alexa-tracking

i live with my mom who had Parkinson, people say "what is parkinson ?? "

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/570b6b5332e2e6886d8b4573/i-live-with-my-mom-who-had-parkinson-people-say-quotwhat-is-parkinson--quot
i live with my mom who had Parkinson, people say "what is parkinson ?? "
Well, aku berharap aku tidak menangis saat menuliskan banyak hal karena aku ingin mengingat setiap momen yang sudah pernah aku lewati dengan bahagia.
I live with my mom who had parkinson.
Apa itu parkinson ? well pengertian macam wikipedia atau info kedokteran kesehatan pasti akan menjelaskan secara klinis dengan bahasa medis yang pastinya akan membuat orang orang mengerutkan dahi dan seolah berkata “IKI GEK OPO” so i think to make some describe about parkinson dan parkinson adalah penyakit ajaib yang merubah kehidupan si penderita menjadi sesuatu yang tidak pernah diinginkan, penderita akan mengalami semacam gejala penuaan dini dalam arti yang sebenarnya. Terhambat dalam mobilitas/gerak terbatas, sakit pungnung, sakit tulang, pundak terasa kencang, mata menjadi rabun, tremor atau buyuten atau tangan dan kaki bergerak sendiri seperti kesetrum. Gejala-gejala aneh ini akan membuat oarang yang terkena bakal jadi stres, capek tidak ada gairah hidup sama sekali karena biasanya menyerang usia-usia dewasa. Thats why orang dewasa rentan stress karena ngga punya filter stress, emang sih orang tua pinter menasehati anaknya sampe nurut, but! Orang tua adalah manusia yang kadang keras kepala dan kadang merasa lebih banyak pengalaman sehingga merasa sok tahu, padahal anak-anaknya sudah suggest agar rileks everything gonna be alright. So parkinson memang mengubah kehidupan seseorang, mengganggu ? ya sangat ! tapi apa yang menyenangkan? Lets see....
Kembali pada permasalahan Parkinson, so bagaimana parkinson mampu mengubah jalan hidup seseorang ? penyakit ini bersifat progresif artinya semakin tahun semakin memburuk terutama fungsi fisik baik organ dalam maupun kemampuan secara umum.
Singkat cerita ibuku terdiagnosis menderita parkinson sejak melahirkan adik laki-laki ku yaah usia beliau sekitar 40an. Diinjau dari kalangan medis hamil dan melahhirkan pada usia wanita 40 sangat rentan terhadap adanya penyakit atau anak lahir cacat karena fungsi organ dalam wanita sudah “lapuk” mungkin ibu ku nekad pengen punya anak cowok. Nah setelah adik lahir kemudian yang terjadi adalah ibu sering mengalami gerakan ritmis yang tidak disadari, kalo orang yang tidak mengenal medis pasti akan mengira gemetaran aja atau istilah jawa kuno “BUYUTEN” kalau ditinjau dari medis terjadinya gerakan ritmis anggota tubuh tanpa disadari dan tidak terkontrol disebut tremor. Ibu kemudian sering pusing bahkan ngga berani naik motor ,padahal pas muda naik motornya ngebut terus ala ROSI gitu. Semakin lama semakin kondisi ibu menurun, ibu mulai berjalan sambil terseokk-seok. Dan yang pasti ibu harus minum obat setiap hari. iya setiap hari. akan aku ceritakan nanti mengapa ibu harus minum obat sampai kapanpun.
Parkinson tidak menakutkan, kita hanya harus hidup didalamnya, banyak kok orang kena parkinson terus meninggal karena putus asa, but my mom still alive sampai saat ini aku menuliskan kisah semacam heart to heart. Hidup dengan penderita parkinson tidak mudah, karena aku dan adik juga kaka harus dipaksa hidup lebih dewasa dari usia asli kita, kami anak-anak ibu harus mengurus ibu dalam segala kegiatan, ibu menjadi tidak mandiri. Tetapi ibu akan tetap berjiwa seorang ibu, ibu tetap menjadi tumpuan tempat kami pulang keika kami benar-benar sakit.
Saat awal ibu didiagnosa Parkinson, ibu tidak diam, ibu mencari jalan untuk memperlambat proses degenerasi sel oak yang progresif, tapi seberapapun dicegah semua pasti akan memburuk pada waktunya. Harusnya saat itu ibu menjalani pengobatan ke Jakarta tapi ibu tidak mau alasannya uang yang disimpan ibu harus untuk pendidikan anaknya. Ibu banyak membaca artikel yang memuat parkinson walaupun ibu tahu bahwa parkinson belum ada obatnya tapi ibu berusaha tenang dan tidak peduli, hmmm iya saat itu, tentunya jauh berbeda dengan keadaan ibu yang sekarang.
Kondisi terbaru ibu saat ini yaaah begini, jalan terseok-seok, tetep tremor dan berwajah datar. Aku tidak peduli orang-orang saat melihat aku dan ibu berjalan di tempat umum tapi ibu merasa berbeda dan eye catching banget, gara-gara dilihatin orang ibu malah jadi ngga Percaya Diri. Kadang aku sebel sama orang-orang, apakah perbedaan fisik harus diamati dilihat sebegitu jelas, kalau mereka ada diposisi ibu pasti mereka juga down sampe dilihatin kayak gitu, lagipula secara etika melihat sampe melotot melihat setiap gerakan orang tuh tidak etis. NGGA SOPAN. Katanya orang indonesia multikultur, katanya Pancasila, katanya menerima perbedaan katanya berpendidikan tapi kok tiap lihat orang yang berbeda di tengah masyarakat malah jadi bahan gunjingan. Apa tidak malu ?
So kalo kamu punya sodara atau orang tua yang kena perkinson, please ngga usah liatin cara jalannya because you shold feel kasihan, padahal semakin kalian menatap heran cara berjalannya semakin mereka ngga PD. Do the same thing to diffable i suggest. They are OK in their condition.
Mungkin saat ini ceritaku ngawur dan terkesan aneh, aku berharap ketemu orang yang mempunyai kondisi sama seperti aku. Atau aku hanya sekedar share aja, bagaimana hidupku bersama penyandang parkinson.
parkinson cenderung d alami ama atlit tinju krn pukulan yg kena kepala, trus berefek ke otak .. dgr2 sih gitu gejalany, mau gerakin tangan, yg gerakan anggota badan yg lain

mgkin penyakit kek gini blum ada obatny, tp org2 sekitar yg setia menemani setidakny bisa ngebuat org itu bisa lbh optimis utk ngejalanin hari, ttp semangat & jgn capek2 support ortuny emoticon-Jempol

*klo pengalaman sy, alm bapak yg kena amnesia kemudian stroke
Agan/Sis...5 tahun ane nyaksiin n ikut ngerawat almarhum papa ane berjuang melawan parkinson..

mulai dari normal,trs mulai tremor,jalan tertatih2, sampai bener2 kaku cm bisa tiduran di kasur..sampai akhirnya tgl 2 november 2015,papa ane akhirnya lepas dari penyakit yg udh 5 tahun diderita.

support terus orangtua agan/sis..karena orang dengan penyakit parkinson sangat perasa n bener2 butuh support n perhatian keluarganya..
Ane bener2 salut n bangga sama papa ane..daya juang untuk bertahan ngelawan penyakitnya bener2 kuat..tp ane lebih bangga lagi sm mama ane yg bener2 24/7 hari ngerawat alm papa ane..

semangat terus ya kasih support mamanya..!!!
apapun penyakit yang diderita keluarga apalg orang tua sendiri yang ngalamin mau parkinson alzheimer bahkan kaya adek ane sendiri yang down syndrome juga kalau dilihatin mulu sama orang lain ya ada sebelnya.. apalg yang mulutnya nyinyir.. ane dukung sis eunike buat trs sllu ada buat ibunya.. apapun yang terjadi sama ibunya sis eunike atau siapapun slma msh mau berobat di dukung.. mau jalannya sampai terseok2 di jalan umum ya udah santai aja.. mmg kdg org mkir itu anaknya kok gak bantuin ibu/siapapun tdi jalan? kok gak di bopong aja sih atau apa kek?.. pasti ada yg mkir kyk gt.. tp jgn salh.. yg skitpun jg pgin dilakukan sprti org sehat lgian kdg dgn cra mrka jln sndri mskipun lambat scra lgsg ngelatih bdannya buat kooperatif jg sm syaraf otaknya...

dilanjutin ya sis nulisnya.. mudah2an menginspirasi yg lain..

1 lg psan ane slma ibu sis eunike mau berobat ttp dkung beliau.. perlakukan bliau sprti org normal pd umumnya walaupun bliau sdg dlm keadaan sakit.. lekas sembuh utk ibunya ya emoticon-Smilie salam kenal jg sis eunike..
Semua penyakit ada obatnya bisa dicoba dengan minum CellMaxx
Untuk informasi
081321628842 WA / Call
5F99B3F0 BBM
Quote:


harusnya dapet nobel di amerika sono itu produkemoticon-Betty
Masih hidup ga gan? Kalo masih hidup, coba belajar kungfu tai chi ke seorang shifu... di sini ada kasus yang parkinson, berangsur angsur normall. Coba aja, asal rajin latihan.
Semangat sis!
Mama ane juga penderita Parkinson..
Saran ane sih pengobatannya jangan sampe putus..
Mamanya jangan sampe stress.. emoticon-Peluk
×