alexa-tracking

Filosofi Jarak

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570b79f91a9975cd738b456a/filosofi-jarak
Filosofi Jarak


Filosofi Jarak

Quote:Terlalu dekat dengan sesuatu, membuat kita sulit membaca keadaan.
Pada Saat Itulah, Jarak menjadi sangat dibutuhkan.


Kata 'jauh' dan 'menjauh' seringnya diartikan sebagai sesuatu yang negatif. Kesannya nggak enak.
Menjauh bisa dibilang sama aja kayak merentang jarak lahir - batin.
memangkas kemungkinan interaksi yang seru dan bikin ingatan kita akan hal yang menjauh itu berkurang.

Karena itu lah banyak dari setelah lulus sekolah dan udah keterima di kampus luar kota jadi malah takut.
Takut jauh dari kota yang kita udah suka banget, takut jauh dari orang tua, takut jauh dari sohib seangkatan, dan bukan mungkin takut jadi menjauh sama pacar.

Hasilnya, semua jadi berusaha untuk tetap berada di zona nyaman (comfort zone).
Dan ketika udah berada di zona itu bakal muncul ego untuk memiliki, terus berdekatan dan takut berjauhan. Ogah berjarak.
Pengin selalu rapat mendekap.

Tapi anehnya, ketika udah ada di comfort zone pun kita tetap mengeluh.
Situasi kayak gini pun terjadi:
  • Jenuh sama pacar yang sebenernya kamu sayang banget.
  • Bosan sama kerjaan yang awalnya kamu suka banget
  • Kesel sama pergaulan yang isinya orang-orang yang bener-bener akrab sama kamu, atau
  • Muak tinggal di kota yang awalnya kamu idam-idamkan banget.

Ironis emang. Pada titik tertentu, sesuatu yang bener-bener kita cinta ternyata bisa bikin kita malah balik membencinya.
Seketika itu, pasti akan muncul dilema luar biasa di dalam kepala.
Bunyinya, "kayaknya mending putus deh.", "kayaknya gue mending resign" atau "Gue harus cabut dari sini."

Jadi inget peribahasa "Gajah di pelupuk mata tak tampak, semut di seberang lautan tampak"
Lucu yah, bisa-bisanya gajah yang besar dan dekat tapi nggak terasa keberadaannya.
Sementara semut yang mini dan nyaris nihil nan jauh di sana justru bisa merebut perhatian kita.

apa benar dekat bisa membuat kita menjadi intim dan makin mencinta. Dan apa benar menjauh bisa membuat kita renggang?

Quote:Pergi untuk tahu betapa nikmatnya pulang

Filosofi Jarak

Kata Nadine Chandrawinata, saat berada di alam indah yang jauh dari rumahnya itu pun dirinya justru merasa sangat rindu dan butuh untuk merasakan hiruk-pikuk Jakarta.
“Gue suka kangen sama macet dan panasnya Jakarta kalau lagi lama berada di alam terbuka,” repetnya.
Setelah diam beberapa saat sejak ia mengatakan itu, kakak yang pernah jadi miss Indonesia ini pun seolah menemukan kalimat yang bisa menyimpulkan esensi yang ia rasakan itu “Gue nggak bakal tahu betapa nikmatnya pulang kalau gue nggak berangkat pergi ke tempat yang jauh dan lama.”. #Tsades
Dari cerita itu kita bisa simpulkan bahwa kita baru tahu persis apa arti pulang setelah kita tahu juga artinya pergi. Kita akan merasa perlu mendekat (lagi) dengan sesuatu ketika kita sudah menjauh darinya.


Quote:Menjauh=Merindu

Filosofi Jarak

Banyak yang takut dengan jarak karena kemungkinannya untuk dilupakan dan ditinggalkan.
Buktinya, banyak celotehan yang bilang kalau LDRan itu adalah sebuah keniscayaan.
Nggak mungkin berhasil. "Ketika pasangan lo jauh, ya berarti hatinya juga menjauh. Siap-siap ditinggal deh."
Tapi, coba pikir-pikir lagi deh, apakah pernah pasangan pacar yang tiap hari ketemu merasakan kangen?
Kayaknya, cuma mereka yang berjauhan aja tuh yang ngerasa kangen.
Dan seperti yang kita tau, pertemuan yang diawali oleh rindu yang ditimbun itu bakal jadi spesial banget.
Jauh lebih spesial dari martabak telor tiga.


Quote:Menjauh Untuk Melihat Secara Utuh

Filosofi Jarak

Kembali ke peribahasa gajah dan semut, pantas aja kita nggak akan bisa melihat gajah yang ada di pelupuk mata, karena yang akan kita lihat hanyalah abu-abu. Itu pun pasti buram.

Kita perlu menjauh barang satu atau dua langkah untuk bisa mengetahui bahwa abu-abu itu adalah warna dari kulit gajah.

Kadang, terlalu dekat dengan sesuatu membuat kita nggak tahu apakah (esensi) sebenarnya sesuatu itu.

Seperti rangkaian kata yang berhimpitan terlalu dekat. Nggak akan mudah terbaca.

Sekali pun sesuatu itu adalah kesukaan kita, terlalu larut melakukan hal yang itu-itu melulu ternyata bisa bikin kita jenuh dan begah.
Kita butuh membuat jarak agar bisa membacanya lebih jelas.

Kita perlu menjauh untuk melihatnya secara utuh, lalu melihat-lihat, meresapi, dan menikmati pemandangan lain di sekitar kita.

Ketika kamu akan meninggalkan teman-teman kamu kuliah ke luar kota jangan sedih berlebihan.

Ketika pacar kamu di kirim ke planet pluto untuk penelitian, jangan minta putus.

Ketika bosen sama tongkrongan jangan buru-buru bilang kalau tongkrongan kamu udah nggak asik lagi.

Ketika kamu bosan dengan kerjaan, jangan buru-buru resign, coba berjarak aja dulu.

Jadi, Jangan takut menjauh, karena kita jadi bisa melihat secara utuh.
Jangan takut sama jarak, karena ternyata bermanfaat.
Apalagi kalau kata sopir angkot mah, mau jauh atau pun dekat, ongkosnya sama
.


SALAM JARAK,
XOXO

Filosofi Jarak

SALAM LDR
Kayak tulisan di belakang bak truk gan
Intinya butuh keseimbangan ya gan emoticon-Big Grin

JAGA JARAK!!
Filosofi Jarak
Merindu, kangen keluarga di sana emoticon-Hammer (S)
emoticon-Matabelo ane pernah LDR gan.selama 2 tahun.
Dia dikampung ane lampung.
Ane diriau.
Ane gak pulang2 kayak bang toyib karna hidup gak semudah eftivi.
Gak taunya menikah ama orang lain.
2 tahun hubungan sia2 aja gan... emoticon-Mewek you know that feel
Quote:Original Posted By dfrns
Kayak tulisan di belakang bak truk gan


ya terinspirasi dari itu sih gan. xixixixixixixixi

Quote:Original Posted By benci.kaskus
Intinya butuh keseimbangan ya gan emoticon-Big Grin

JAGA JARAK!!
Filosofi Jarak


iya gan, semua harus seimbang. hahahahahahaha

Quote:Original Posted By zzainal
Merindu, kangen keluarga di sana emoticon-Hammer (S)

cepat pulang emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By reivenom
emoticon-Matabelo ane pernah LDR gan.selama 2 tahun.
Dia dikampung ane lampung.
Ane diriau.
Ane gak pulang2 kayak bang toyib karna hidup gak semudah eftivi.
Gak taunya menikah ama orang lain.
2 tahun hubungan sia2 aja gan... emoticon-Mewek you know that feel


syabar om, itu berarti allah sayang sama om. berarti dia bukan jodoh yang baik buat om kedepannya.
Eneng LDR 3 taun, aman2 aja sih emoticon-Embarrassment
LDR nya engga jauh sih, tapi jauhnya karena tidak direstui emoticon-Mewek
rate5 ah.semoga para LDR bisa baca thrit ni..
Kalo ane emang kurang yakin ada cewek yang bisa setia dalam LDR gan.
Karna cewek itu makhluk yang paling gak sabar menunggu...

Pasti ada tikung menikung selagi jauh dari kita disana emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By queenzahira
Eneng LDR 3 taun, aman2 aja sih emoticon-Embarrassment
LDR nya engga jauh sih, tapi jauhnya karena tidak direstui emoticon-Mewek


aku juga LDRan, 1.5 Jam kalo naik pesawat. 13 Jam kalo naik kereta :P
loo kaga ada yang rinduin ane kayak nya genk emoticon-Frown emoticon-Frown



emoticon-Frown





emoticon-Frown






emoticon-Frown
Quote:Original Posted By reivenom
rate5 ah.semoga para LDR bisa baca thrit ni..
Kalo ane emang kurang yakin ada cewek yang bisa setia dalam LDR gan.
Karna cewek itu makhluk yang paling gak sabar menunggu...

Pasti ada tikung menikung selagi jauh dari kita disana emoticon-Ngakak


hahaha, agan berarti gak baca thread LDR ane yg sebelumnya.
ane cewek dan udah 3 tahun LDRan.. tenot, kali ini agan salah :P

kirain ngebahas tntng sejarah jarak, penemunya, dll.. :v yaa biasanya yg LDR nih yg ngrbahas jarak emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By alg18
loo kaga ada yang rinduin ane kayak nya genk emoticon-Frown emoticon-Frown



emoticon-Frown





emoticon-Frown






emoticon-Frown


ada gan, coba cek sahabat lama yg utangnya belom agan pulangin. pasti kangen

Quote:Original Posted By adit236
kirain ngebahas tntng sejarah jarak, penemunya, dll.. :v yaa biasanya yg LDR nih yg ngrbahas jarak emoticon-Big Grin


iya nih, agan tau aja. xixixixixixi
bahas apaan seh?
kok ane males paham ya emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By libellula6


aku juga LDRan, 1.5 Jam kalo naik pesawat. 13 Jam kalo naik kereta :P


Tapi direstui?
Ente beruntung emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By libellula6


syabar om, itu berarti allah sayang sama om. berarti dia bukan jodoh yang baik buat om kedepannya.


bukan dia yang kurang baik om.tapi ane emoticon-Mewek
ane yang kurang baik buat dia.
Ane mah kuli.Dia s1 dan D2 di IAIN.
Anak pemuka agama.Juga santri yang gak pernah pacaran selain ama ane.
Ciuman pertama aja ma ane tu pun cuma ciuman didahi dan bibir.Gak lebih emoticon-Mewek

pas wisuda malah dinikahin ama pilihan ortunya.ane sempat ditelpon dia tanya kapan ane pulang dan lamar.karna udah banyak yang lamar.ane down gan.ane kuli melamar tuan putri.ngimpi kalee emoticon-Ngakak
ane suruh terima aja lamaran2 tu.gaktaunya emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By libellula6


ada gan, coba cek sahabat lama yg utangnya belom agan pulangin. pasti kangen



eaaaa ane kaga punya utang kaya nya genk. emoticon-Cool ane mau ngembaliin kutang tetangga aje genk emoticon-Betty