alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Hargailah walau hanya satu butir nasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570b7881a2c06e466c8b4574/hargailah-walau-hanya-satu-butir-nasi

Hargailah walau hanya satu butir nasi

Hallo Indonesia
kali ini ane bahas makanan pokok kita sehari hari yaitu nasi emoticon-I Love Indonesia


Nasi itu Indonesia banget bagi ane



Selamat membaca masyarakat Indonesia.Semoga bisa kita renungin kelakuan kita terhadap nasi










Nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia, orang tua kita sering berpesan jangan sia-siakan nasi walau hanya sebutir! kenapa demikian? Banyak orang di luar sana yang memiliki kehidupan di bawah garis kemiskinan. Semakin banyaknya populasi manusia di negara ini maka menyebabkan semakin banyaknya angka pengangguran, sehingga banyak orang yang  kesusahan hanya untuk mendapatkan sebungkus nasi untuk makan sehari-hari.



Hargailah walau hanya satu butir nasi

Jangan Sia-Siakan Nasi Walau Hanya Sebutir! Inilah Alasannya.

Nasi adalah makanan yang diperoleh dari biji padi yang telah menguning. Untuk menghasilkan sebutir nasi diperlukan usaha yang tidak mudah, dari padi harus diolah terlebih dahulu untuk menjadi beras kemudian baru dimasak untuk mendapatkan nasi. Makanan ini mengandung karbohidrat tinggi yang sangat berguna sebagai sumber energi bagi tubuh manusia. Kita tidak boleh membuang-buang nasi walau hanya sebutir nasi, mengapa demikian? mari kita simak penjelasan berikut ini:


1. Indonesia memiliki jumlah penduduk sekitar 250 juta jiwa, jika setiap orang membuang satu butir saja setiap kali makan (tiga kali dalam sehari) maka setiap orang telah membuang tiga butir nasi setiap harinya.


2. Jika setiap orang telah membuang tiga butir nasi perharinya maka ada sekitar 750 juta butir nasi yang telah dibuang oleh seluruh penduduk Indonesia setiap harinya.


3. 1 kg nasi berisi kurang lebih sekitar 50 ribu butir nasi, jadi setiap harinya nasi yang telah dibuang sekitar 15.000 kg atau sekitar 15 ton nasi perharinya. Sungguh angka yang sangat fantastik. 


4. Harga beras dipasaran adalah Rp. 8.000 /kg, maka jumlah uang yang telah dibuang-buang sekitar 15.000 × 8.000 = Rp. 120.000.000 perhari. Jadi jangan menyia-nyiakan nasi meski hanya sebutir.


5. 1 kg beras mampu untuk memberi makan sebanyak 10 orang, jadi jika setiap hari yang dibuang sebanyak 15 ton maka sebenarnya itu dapat membantu memberi makan kepada 150.000 orang perharinya. 


6. Itu hanya di Indonesia saja, jika setiap orang di seluruh dunia yang jumlahnya sekitar 6,5 milyar jiwa membuang 1 butir nasi setiap kali makan maka jumlah nasi yang telah dibuang perharinya mencapai 19,5 milyar butir nasi atau sekitar 390 ton nasi yang dapat memberi makan sekitar 3,9 juta orang perharinya.


Itulah gambaran singkat mengapa setiap orang yang ada didunia ini tidak boleh membuang nasi walau hanya sebutir karena membawa dampak besar bagi orang lain. 


Ada beberapa alasan besar mengapa kita tidak boleh menyia-nyiakan nasi, diantaranya adalah:


1. Harga bahan pangan diseluruh dunia semakin meningkat.

Semakin sempitnya lahan pertanian karena digunakan untuk perumahan maka berdampak pada kelangkaan bahan pangan sehingga memicu kenaikan harga pangan diseluruh dunia khususnya harga beras.


2. Krisis pangan dapat memicu adanya konflik peperangan.

Pangan merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang, sehingga terjadinya krisis pangan disebabkan oleh kenaikan harga pangan dan harga minyak dunia ini telah menyebabkan banyak konflik di beberapa negara seperti Mesir, Filipina, Papua Nugini, dan masih banyak lainnya. Bahkan hanya gara-gara urusan perut, 5 warga mati dalam kerusuhan. Jadi jangan suka sia-siakan nasi walau hanya sebutir karena sangat berarti bagi kelangsungan hidup orang lain.


Bagaimanakah cara agar tidak membuang-buang nasi? berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:


1. Makan dengan porsi kecil, jika masih lapar baru tambah lagi.


2. Jika ada sisa nasi, kumpulkanlah kemudian dijemur sehingga akan menjadi karak yang bisa dimasak kembali.


3. Mengolah sisa nasi menjadi krupuk puli yaitu dengan memasaknya kembali dengan bahan pembuat krupuk puli.


4. Peliharalah ayam atau bebek sehingga sisa nasi anda dapat dimakan oleh hewan ini.


Itulah beberapa cara agar kita tidak membuang sisa nasi dan beberapa informasi yang dapat menginspirasi anda agar jangan sia-siakan nasi walau hanya sebutir!




#salamsaurus


sumber : http://www.kumpulanmisteri.com/2015/...hanya.html?m=1
Diubah oleh saurus98
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di