alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Pembunuh aktivis Jopi dihukum 2 tahun penjara
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570b97da162ec2b60c8b456f/pembunuh-aktivis-jopi-dihukum-2-tahun-penjara

Pembunuh aktivis Jopi dihukum 2 tahun penjara

Pembunuh aktivis Jopi dihukum 2 tahun penjara Tersangka Praka J. melakukan rekonstruksi kasus pembunuhan Jopi Peranginangin di jalan raya depan Venue Lounge and Bar, Kemang, Jakarta, Kamis, 11 Juni 2015.
Pengadilan Negeri Militer II-8, Jakarta Timur, menggelar sidang pembacaan putusan kasus pembunuhan aktivis Jaringan Advokasi Tambang, Jopi Teguh Lasmana Peranginangin, Senin (11/4/2016). Terdakwa Praka Joko Lestanto, anggota Marinir Batalyon Intai Amfibi Pasmar II, dihukum 2 tahun penjara dan diberhentikan dari kesatuannya.

"Menyatakan terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan. Terdakwa divonis 2 tahun penjara dan pidana tambahan dipecat dari dinas militer," kata majelis hakim yang diketuai Letkol Tri Achmad, dikutip Detikcom, saat persidangan di Pengadilan Militer, Jl Penggilingan Raya, Cakung, Jakarta Timur, Senin (11/4/2016).

Dalam pertimbangannya, hakim berpendapat bahwa terdakwa yang bekerja sebagai anggota militer dianggap bersalah telah melakukan pembunuhan. Sebagai seorang marinir, Joko seharusnya dapat meredam emosi dan melaporkan pada pihak kepolisian apabila merasa direndahkan.

Jopi Peranginangin, tewas akibat luka tusukan pada hari Sabtu 23 Mei 2015 di depan Venue Bar, Kemang Jakarta Selatan. Jopi aktivis yang pernah bekerja sejumlah untuk beberapa lembaga non-pemerintah, antara lain Wahana Lingkungan Hidup Sulawesi Tengah, Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, Sawit Watch dan Greenpeace.

Berdasarkan catatan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Kekerasan (Kontras), oditur militer telah memanggil dan meminta empat saksi memberikan keterangan di persidangan 4 Februari lalu.

Saksi berinisial M dan L adalah rekan Jopi yang berada di Venue Bar, Kemang, Jakarta, saat pembunuhan terjadi. Sementara itu, dua saksi lainnya adalah P dan D merupakan personel TNI yang bekerja sebagai penjaga keamanan di Venue Bar, sejak akhir 2014.

Pada kesaksiannya, M menyatakan melihat Jopi dipukuli empat hingga lima orang. Namun, ia tidak dapat memastikan apakah Joko merupakan satu di antara pengeroyok tersebut. Kepada hakim, L juga mengaku melihat pengeroyokan itu. Ia sempat berteriak ke arah pengeroyok, sebelum mereka kabur meninggalkan Jopi.

Tidak satupun saksi yang dihadirkan pada persidangan kasus ini melihat Joko menusuk Jopi. M dan L mengaku hanya melihat Joko mengeluarkan pisau dari tasnya. Penusukan, tulis KontraS, diakui oleh Joko karena tersinggung dengan ucapan Jopi.

Panglima TNI Jenderal Moeldoko meminta publik tidak menggunakan kasus penikaman aktivis lingkungan Jopi Peranginangin untuk membenturkan organisasi non-pemerintah dengan TNI, Senin (8/6/2015). Moeldoko menyebut kasus ini murni kasus pribadi, tidak melibatkan institusi pelaku dan korban.
(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.3"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));
Apakah kamu #MasihIngat dengan kawan kita Jopi Peranginangin? Jopi Peranginangin adalah aktivis yang tewas akibat luka...
Posted by KontraS on [URL=

Baca Selengkapnya : https://beritagar.id/artikel/berita/...-tahun-penjara

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
cuma 2 taun emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment

jadi pengen bunuh2in orang juga neh kalo hukumannye ringan gitu emoticon-Angkat Beer
maju terus NKRI emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment negara hukum emoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassmentemoticon-Embarrassment
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
kok cuma 2 tahun? emoticon-Cape d...


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di