masuk ke 1 driver, Jd kalo kita ngetem di tempat parkir pas jam sibuk bisa susah dapat penumpang, apalagi kalo lg banyak driver yg online.
-------------------------------------
Pekerjaan kantoran saingan utk masuknya banyak gan, susah Kalo Kita kalah pengalaman. Apalagi fresh graduate. Itu juga masih dipotong ongkos & makan bersih palingan Rp 2 jtaan yg bisa ditabung sebulan.
Ane sebelum narik Gocar setahun nganggur. Jangan dikira ane diem & santai"aja, ane datengin job fair, kirim CV via JobStreet jg gak ada hasil.
Akhirnya coba gabung Gocar & sejauh ini penghasilan ya mirip" kerja kantoran level staff jg.😁
Diubah oleh TentaraRakyat
Halaman 74 dari 501
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di